Kategori
Sponsored

Tips Mengenali Mobil Bekas Banjir

Bagi sebuah keluarga pada zaman ini, memiliki kendaraan sepertinya bukan lagi sebuah prioritas. Dengan berbekal aplikasi transportasi online orang tua bisa membawa anak-anak bertamasya di akhir pekan ke tempat-tempat favorit keluarga. Sayangnya, ada kelemahan dalam prakteknya. Tidak jarang ketika pulang dari tempat rekreasi, keluarga kecil kita harus mengalami drama karena titik jemput pengemudi tidak mudah dijangkau.

Contohnya jika anda yang tinggal di Jakarta dan membawa anak-anak ke kebun binatang Ragunan. Untuk datang ke Ragunan kita tidak perlu repot karena pengemudi transportasi online bisa mengantarkan hingga batas yang ditentukan. Pekerjaan rumah yang cukup menantang dan membuat drama adalah ketika kita akan kembali ke rumah dari tempat favorit keluarga yang berada di Jakarta Selatan tersebut.

Baik pengemudi transportasi online maupun kita sebagai pengguna transportasi online harus paham tempat terbaik untuk menjemput atau pick-up. Kawasan kebun binatang Ragunan dekat dengan terminal bus dan angkutan kota, jadi pengguna aplikasi transportasi online akan merasakan kemacetan.

Bagi sebagian kecil pencari nafkah kondisi ini membuat mereka mempertimbangkan untuk memiliki kendaraan sendiri untuk membawa keluarga bertamasya. Apalagi saat ini ketika down payment untuk kepemilikan kendaraan dirasakan sangat mudah. Dibeberapa program kredit kepemilikan mobil dengan DP 30% dari harga OTR mobil kita sudah bisa memiliki kendaraan baru untuk keluarga. Biasanya DP diawal kecil maka dirasa cicilan besar, untuk mengakali cicilan yang besar tersebut solusi yang paling tepat adalah memperbesar DP saat mengajukan akad kredit dengan leasing atau Bank.

Saat ini sebagian besar masyarakat muslim Indonesia sudah mulai sadar praktek keagamaan memilih untuk menghindari memiliki kendaraan dengan menggunakan fasilitas kredit kepemilikan mobil. Alasan bahwa dalam akad KPM secara hukum syariah menggunakan riba dalam bentuk bunga kredit membuat komunitas masyarakat muslim akhirnya memilih untuk membeli mobil bekas secara tunai.

Membeli mobil bekas tidak hanya menguntungkan karena harganya yang lebih murah dibandingkan mobil baru tapi mobil bekas juga beresiko memiliki kerusakan yang lebih besar di masa depan. Apalagi jika mobil bekas yang dijual ternyata pernah terkena musibah banjir seperti kejadian di Jabodetabek beberapa waktu yang lalu.

Bagaimana cara mengetahui unit yang akan kita beli pernah terkena banjir?

Berikut beberapa tips yang dihimpun pencaricerah.com dari beberapa sumber untuk mengetahui apakah mobil bekas yang akan Anda beli merupakan korban banjir atau tidak.

1. Periksa Rekam Perawatan Mobil

Kepala Cabang BMW ASTRA USED CAR Terry Tham menyebutkan ciri mobil bekas yang pernah terendam banjir bisa diketahui dari komponen yang diganti (detik oto) seperti karet-karet, sisa pengeringan karpet dan komponen internal mesin pada mobil yang masih berusia muda.

2. Cium Aroma Interior

Terry membandingkan aroma mobil yang terendam banjir dengan mobil yang tidak terawat. Ia menyimpulkan aroma mobil yang pernah terendam banjir lebih bau dibandingkan mobil yang tidak terawat. Penyebabnya tidak lain dari lumpur yang terbawa oleh banjir tersebut. Ciri mobil bekas banjir lainnya menurut Abeth N. Sonjaya, Recondition and Quality Control Head Mobil88, mengeluarkan bau apek pada bagian jok.

3. Periksa Baut-Baut di Bawah Kursi

Baut-baut dibawah kursi idealnya tidak mengalami korosi atau karat. Ini disebabkan baut-baut tersebut tidak mendapat kontaminasi dari luar kendaraan sebut Budi Kurniawan, After Sales BMW Astra. Jika kita menemukan baut-baut dibawah kursi berkarat itu merupakan indikasi kendaraan pernah terkena dampak banjir.

4. Periksa Elektrikal Mobil

Periksa perangkat elektronik seperti klakson, audio, wiper, lampu kabin, lampu eksterior, dan power window. Jika perangkat tersebut mengalami masalah seperti audio atau klakson bersuara sember itu indikasi jika banjir pernah merendam kendaraan tersebut. Jika kabel di bagian bawah baru semua kemungkinan mobil itu bekas banjir, sebut Abeth ketika berbagi informasi mengenai cara mengenali mobil bekas banjir

5. Lakukan Pemeriksaan Bersama di Bengkel Resmi

Ini merupakan langkah terbaik yang bisa dilakukan antara calon pembeli dan penjual. Dengan menetapkan bengkel resmi untuk melakukan pemeriksaan menyeluruh penjual maupun pembeli tidak akan merasa ada salah satu pihak yang mengambil keuntungan dari ketidaktahuan pihak lainnya.

6. Periksa Asal Usul Mobil Tersebut

Dalam Surat Tanda Nomor Kendaraan atau Buku Pemilik Kendaraan Bermotor tertera alamat lengkap pemilik dari kendaraan. Dengan informasi alamat ini kita memiliki asumsi dasar kendaraan terkena dampak banjir atau tidak.

7. Periksa Blower AC

Masih menurut Recondition and Quality Control Head Mobil88 komponen ini sering luput dari pembersihan karena letaknya yang tersembunyi. Blower AC pada mobil bekas yang terendam banjir kadang meninggalkan noda bercak tanah atau lumpur.

8. Waspada Harga Terlalu Murah

9. Beli di Diler Mobil Bekas Terpercaya

Saat ini kita membeli mobil bekas melalui aplikasi pihak e-commerce seperti seva.id. Di seva.id terdapat fitur pilihan expert yaitu layanan yang menawarkan mobil-mobil bekas dengan kualitas terbaik. Mobil-mobil bekas yang dipajang di pilihan expert telah disurvei oleh inspektor berpengalaman mulai dari kondisi fisik, riwayat, keaslian surat-surat, bukti servis rutin dan kelengkapan lainnya.

Mobil yang dipajang melalui fitur pilihan expert ini dijamin bukan mobil yang habis ditabrak/menabrak, bukan mobil bekas banjir, odometer asli, bukan mobil mutas dari luar daerah dan lain sebagainya.

Membeli mobil bekas tanpa pengetahuan tentang mesin dan komponennya memang sebuah resiko keuangan besar yang kita ambil. Apalagi mobil bekas banjir tidak bisa langsung kembali pada posisi semula setelah pemilik sebelumnya membawa mobil untuk diperbaiki di bengkel. Kita yang tidak mengetahui tanda-tanda sebuah mobil pernah terendam banjir akan merasa kecewa dengan keputusan untuk membeli mobil bekas karena bakal bolak-balik ke bengkel untuk memperbaiki berbagai keluhan yang timbul.

Oleh karena itu kita membutuhkan pendamping yang ahli dalam otomotif saat membeli mobil bekas atau mendapatkan jaminan dari ahli seperti yang disediakan seva.id. Semoga pilihan anda untuk membeli mobil bekas secara cash merupakan yang terbaik untuk keluarga.

Advertisements
Iklan

Oleh Kandra

Seorang karyawan yang mengelola beberapa blog sembari belajar banyak hal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *