Tips Memilih Nama Domain Untuk Website/Blog

Tidak ada seorang pun yang meremehkan kekuatan sebuah nama, apalagi nama tersebut adalah nama yang seseorang atau nama perusahaan. Apalagi dalam memilih nama domain untuk website/blog yang akan digunakan untuk penggunaan personal atau bisnis. 
memilih nama domain

Dalam menentukan nama domain yang akan digunakan untuk website/blog, Yaro Starak, dalam bukunya Blog Profit Blueprint (silahkan download bukunya dilink ini dan jika anda mau sukses, ikuti pelatihan bisnis internet dari Yaro), menganjurkan untuk menggunakan kata kunci yang ditemukan dalam riset kata kunci. Bagi orang yang telah lama berkecimpung dalam dunia blogging riset kata kunci merupakan kegiatan yang biasa dilakukan. Tujuan dari riset kata kunci ini adalah agar website/blog yang akan diterbitkan mendapatkan visitor. Dengan melakukan riset kata kunci anda juga bisa mengetahui siapa saja lawan anda dan dimana letak kekuatan atau kelemahan mereka. memilih nama domain website/blog adalah dengan melakukan riset kata kunci.

Sayangnya jika anda memulai order nama domain untuk website/blog hari ini anda mungkin akan menemui hambatan ketika nama domain yang anda inginkan ternyata telah dimiliki oleh orang lain. Jika anda punya modal besar dan yakin dengan konten anda akan balik modal maka membeli nama domain yang dijual sangat tinggi tentu tidak masalah bagi anda, namun lain hal-nya jika modal terbatas maka anda sebaiknya melanjutkan membaca artikel saya mengenaitips memilih nama domain untuk website/blog dari wpkreativ.com layak dilakukan:

  1. Nilai Lebih Layanan / Produk, anda mungkin kenal keripik mak icih. Jika anda seorang reseller dan ingin menggunakan komunitas dunia maya untuk memperbesar jaringan penjualan keripik tersebut anda dapat menggunakan domain kripikmakicih.com, kripikpedas.com, kripikpedasnagih.com atau lainnya. (silahkan klik link tersebut jika anda ingin membeli domain dari hostgator). 
  2. Konsep Bisnis (Website / Blog) > web-hosting-domain-murah-indonesia.blogspot.com -> informasi mengenai domain dan hosting murah di Indonesia. google sniper. 
  3. Gunakan nama asli > kandrawilko.blogspot.com, kandrawilko.info 
  4. Gunakan bahasa Asing > keripik pedas = spicychips.com, makicihchips.com, dan lain-lain 
  5. Gunakan Sinonim sebuah kata > Saya ingin menambahkan tips memilih nama domain untuk website/blog yang telah disampaikan oleh wpkreativ 
  6. Gunakan variasi TLD seperti .com, .net, .org, atau .info .id, atau variasi ekstensi TLD lain yang murah dan unik 
  7. Gunakan variasi dengan menambahkan angka atau tanda minus (-) jika domain anda mempunyai dua suku kata. 

Muh Hanafi, Redaktur blog idwebhost, dalam artikelnya Tips memilih nama domain tidak menganjurkan hal ini. Alasannya visitor sebuah blog akan kesulitan dalam menghapal nama domain tersebut. Tentunya jika website/blog yang ditujukan untuk penjualan membutuhkan kata yang dapat diingat oleh orang banyak. dengan menggunakan aplikasi seperti longtailkeyword atau google sniper, atau malah hanya menggunakan google adwords keyword planner.

About these ads

Leave a Reply