About these ads

Wajib Baca untuk Fresh Graduate

Halo sahabat pencaricerah.com

Kali ini saya ingin membagi sebuah peringatan kepada rekan-rekan yang sudah wisuda dan sedang mencari pekerjaa.

Pagi ini saya mendapatkan email dari situs jobstreet tentang adanya perusahaan-perusahaan fiktif yang menargetkan rekan-rekan yang fresh graduated untuk kepentingan ekonomi mereka sendiri.

Waspada Penipuan

Saat ini cukup banyak pihak yang ingin mengambil keuntungan dari kelengahan orang lain, salah satunya adalah dengan menggunakan kedok ‘perusahaan’.

Modus penipuan yang sering digunakan oleh perusahaan fiktif ini adalah menggunakan dalih mengundang interview kepada para pencari kerja.

Setelah para pencari kerja datang kepada perusahaan tersebut, mereka meminta bayaran kepada pencari kerja sebagai pra syarat untuk bergabung dan bekerja di perusahaan tersebut.

Agar sahabat-sahabat pencaricerah.com tidak terkena masalah ini ada baiknya untuk mengikuti langkah-langkah berikut :

#1 Kenali Kredibilitas Perusahaan

Kredibilitas Perusahaan yang saya maksudkan disini adalah kualitas, kapabilitas, atau kekuatan untuk menimbulkan kepercayaan kepada anda bahwa perusahaan yang memanggil anda untuk wawancara adalah perusahaan yang resmi, berbadan hukum dan beroperasi secara legal di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Ada beberapa cara untuk mengenali kredibilitas perusahaan yang menawarkan pekerjaan kepada sahabat dan yang pertama adalah

  • penelusuran terhadap perusahaan tersebut di mesin pencari
    Dengan banyaknya perusahaan yang sudah melek teknologi informasi, banyak perusahaan yang memiliki website resmi mereka dan terdaftar di mesin telusur.
    Artinya jika perusahaan tersebut fiktif atau terindikasi melakukan penipuan terhadap calon pekerja, mesin telusur akan menemukan jejak dari kasus-kasus penipuannya dan anda dapat mengambil hikmah dari hal tersebut.
  • penggunaan email yang profesional yaitu email perusahaan (bukan email gratis)
    Cara yang kedua ini berkaitan dengan poin pertama diatas.
    Sebuah email resmi dari perusahaan tidak akan menggunakan email gratis untuk berkorespondensi dengan calon karyawannya.
    Contoh jika pencaricerah.com adalah sebuah perusahaan media dan membutuhkan karyawan. Maka divisi personalia dari perusahaan bernama pencaricerah akan mempunyai alamat hrd@pencaricerah.com.
    Ada beberapa perusahaan yang menggunakan email gratis untuk perusahaannya dengan menggunakan beberapa pertimbangan.
    Kantor saya misalnya, menggunakan email gratis sebagai alat korespondensi sebagai cadangan jika email kantor sedang penuh atau server email lagi down.
    Tetapi ada catatannya untuk penggunaan email kantor dengan menggunakan layanan email gratis, pihak yang bersangkutan sudah diinformasikan sebelumnya.
  • penggunaan nomor telepon perusahaan
    Cara mengenali kredibilitas sebuah perusahaan dengan menggunakan nomor telepon ini cukup rumit.
    Pertama bagi beberapa perusahaan kebanyakan dari mereka menggunakan nomor telepon yang sifatnya hunting.
    Nomor telepon hunting ini tidak dapat anda lacak melalui histori panggilan yang diterima karena sistemnya ketika anda menelpon ke nomor yang baru saja melakukan panggilan ke nomor telepon anda, line telepon tersebut tidak akan bisa dihubungi atau jika bisa masuk anda akan diteruskan ke operator/resepsionis.
    Maka bagi anda yang mendapat panggilan interview dengan telepon maka pertama kali coba cek di nomor yang bersangkutan.
    Jika anda tidak terhubung maka cek nomor telepon perusahaan bersangkutan di website resmi nya.

#2 Posisi Yang Ditawarkan

Saat anda melamar pekerjaan di sebuah perusahaan anda pastinya melihat posisi yang kira-kira bisa memberikan anda kesempatan untuk diterima di perusahaan tersebut.

Maka hendaknya anda betul-betul jeli dalam melihat job description yang diberikan oleh perusahaan di media yang menginformasikannya.

Jangan sampai Anda membuang waktu untuk datang ke sebuah interview yang berujung menawarkan untuk bergabung dengan sebuah multi level marketing atau tidak sesuai dengan iklan lowongan yang dipasang.

#3 Perusahaan Melakukan Pungutan Biaya
Saat anda datang untuk wawancara di sebuah perusahaan keep in your mind, bahwa anda adalah orang yang sedang butuh pekerjaan dan tidak memiliki penghasilan.

Jika pada saat wawancara dan si pewawancara mulai memberi tanda anda akan diterima bekerja jika anda memberikan sejumlah uang, maka saat itulah insting anda harus waspada.

Inilah modus penipuan yang saat ini digunakan oleh perusahaan fiktif.

Apa pun alasannya entah alasannya untuk pelatihan, untuk seragam atau lainnya jangan anda setujui dan jika anda mampu segeralah melapor ke pihak yang berwajib.

Kesimpulan

Mencari pekerjaan pada saat ini cukup sulit apalagi ditambah dengan fenomena penipuan bermoduskan undangan wawancara di beberapa tempat di Indonesia.

Anda tidak harus begitu putus asa dalam mencari pekerjaan yang halal karena keadaan ini, karena setiap makhluk telah diberikan rezekinya oleh Tuhan Yang Maha Kaya.

Setidaknya mendaftarlah di beberapa perusahaan mediator pencari kerja seperti jobstreet, jobsdb, dan situs sejenis dan kenali perusahaan yang anda lamar.

Paling tidak situs-situs informasi lowongan kerja tersebut telah melakukan filter terhadap perusahaan-perusahaan yang menampilkan iklan lowongan kerja di perusahaan mereka.

Sumber: newsletter jobstreet

About these ads

Leave a Reply

%d bloggers like this: