Tips Atasi Rasa Mual Setelah Operasi

Iklan

Mual muntah setelah operasi sering kali terjadi, ada pasien yang langsung mengalaminya setelah sadar. Bahkan ada pula yang baru merasakannya ketika telah sampai di rumah. Mual setelah operasi memang menimbulkan ketidaknyamanan bagi pasien hingga mempengaruhi nafsu makan. Apalagi bila dibarengi dengan muntah-muntah yang menimbulkan rasa sakit pada bagian luka bekas sayatan operasi di perut.

Sebenarnya penyebab mual tersebut merupakan efek samping dari anestesi atau obat bius yang digunakan. Kondisi itu mungkin akan lebih jarang terjadi terhadap pasien yang melakukan operasi rawat jalan bila dibandingkan dengan pasien rawat inap. Hal itu dikarenakan biasanya pasien rawat jalan hanya diberikan sedikit obat bius atau disebut juga bius lokal.

Walaupun rasa mual biasanya akan hilang dengan sendirinya, kondisi tersebut dapat menyebabkan beberapa komplikasi pada pasien. Contohnya mengalami dehidrasi l, ketidakseimbangan elektrolit, pendarahan, sesak napas. Hingga tegang di area bekas jahitan operasi atau bahkan tepi luka bekas jahitan terbuka.
Berikut ini beberapa tips mengatasi rasa mual setelah operasi yang dapat Anda praktikan:

Cukupi Cairan

Cukupi asupan cairan tubuh supaya terhindar dari dehidrasi dapat mencegah rasa mual. Biasanya dokter anestesi akan menganjurkan pasiennya agar lebih banyak minum air putih sebelum operasi. Perlu diingat yang dianjurkan hanya air putih saja, bukan makanan ataupun minuman yang mempunyai rasa.

Makanlah Secara Perlahan dan Bertahap

Makan secara perlahan dan juga bertahap merupakan kunci meminimalisir rasa mual Umumnya pasien baru dibolehkan makan dan minum setelah berhasil kentut. Ketika itu dokter akan menganjurkan pasien minum air putih selama beberapa jam supaya memastikan pasien tidak mual atau muntah. Apabila dapat ditoleransi, maka dapat dilanjutkan dengan mengonsumsi makanan lainnya.

Konsumsi Jahe

Jahe merupakan obat herbal alami yang dapat menenangkan perut dan mengurangi rasa mual. Pastikan Anda mengkonsumsi sesuatu yang mengandung jahe asli, bukan hanya perasaan saja. Anda dapat mencampurkan potongan jahe dengan teh baik dalam keadaan panas maupun dingin.

Namun semua itu sebenarnya dapat dicegah dengan memberi tahu dokter anestesi sebelum semakin parah jika Anda memiliki riwayat mual setelah operasi. Ada baiknya mencegah timbulnya rasa mual agar tidak mengganggu pemulihan setelah operasi. Dan sebaiknya Anda merawat luka bekas operasi seperti pada link ini. https://www.guesehat.com/3-cara-merawat-luka-setelah-operasi

Advertisements
Iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *