About these ads

Warung Internet: Memulai Blogging dan Bisnis Online

Warung Internet atau yang lebih dikenal dengan warnet memberikan pengalaman dan manfaat yang sangat luar biasa bagi saya. Awal saya mendapatkan pekerjaan adalah bekerja di salah satu warung internet di kota Bukittinggi. Dari menjaga warnet inilah saya mengenal apa yang namanya blogging dan juga bisnis online, kegiatan yang saya lakukan hingga saat ini.

kegiatan di salah satu warung internet di Indonesia
sumber probisnis.net

Warung Internet saat ini lebih banyak digunakan untuk bermain game online bagi anak-anak atau beberapa orang dewasa yang gemar bermain game. Meski saya dengar keuntungannya cukup besar saya tidak tertarik dengan kesempatan membuat sebuah warnet dengan fokus untuk game online. Saya lebih suka warnet yang khusus diperuntukkan bagi orang-orang yang ingin belajar dengan memanfaatkan internet dan juga informasi yang didapat darinya. Sayang itu masih berupa mimpi bagi saya, karena hingga saat ini belum ada modal terkumpul untuk membuat sebuah warung internet.

Warung Internet: Pekerjaan Pertama

Pada saat saya memulai pekerjaan sebagai seorang penjaga warnet, orang tua saya merasa keberatan. Wajarlah. Anaknya susah payah lulus sarjana dari perguruan tinggi namun pekerjaan yang didapat bisa dikatakan tidak sesuai dengan gelar yang dikejar. Tapi saya meyakinkan beliau bahwa bekerja di warung internet hanyalah sebuah batu pijak agar saya dapat melompat lebih tinggi.

Setelah lulus di perguruan tinggi di kota Padang saya harus balik ke kampung untuk merencanakan langkah kehidupan saya setelah kuliah. Mendapatkan pekerjaan di Sumatera Barat cukup sulit apalagi jika anda diberikan impian orang tua untuk bekerja di belakang meja dan memakai dasi. Jadi mendapatkan pekerjaan walau tidak sekeren yang diimpikan orang tua harus disyukuri.

Manfaat Bekerja di sebuah Warung Internet

Ada banyak manfaat yang saya ambil dari masa kerja saya sebagai seorang penjaga warung internet di kota Bukittinggi. Pertama saya bisa melamar pekerjaan melalui situs-situs lowongan kerja seperti jobsdb, jobstreet dan lain sebagainya. Kedua saya bisa belajar lebih banyak tentang komputer dan cara merawatnya. Ketiga saya belajar banyak bagaimana mengatur local area network dan settingan ip statis (pelajaran yang tidak akan ditemukan di jurusan sastra inggris meski mengambil pelajaran computer assisted language learning sekalipun). Keempat saya belajar menulis dan belajar mencari bisnis melalui internet.

Saya bekerja di warung internet tersebut hampir setahun lamanya. Setelah genap setahun bekerja di warnet tersebut saya mendapatkan kesempatan untuk merantau ke Jakarta. Berawal dari sebuah acara kondangan sekarang saya bekerja di salah satu perusahaan di Jakarta (bukan karena warnet emang).

Ada banyak pelajaran yang saya dapatkan dari pekerjaan pertama ini. Pelajaran-pelajaran yang berguna saat saya merantau ke Jakarta dan hingga kini setelah lebih dari 5 tahun tetap saya gunakan dalam kegiatan sehari-hari. Melihat perkembangan warung internet yang semakin lama malah semakin mirip tempat bermain anak-anak saya merasa cukup prihatin. Informasi dan ilmu yang didapat melalui internet itu lebih banyak daripada kesenangan sementara yang didapat dari 6 jam bermain game online tanpa henti.

Tapi sebagian orang punya pandangan masing-masing ada yang sangat idealis seperti frederic kanoute atau ustadz rahmat abdullah, ada yang tidak punya pendirian sama sekali asalkan bisa merasakan kesenangan sementara yang melenakan.

 

About these ads

Leave a Reply

%d bloggers like this: