About these ads

Apa yang harus dipersiapkan saat membuat blog sendiri (menggunakan domain dan hosting sendiri)?

Ini hal yang paling membuat saya kaget ketika blog sutanmudo.com ini telah berhasil terinstal dalam hosting. Saya menggunakan wordpress.com karena latar belakang pemakaian menggunakan blog wordpress di masa lalu. Untuk menginstal wordpress sebagai cms saya menggunakan fitur softlicious yang terdapat di cpanel. Hanya dalam beberapa menit situs/ blog anda akan terinstal begitu pun dengan databasenya. Hanya saja setelah itu anda harus mencari layanan yang cocok dengan situs / blog anda sendiri.

Saya sangat merasakan perbedaan antara mengelola blog yang menggunakan layanan hosting gratis di wordpress.com dengan menggunakan hosting sendiri. Yang paling terasa adalah memilih plugin yang setidaknya sama dengan yang terdapat pada hostingan gratis. Jadi saya login dulu ke akun wordpress saya setelah itu mencari plugin yang sama di wordpress.org. Pilihan pertama saya adalah menggunakan akismet dan jetpack. Keduanya adalah plugin standar yang terdapat di dalam hostingan gratis wordpress.com yang selama ini saya gunakan. Jadi paling tidak saya merasa tidak terlalu mengalami culture shock.

Plugin akismet berguna untuk menyaring komentar-komentar yang bersifat spam, sedangkan jetpack seperti all in one fitur blog wordpress yang terintegrasi dengan akun wordpress. (anda bingung, apalagi saya tapi percayalah saya sudah mencoba membuatnya mudah).

Plugin selanjutnya yang saya instal dalam blog adalah Yoast untuk SEO. Plugin ini disebut-sebut sebagai plugin yang sangat membantu blogger profesional untuk mencari traffic dan juga meningkatkan peringkat situs di halaman hasil pencarian mesin pencari atau SERP.

Plugin keempat adalah Google Sitemap XML. Plugin ini berguna untuk menghasilkan halaman sitemap yang akan ditambahkan kedalam indeks mesin pencari seperti google, yahoo, dan bing. Jika peta situs tidak ditambahkan maka akan sangat berdampak buruk bagi pengelolaan anda. Anda tidak akan tahu postingan mana yang paling bagus untuk iklan google atau postingan yang mana yang bagus untuk memancing traffik atau halaman yang mana yang berguna untuk menjual produk afiliasi.

Setelah keempat plugin tersebut saya sedang menimbang-nimbang untuk menambahkan plugin google adsense. Kenapa saya menimbang? Karena bagi saya pengalaman baru ini membuat saya tertantang untuk belajar dan saya mendapat warning dari forum pengguna cms wordpress kalau salah kode maka efeknya akan sangat berat buat blog dan juga tujuan jangka panjang saya.

Jika dulu saya hanya memikirkan mau nulis apa hari ini, sekarang saya harus memikirkan teknisnya. Tidak hanya kualitas tulisan yang harus saya perhatikan tapi juga hal-hal teknis yang membuat blog sutanmudo.com menarik dan menjual (hehehe..).

About these ads

Leave a Reply

%d bloggers like this: