Tempat Magang Sastra Inggris Yang Paling Ideal, No.1 Paling Favorit

Tempat magang sastra inggris? Emang ada? Itu pertanyaan saya yang muncul ketika membaca tulisan dari blogger Ran-Chan no Hibi. Sebagai alumni sastra inggris saya sama sekali baru tahu kalau ternyata ada tempat magang bagi mahasiswa sastra inggris. Seandainya informasi ini saya dapatkan ketika kuliah tentu jalan hidup saya berbeda.

Karena itu saya ingin membagikan informasi yang cukup penting bagi kamu, mahasiswa sastra inggris, yaitu tempat magang sastra inggris.

Magang itu apa sih? Magang adalah sebuah kesempatan untuk mengintegrasikan pengalaman yang berhubungan dengan karir ke dalam pendidikan sarjana dengan berpartisipasi dalam pekerjaan yang terencana dan diawasi. (https://ekoyanto.files.wordpress.com/2011/11/apakah-magang-itu1.pps)

Dari pengertian diatas maka anda akan melihat ada perbedaan antara magang dan kerja sambilan. Walaupun sama-sama diawasi dan pekerjaan yang dilakukan terencana, perbedaan magang dan kerja sambilan terdapat dalam hubungannya dengan pendidikan sarjana.

Dalam konteks ini dapat kamu lihat kalau magang itu selain untuk karir juga menghubungkan antara teori dan praktek di lapangan. Bagi mahasiswa sastra inggris dari daerah, seperti saya, kesempatan magang ini tidak saya dapatkan. Mungkin pihak universitas masih belum bekerja sama dengan tempat magang sastra inggris waktu itu. (Semoga saja sekarang sudah.)

Dengan membagikan informasi tempat magang sastra inggris saya harapkan rekan-rekan saya yang kuliah di jurusan sastra inggris, apalagi di daerah, bisa lebih termotivasi lagi untuk menyelesaikan kuliah dengan prestasi. Karena selain nilai transkrip yang berkilau, pengalaman kerja akan membuat kamu jauh lebih mudah untuk diterima di sebuah perusahaan (atau malah kementerian nantinya).

tempat magang sastra inggris

15 Tempat Magang Sastra Inggris by Ran-Chan no Hibi

  1. Kementerian Luar Negeri
    Bagi kamu, mahasiswa sastra inggris, yang punya cita-cita menjadi duta besar Republik Indonesia di luar negeri coba mulai dengan mengikuti program magang dari kementerian tersebut.
    Menurut situs resmi KEMENLU ada tiga unit kerja yang selalu membuka program magang, yaitu Direktorat Diplomasi Publik, Direktorat Informasi dan Media, dan Badan Pengkajian dan Pengembangan Kebijakan Deplu (BPPK).
    Syarat mengikuti program magang di unit-unit terkait hampir sama dengan mengikuti program magang di tempat lain yaitu: menulis surat lamaran yang ditujukan kepada pimpinan eselon II unit terkait (berisi tujuan dan maksud melakukan magang di unit terkait), mengirim berkas berupa Curriculum Vitae, Transkrip Nilai resmi (yang dikeluarkan oleh Universitas), Surat Keterangan dari Pihak Kampus, Minimal kuliah semester 5.
  2. Kedutaan Besar dan Konsulat Jendral Negara Tetangga
    Selain di kementerian luar negeri, tempat magang mahasiswa sastra inggris bisa juga dilakukan di kantor-kantor perwakilan resmi negara sahabat yang berada di daerah kamu. Contohnya bagi kamu yang berada di Jakarta, Kedutaan Besar Amerika Serikat yang beralamatkan di Jl. Medan Merdeka Selatan No. 3 – 5 membuka kesempatan untuk merasakan bagaimana bekerja di sebuah kantor urusan diplomatik. Unit-unit kerja yang menerima program magang seperti Human Resources, Program Office USAID, Foreign Commercial Service (FCS), Office of Financial Management/USAID, Public Affairs Section-Cultural Office, Public Affairs Section – Information Office (PAS-IO).
    Karena program magang pihak kedutaan tidak menjanjikan adanya benefit keuangan tetapi menjanjikan pengalaman yang berharga saat bekerja. Untuk kamu yang sedang berada di Jakarta atau Surabaya silahkan mencoba ikut program tersebut melalui link resmi kedutaan Amerika Serikat.
    program internship Kedubes Amerika Serikat
  3. Balai Bahasa Provinsi
    (sedang menunggu jawaban salah satu balai bahasa di Indonesia untuk program magang ini. dalam navigasi situs yang ada tidak disebutkan jika di balai bahasa provinsi membuka program magang)
  4. Advertising Company
    Mahasiswa sastra inggris itu tidak hanya belajar tentang sastra inggris atau bahasa inggris saja. Kalau dosen saya dulu bilang mahasiswa sastra inggris harus kreatif. Dan tempat magang untuk mahasiswa jurusan sastra inggris yang paling tepat untuk kamu yang merasa kreatif dan selalu mempunyai ide-ide yang out of the box adalah media periklanan.
    Sebagai sebuah sarana promosi sebuah brand atau produk yang dijual membutuhkan sebuah perhatian dari target konsumennya. Seperti yang dikisahkan oleh blogger seventogatorop di blognya saat harus melakukan Trans-create untuk leaflet produk Nokia Lumia yang baru.
    Leaflet dari brand tidak selalu menggunakan bahasa Indonesia, seringkali bahasa yang digunakan dalam leafletnya menggunakan bahasa Inggris. Maka tugas anak magang seperti seventogatorop dan juga seniornya di media periklanan adalah menerjemahkan dan membuat bahasa baru agar pesan dari produk tersebut dapat tersampaikan ke calon konsumen Nokia di Indonesia.
  5. Agen Penerjemah
  6. Hotel dan Tempat Parawisata
  7. Dinas Parawisata Kota / Bagian Humas & Protokol Kota
  8. Portal Berita/Media Online
  9. Koran / Majalah / Tabloid
  10. Radio / Televisi
  11. Penerbit Buku
  12. Yayasan Sosial Yang Mendapat Hibah dari Luar Negeri
  13. Tempat Kursus Bahasa Inggris
  14. Konsultan Pendidikan Luar Negeri
  15. Perusahaan Tour dan Travel

