Target di 2009

Bagi kebanyakan orang pergantian tahun adalah masa untuk berkontemplasi dan merencanakan perkembangannya untuk tahun yang akan dilalui. Aku juga tidak terkecuali. Hanya saja kalau kebanyakan blogger membuat perenungan dan rencana pada akhir tahun, aku melakukannya ketika tahun telah berganti. Hal ini dikarena baru saat ini dorongan untuk menulis itu tidak dapat ditahan. Lebih baik terlambat daripada tidak melakukan apa-apa sama sekali. Pada awal tahun 2008 ada banyak rencana yang aku buat, akan tetapi hanya sebagian kecil yang terlaksana. Berikut adalah hal-hal yang menjadi rancanganku pada tahun 2008 kemarin:

1. membuat program permainan Football Manager 2008 menjadi portable
2. membuat website sendiri
3. bisa mendeface beberapa situs dan mendapatkan password atau credit card
4. bisa menginstal komputer berbasis windows
5. membuat tulisan paling sedikit satu untuk setiap blog yang aku punyai
6. mendapatkan iklan dari adsense for content.
7. meningkatkan traffic pada masing-masing blog.
8. mendapatkan penghasilan tambahan dari bisnis online.
9. bisa membuat crack, keygen atau patch sebuah program sendiri

Yang manusia bisa lakukan hanya berencana namun Tuhan yang memutuskan apakah rencana itu terlaksana atau tidak. Inilah pencapaian-pencapaianku di akhir tahun 2008:
1. membuat website sendiri
2. menginstal komputer berbasis windows
3. mendapatkan iklan adsense for content

Dari rencana – rencana yang aku canangkan hanya beberapa yang terealisasi. Hal ini disebabkan oleh beberapa hal. Pertama kegagalan membuat program permainan Football Manager menjadi Portable adalah karena ketidak mampuanku dalam menguasai bahasa program. Aku sudah berusaha belajar bahasa program dengan temanku yang tamatan Universitas Putra Indonesia. Bahasa program yang aku pelajari adalah bahasa Visual Basic atau VB. Tapi kemampuanku untuk memahami kode-kode dan perintah-perintah ditambah dengan logika-logika komputer membuatku melupakannya. Karena kelemahanku untuk memahami VB ini akhirnya aku mundur dengan teratur dan terpaksa harus mencoret membuat crack, keygen atau patch sendiri.
Kedua, hacker adalah orang yang kreatif yang mampu melihat sesuatu dari sisi yang berbeda. Menjadi seorang hacker adalah sebuah prestise yang luar biasa bagiku. Kekagumanku terhadap seorang hacker dimulai ketika aku menonton filem SWORDFISH. Aku kagum pada hacker yang bisa memecahkan kode sebuah komputer dan membuat komputer tersebut tunduk pada jari-jari tangannya. Untuk mendapatkan posisi ini aku masuk pada forum coder.web.id. Disini aku belajar perintah-perintah berbagai macam password pada sebuah situs. Rencananya setelah aku bisa menelaah dan mempraktekkan pengetahuan-pengetahuan hacker ini, aku bisa untuk mempraktekkannya. Namun alhasil aku hanya mampu untuk melewati basic mission. Ketika dihadapkan pada uji kemampuan reality mission yang merupakan simulasi pembobolan situs secara nyata, aku tidak mampu melakukannya. Akhirnya aku melupakan situs tersebut untuk beberapa lama. Walau tidak bisa melakukan tehnik hack yang rumit yang bisa mendeface sebuah situs atau menangkap password atau credit card tapi aku masih bisa mendapatkan beberapa program dan e book secara gratis dengan melakukan google hacking.
Ketiga, aku merasa bahwa aku sering tidak fokus dalam melakukan sesuatu. Akibatnya sampai saat ini aku masih kesulitan dalam membuat blogku dibanjiri pengunjung dari berbagai penjuru dunia. Meningkatkan traffic blog digunakan dengan beberapa cara. Cara yang paling banyak dilakukan adalah Search Engine Optimation (SEO) atau Optimasi Mesin Pencari. Apa yang menjadi tujuan dari SEO ini? Dengan SEO diharapkan blog yang aku kelola dapat muncul pada halaman pertama hasil pencarian keyword. Seorang pencari informasi tentu akan lebih memilih situs atau blog yang muncul pertama kali di sebuah mesin pencari. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membuat situs mendapatkan posisi di halaman pertama. Cara pertama adalah dengan menembak keyword yang banyak dicari oleh para pengguna internet. Sedangkan yang kedua adalah mengunjungi blog yang mempunyai topik yang sama dengan blog saya. Sayang walaupun mengetahui kunci-kunci ini ketidak konsistenan membuat blog saya tetap kurang pengunjung. Penyebab lain adalah kurangnya kesabaran saya dalam mengelola blog dan mengupdate tulisan-tulisan dalam blog ini. Blog yang telah saya buat hampir berjumlah sepuluh buah. Tentu saja hal ini membuat saya kewalahan dalam mengelolanya. Dan hal yang saya lupakan dalam membuat traffic tinggi ini adalah tidak ada yang instan! Sebuah blog yang baru dibuat tidak akan langsung bisa muncul pada halaman pertama hasil pencarian sebuah keyword. Buktinya blog saya pencaricerah.worpress.com selalu terdapat pada halaman pertama untuk kata kunci manajemen kebidanan. Keyword yang aneh, karena yang saya lakukan hanya meringkas pengertian manajemen kebidanan yang selalu dicari oleh pengguna warnet dimana lokasinya memang berdekatan dengan kampus kebidanan. Keyword yang lain yang memberikan kontribusi pengunjung adalah boikot produk zionis. Hal lain yang menentukan adalah jumlah halaman blog atau situs yang kita kelola tersebut. Blog yang baru paling tidak, menurut pengasuh problogger.net, mempunyai lima tulisan yang telah terbit dan sepuluh tulisan yang dijadwalkan untuk terbit. Dengan demikian maka blog akan terlihat profesional dalam pandangan mesin pencari. Blog yang sudah lama dibuat yang tidak mempunyai tulisan yang diupdate secara terus menerus akan membuat blog tersebut tidak populer di mata mesin pencari. Kedepannya mungkin aku harus lebih memperhatikan keyword yang lain yang mampu mendatangkan pengunjung.
Keempat, berhubungan dengan traffic blog. Aku sudah mendapatkan adsense for content yang menjanjikan penghasilan yang lebih besar dari pada adsense for search akan tetapi karena kurangnya konsentrasi pada pengembangan traffic blog aku menjadi lalai dan hingga saat ini aku belum mendapatkan penghasilan sebagaimana yang aku inginkan.

Jadi hingga tahun 2009 ini saya menargetkan:
1. MENAIKKAN TRAFFIC PENGUNJUNG BLOG
2. MENDAPATKAN ONLINE INCOME
3. MENULIS PALING TIDAK SATU TULISAN UNTUK SELURUH BLOG YANG SAYA KELOLA (IDEALNYA SATU TULISAN SATU BLOG SETIAP HARI).

Advertisements

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *