ZIDDU.com Tak Lagi Membayar

Ziddu.com tak lagi membayar – Ziddu.com adalah sebuah situs berbagi file yang saya kenal beberapa tahun yang lalu. Pada awal peluncurannya situs ini memiliki kebijakan yang cukup menggembirakan bagi bloggers pencari pendapatan sampingan seperti saya. Kegembiraan itu terletak pada kebijakannya untuk membayar para publisher jika file yang mereka bagi diunduh oleh pengunjung blog mereka. Sejenak melihat statistik di blog ini saya menyadari bahwa ternyata ada juga orang yang mampir ke tulisan saya tips mendownload file dari ziddu.com.

Setelah beberapa lama main di ziddu penghasilan saya tidak terlalu istimewa. Lain dengan saudara  velimarwan yang telah mencapai USD 50. Namun karena perubahan kebijakan dari owner ziddu.com blogger velimarwan tidak mendapatkan haknya. Tentu saja hal ini bertentangan dengan batin saya, karena sekecil apapun kontribusi yang pernah diberikan blogger kepada ziddu.com harusnya pemilik situs memberikan haknya kepada yang berhak.

Kenapa ziddu.com menghentikan kebijakan memberi kompensasi kepada blogger untuk setiap file yang diunduh? Mungkin saja alasan dari owner adalah klise yaitu terlalu banyak beban operasional dibandingkan dengan pendapatan yang mereka harapkan. Sejauh yang saya tahu untuk situs yang memberikan jasa favorit seperti ziddu (baca: file sharing) membership yang selalu membayar keanggotaannya menjadi tambahan nyawa selain dari iklan yang mereka pasang pada situs mereka sendiri. Bayangkan saja jika cost perawatan server melebihi dari pendapatan maka hitungan sebuah perusahaan akan segera tutup.

Jadi sekarang saya beralih kepada situs lain yang juga banyak menjadi pilihan blogger yaitu 4shared.com.

mini wp

Advertisements

Tinggalkan Balasan