Itu tempat magang sastra inggris jadi masih bilang kalau peluang kerja sastra inggris itu sempit?

(maaf ada order masuk, saya kerjakan dulu. Nanti saya sambung lagi untuk membahas lebih detail tempat magang sastra inggris. Jangan lupa subscribe agar nanti bisa saya hubungi lagi untuk bahasan lengkap artikel penting ini.)

sumber inspirasi: Ran-chan no Hibi

Advertisements

8 Balasan untuk “Tempat Magang Sastra Inggris Yang Paling Ideal, No.1 Paling Favorit”

  1. Halo, kak! Cuma mau bilang kalau postingan-postingan kakak tentang sastra inggris itu cukup membuat saya melek akan sastra inggris. Sebelumnya kenalan dulu kali ya. nama saya Rubi, saat ini kelas XI menuju kelas XII. Akhir akhir ini, saya sama teman teman saya bisa dibilang cukup sering membahas jurusan apa yang akan diambil nanti, atau mau masuk universitas mana. Dan setiap teman saya tanya saya mau ambil jurusan apa? Saya bisa dibilang hampir selalu jawab Hubungan International. Kenapa? Karena pengalaman saya ikut lomba simulasi sidang ASEAN di kelas X. Nah, saya coba cari tentang HI ini, dan setelah saya cari, ternyata apa yang dipelajari di HI ini banyak yang saya tidak minati. Saya mulai ragu deh masuk HI, sampe akhirnya saya nemu blog ini. Saya pikir pikir, saya itu suka bahasa inggris, suka baca, suka nonton film, suka yang asik asik deh. Dan sejak smp kelas IX, saya mulai beli buku cerita berbahasa inggris, dan mulai mencoba untuk menonton film tanpa menggunakan subtitle. Setelah dipikir-pikir, saya sepertinya lebih cocok masuk jurusan sastra inggris. Gimana tuh kak? Btw sorry ini komentar rada absurd soalnya ini perasaan campur aduk ga karuan antara bingung dan seneng karena nemu blog kakak ini hehehe.

