About these ads

Template WordPress, Dimana mendapatkannya?

Template wordpress adalah istilah yang biasa digunakan oleh teman-teman blogger yang menggunakan cms wordpress sebagai media untuk aktifitas blogging. Template ini digunakan agar tampilan website baik yang dihosting di wordpress.com maupun yang selfhosted terlihat lebih menarik dan atraktif.

Template yang saya pakai sekarang diberi judul Twenty Ten. Template ini saya gunakan karena beberapa alasan.

  1. Saya menginginkan template dengan desain yang sederhana
  2. Template ini memiliki keleluasaan untuk menggunakan widget yang saya butuhkan
  3. Saya menginginkan warna hitam dan putih agar pengunjung lebih fokus pada konten saya
  4. Saya punya kekurangan dalam desain template dan tidak mau terlalu lama dalam mengotak atik template yang disediakan kecuali sedikit saja.

Template WordPress Gratis dari WordPress.com

Jika anda masih menggunakan hosting gratis maupun berbayar dari wordpress.com anda dapat memilih template untuk website anda di link https://theme.wordpress.com.

Khusus bagi yang menggunakan fasilitas hosting berbayar dari wordpress.com anda juga bisa memodifikasi template yang telah anda miliki dengan masuk ke menu appearance > customize. Dalam menu customize tersebut hanya kode css template yang dapat anda otak-atik, untuk kode html maupun javascript tidak dapat anda modifikasi.

Template WordPress Gratis dari WordPress.org

Bagi anda yang memilih untuk hosting sendiri dengan cms wordpress, maka untuk template website anda dapat diunduh dari https://theme.wordpress.org.

Template yang anda unduh untuk website wordpress selfhosted dapat anda otak-atik sesuka anda. Saya sendiri menggunakan theme Twenty Ten dan menambahkan breadcrumb agar pengunjung lebih mudah untuk menjelajahi setiap artikel yang saya terbitkan.

Template WordPress

Template WordPress Premium

Selain dua link yang telah saya sampaikan diatas ada beberapa situs yang menyediakan jasa pembuatan template wordpress. Perbedaan antara situs penyedia template yang telah saya sampaikan dan situs yang menyediakan template wordpress premium adalah cara menggunakannya. Kalau dua link wordpress yang telah saya sampaikan diatas anda dapat menggunakannya secara gratis sedangkan template wordpress yang terdapat di situs-situs berikut anda harus membayar.

  1. Theme Forest
  2. Template Monster
  3. Elegant Themes
  4. Woo Themes

Keempat situs yang saya berikan diatas mempunyai kelebihannya masing-masing. Theme Forest, misalnya, merupakan situs kumpulan dari template wordpress yang dibuat oleh berbagai macam developer dari seluruh dunia dan mempunyai kisaran harga 29 dolar hingga 64 dolar. Sayangnya jika anda butuh support dari author template dari situs ini anda diharuskan untuk menambah biaya sekitar $17.70.

Jika anda membeli template wordpress premium dari Template Monster anda akan mendapatkan harga yang sama untuk semua template yaitu 75 dolar amerika. Kelebihan dari membeli template wordpress di Template Monster adalah anda mendapatkan pengembalian uang jika template tersebut tidak sesuai dengan apa yang telah disampaikan pada bagian overview. Sedangkan untuk maintainance template, saya tidak mengetahuinya mungkin saja ada penambahan biaya juga tapi bagaimana mekanismenya tidak jelas disampaikan dalam situs ini.

Elegant Themes lain lagi. Situs ini menawarkan berbagai template wordpress akan tetapi untuk informasi harga situs ini lebih memilih orang-orang yang benar-benar serius. Hal ini ditandai dengan pengunjung website yang ingin mengetahui harga beli template wordpress dari situs Elegant Themes diharuskan untuk mendaftarkan diri melalui email. jadi kesan yang diberikan oleh situs ini anda sebagai pengguna adalah klien yang eksklusif.

Terakhir situs penyedia template wordpress premium adalah Woo Themes. Harga beli dari satu template yang saya kira cukup mahal, $399, dibarengi dengan support yang cukup menjanjikan. Support yang akan anda dapatkan dengan biaya yang cukup mahal itu berupa 1 Tahun akses semua theme terbaru dari Woo Themes, 1 Tahun akses support, 1 Tahun Regular Theme Updates, Themes yang dibeli dapat digunakan di seluruh domain.

Kesimpulan Saya Tentang Template WordPress

Template wordpress yang anda pilih untuk untuk website anda merupakan ciri khas anda sendiri yang membuat anda berbeda dari website lainnya. Menggunakan template wordpress gratis maupun template wordpress premium adalah pilihan pribadi anda, tergantung kebutuhan dan kemampuan anda sendiri. Jika anda mempunyai modal sebaiknya template wordpress premium yang anda gunakan untuk tampilan website anda. Tapi jika anda mempunyai kemampuan untuk koding lebih baik memaksimalkan template wordpress yang dapat diunduh dengan gratis dengan cara modifikasi.

About these ads

1 Comment

  1. […] Baca:┬áTempat Mencari Template WordPress Gratis […]

Leave a Reply

%d bloggers like this: