Toyota Camry Hybrid

Saya ingin postingan kali ini saya ingin membahas tentang Toyota Camry, mobil hybrid terbaik di Indonesia. Saya ingin memulai tulisan ini mengenai perusahaan Toyota Astra Motor sebagai produsen dari mobil merek Camry. Toyota Astra Motor (TAM) merupakan perusahan yang menjadi Agen Tunggal Pemegang merek untuk mobil Toyota dan Lexus di Indonesia. Perusahaan ini berdiri atas kerjasama antara PT Astra International Tbk dan Toyota Motor Corporation pada tanggal 12 April 1971. Jenis mobil yang dijual TAM di Indonesia sangat beragam diantaranya Camry untuk jenis sedan, Fortuner untuk jenis SUV, dan Dyna untuk kendaraan niaga. Mungkin sebelumnya Toyota terkenal dengan produknya bermerek Kijang namun untuk saat ini TAM dengan percaya diri menunjuk Toyota Camry sebagai mobil hybrid terbaik di Indonesia.
Toyota Camry Hybrid
Toyota Camri New Grill
Apa itu mobil hybrid dan kenapa Toyota Camry digadang-gadangkan sebagai mobil sedan hybrid terbaik di Indonesia? Teknologi hybrid merupakan teknologi terbaru yang dianggap sangat ramah lingkungan dan juga sangat ekonomis bagi pengguna mobil sedan. Teknologi ini dipercaya dapat mengurangi konsumsi bahan bakar serta emisi gas buang yang ramah lingkungan. Toyota membuat klaim bahwa teknologi ini sebagai teknologi yang menyelaraskan dua sumber daya yang terdapat didalam sebuah mobil sedan yaitu motor listrik dan mesin pembakaran internal. Jika di mobil konvensional hanya mengandalkan bahan bakar untuk tenaga penggeraknya, maka Toyota mobil hybrid menggunakan bahan bakar dan juga motor listrik sebagai tenaga penggerak. 
Direktur Toyota Astra Motor, Joko Trisanyoto menyatakan bahwa mobil sedan hybrid adalah jawaban Toyota untuk isu global warming dan juga isu semakin berkurangnya energi bahan bakar fosil. Ia menambahkan teknologi hybrid dari Toyota akan menambah performa mobil sedan seperti Camry. Teknologi hybrid yang diusung oleh pabrikan Toyota ternyata disambut baik oleh masyarakat yang ditandai terjualnya produk Toyota mobil hybrid sebanyak 3,5 juta unit sejak tahun 1997. Awalnya Toyota menggunakan teknologi hybrid pada mobil sedan Toyota Prius dan setelah mendapatkan melihat animo dari masyarakat dalam bentuk meningkatnya penjualan mobil jenis sedan Prius, Toyota menggunakan teknologi hybrid untuk produk-produk baru mereka selanjutnya seperti Toyota Fortuner, Toyota Crown, Toyota Harrier, dan produk-produk lainnya.

toyota mobil hybrid
Toyota Camry Hybrid-Front Rear
mobil sedan hybrid
Toyota Camry Hybrid Rear

Teknologi ini juga telah diuji keamanan dan ketahanannya untuk melaju di negara beriklaim tropis seperti Indonesia. Selain itu kondisi jalan juga menjadi perhatian pengembangan Toyota mobil hybrid. Joko Trisanyoto menyebutkan bahwa penggunaan komponen baterai di mobil sedan hybrid keluaran Toyota sangat aman untuk digunakan. Baik pengemudi maupun penumpang yang berada didalam mobil sedan Camry misalnya akan terlindungi dengan sistem pengamanan pemutus listrik yang dibuat berlapis.

Bagaimana cara kerja Teknologi Hybrid ini dalam berbagai keadaan saat berkendara? Berikut gambaran bagaimana Teknologi hybrid bekerja:

  • Saat kecepatan rendah teknologi ini tidak boros dalam mengkonsumsi bahan bakar, gas buangnya pun tidak akan menggangu lingkungan sekitar. 
  • Saat kecepatan normal Toyota hybrid system akan mengoperasikan pembakaran di mesin hingga meraih tenaga yang optimal. Tenaga ini kemudian dibagi untuk menggerakkan roda dan sebagian lagi untuk generator atau pembangkit listrik di mobil. Tenaga yang dihasilkan dari generator ini akan digunakan oleh motor listrik untuk membantu pembakaran di mesin efeknya tenaga yang dihasilkan akan maksimal. Pada saat performa mesin mencapai puncaknya tenaga yang berlebih diubah menjadi energi listrik yang akan difungsikan sebagai cadangan energi di aki. 
  • Saat kecepatan tinggi yang sewaktu-waktu dibutuhkan energi cadangan yang disimpan di aki disuplai ke motor listrik untuk membantu menambah tenaga kendaraan. Dengan mengatur dan memanfaatkan tenaga hasil pembakaran di mesin dan motor listrik secara optimal Toyota hybrid system mampu menghasilkan tenaga dan juga tingkat efisiensi yang sangat tinggi. 
  • Saat pengereman/perlambatan. Teknologi hybrid dari Toyota menggunakan energy kinetik dari ban untuk mengisi ulang aki melalui motor listrik kembali berfungsi sebagai generator.
    Saat berhenti. Teknologi hybrid tidak akan bekerja pada saat mobil berhenti sehingga tidak ada tenaga yang terbuang sia-sia. Hal ini dikarenakan pembakaran di mesin, motor elektrik dan generator tidak bekerja. 

Teknology hybrid dari Toyota tidak hanya memberi keuntungan untuk performa berkendara, Toyota dan Harman International mengembangkan sebuah fitur terbaru untuk audio kendaraan yang dinamakan dengan JBL Green Edge. Sound sistem yang dikembangkan oleh Harman International ini diklaim sebagai sistem audio yang mempunyai performa dua kali lipat dari sound sistem biasa namun hanya membutuhkan energi 50%. Dengan fokus pada dua area yaitu High Voltage Amplifier dan High efficiency loudspeaker dan beroperasi pada rating 120 watt kualitas suara yang dihasilkan lebih bagus daripada audio sytem 600 watt.

Dengan kelebihan teknologi hybrid dari Toyota dan juga audio JBL Green Edge, Toyota Camry tentulah menjadi mobil sedan hybrid terbaik di Indonesia.

Cek besaran premi untuk asuransi kendaraan anda pada link yang disertakan pada gambar dibawah

Advertisements

Tinggalkan Balasan