    Sekiannnn

    1. Hai Rubi,
      Terima kasih loh pujiannya. Hehehe… Manusia kan senang dipuji.
      Saya salut dengan Rubi yang pernah menjadi duta di acara sebesar Asean. Itu modal bagus untuk kuliah maupun kerja.
      Terkait dengan keputusan Rubi saya cuma kasi saran saja. Doa dulu sama Tuha. Kalau muslim shalat Istikharah. Cantumin Hubungan Internasional dan Sastra Inggris tersebut di tes masuk perguruan tinggi nanti. Mana yang lulus itu yang terbaik. Meski sekarang Rubi bilang ada mata kuliah yang tidak Rubi sukai, mungkin karena belum merasakan saja. Kalau udah kuliah tentu akan suka. Tinggal cari dimana enaknya saja.
      Terakhir saya ingin ulangi lagi. Belajar, persiapkan diri untuk ujian nanti, berdoa jangan lupa. Nanti Tuhan kasih jawaban yang terbaik. Entah itu lulus di HI atau lulus jurusan sastra inggris.

  2. Hai kak!
    Saya sofi siswi kelas XII yang sekarang lagi galau-galau nya nih saat di sodorin kertas pemetaan perguruan tinggi hehehe
    Nah kalau ditanya sih, saya udah lama berminat dan jatuh hati sama sastra inggris.
    Akan tetapi yang membuat saya bimbang adalah karena saya berasal dari jurusan IPA. Dan tentunya akan selalu muncul ungkapan ;”ah kamu ngambil itu berarti kamu 3 tahun sia-sia di IPA” dan jujur nyesek deh ea wkwkwk

    Awalnya saya berusaha tidak memperhatikan itu, tapi lama kelamaan tekad saya semakin surut padahal saya sdh yakin dengan pilihan saya. Saya pun mulai mencari jurusan lain yang tidak terlalu saya minati demi menyenangkan orang-orang di sekitar saya 🙁

    Nah kak, bagaimana cara meyakinkan orangtua khususnya agar dapat mendukung dan merestui pilihan saya?

    Lalu ada tidak tips2 untuk dapat lulus lebih cepat misalnya atau lebih mudah? Ex : melakukan tes toefl lebih dulu dll

    1. Kadang ortu lebih tahu kemampuan anaknya sofi. Kalau sofi punya keinginan yang kuat coba untuk komunikasikan dengan ortunya. Utarakan isi hati sofi. Kalau disetujui insya Allah lebih mudah untuk gapai cita-citanya

  3. Hello Sofi… boleh gk saya menanggapi komentar kamu? Boleh aja kali ya.. hehehe
    Perkenalkan dulu saya Aisyah dari bumi.
    Saya memiliki background yang sama dengan kamu. Saya juga dulu anak IPA semasa SMA. Saya dulu bercita2 ingin menjadi dokter tapi ya gak kesampaian.. waktu SBMPTN tahun ini karena alasan yang kamu sebutin tadi “katanya anak IPA terus milih jurusan sastra.. jadi 3 tahun ini nnti sia2 dong ya?”
    Saya merasa malu kalau kuliah nnti gk milih fakultas yang berbau IPA.. jadi saya paksain deh tuh milih jurusan biologi dan matematika kemarin di unhas. Saya gak lulus.. jadi saya ikut jalur mandiri di UNM jurusan sastra inggris. Alhamdulillah lulus.

    Saya mmng suka bahasa inggris dari kls 4 SD itu semua karena Justin Bieber..Aku sangat pengen ketemu dia wktu itu sehingga saya bljr bahasa inggris. Iya aku tau itu konyol tapi alhamdulillah ada manfaatnya.. Saya jadi suka bahasa inggris sampai sekarang.

    So yang pengen saya sampaikan ke kamu dan kawan2 lain yang mungkin punya background wktu SMA yang dan pilihan kuliah nnti… jangan Pernh berfikir bahwa semua ilmu kamu selama 3 tahun di bangku SMA itu sia-sia.. enggak.. semua pasti ada manfaatnya.
    Jangan pernah terkekang oleh komentar orang lain mengenai “3tahun yang terbuang percuma ” they dont know anything about those stuff.. be yourself.
    kalau .emang kamu minta di sastra inggris, wujudkan.. niatkan dari awal.. kamu yang akan menjalaninya nanti bukan mereka yang berkomentar mengenai “3 tahun tersebut”
    Kamu yang bercita2 bukan mereka
    Itu mimpi kamu bukan mimpi mereka. Jangan biarkan komentar orang lain sampai mematahi semangatmu.. u can do this..! *smile* sekian semoga sukses ya kedepannya..
    If u dont build your dream, someone else will hire u to build theirs. So keep hustling.. ~Cl

Tinggalkan Balasan