Tempat Magang Sastra Inggris Yang Paling Ideal, No.1 Paling Favorit

tempat magang sastra inggris
Generic Banner

Tempat magang sastra inggris? Emang ada? Itu pertanyaan saya yang muncul ketika membaca tulisan dari blogger Ran-Chan no Hibi. Sebagai alumni sastra inggris saya sama sekali baru tahu kalau ternyata ada tempat magang bagi mahasiswa sastra inggris. Seandainya informasi ini saya dapatkan ketika kuliah tentu jalan hidup saya berbeda.

Karena itu saya ingin membagikan informasi yang cukup penting bagi kamu, mahasiswa sastra inggris, yaitu tempat magang sastra inggris.

Magang itu apa sih? Magang adalah sebuah kesempatan untuk mengintegrasikan pengalaman yang berhubungan dengan karir ke dalam pendidikan sarjana dengan berpartisipasi dalam pekerjaan yang terencana dan diawasi. (https://ekoyanto.files.wordpress.com/2011/11/apakah-magang-itu1.pps)

Dari pengertian diatas maka anda akan melihat ada perbedaan antara magang dan kerja sambilan. Walaupun sama-sama diawasi dan pekerjaan yang dilakukan terencana, perbedaan magang dan kerja sambilan terdapat dalam hubungannya dengan pendidikan sarjana.

Dalam konteks ini dapat kamu lihat kalau magang itu selain untuk karir juga menghubungkan antara teori dan praktek di lapangan. Bagi mahasiswa sastra inggris dari daerah, seperti saya, kesempatan magang ini tidak saya dapatkan. Mungkin pihak universitas masih belum bekerja sama dengan tempat magang sastra inggris waktu itu. (Semoga saja sekarang sudah.)

Dengan membagikan informasi tempat magang sastra inggris saya harapkan rekan-rekan saya yang kuliah di jurusan sastra inggris, apalagi di daerah, bisa lebih termotivasi lagi untuk menyelesaikan kuliah dengan prestasi. Karena selain nilai transkrip yang berkilau, pengalaman kerja akan membuat kamu jauh lebih mudah untuk diterima di sebuah perusahaan (atau malah kementerian nantinya).

tempat magang sastra inggris

15 Tempat Magang Sastra Inggris by Ran-Chan no Hibi

  1. Kementerian Luar Negeri
    Bagi kamu, mahasiswa sastra inggris, yang punya cita-cita menjadi duta besar Republik Indonesia di luar negeri coba mulai dengan mengikuti program magang dari kementerian tersebut.
    Menurut situs resmi KEMENLU ada tiga unit kerja yang selalu membuka program magang, yaitu Direktorat Diplomasi Publik, Direktorat Informasi dan Media, dan Badan Pengkajian dan Pengembangan Kebijakan Deplu (BPPK).
    Syarat mengikuti program magang di unit-unit terkait hampir sama dengan mengikuti program magang di tempat lain yaitu: menulis surat lamaran yang ditujukan kepada pimpinan eselon II unit terkait (berisi tujuan dan maksud melakukan magang di unit terkait), mengirim berkas berupa Curriculum Vitae, Transkrip Nilai resmi (yang dikeluarkan oleh Universitas), Surat Keterangan dari Pihak Kampus, Minimal kuliah semester 5.
  2. Kedutaan Besar dan Konsulat Jendral Negara Tetangga
    Selain di kementerian luar negeri, tempat magang mahasiswa sastra inggris bisa juga dilakukan di kantor-kantor perwakilan resmi negara sahabat yang berada di daerah kamu. Contohnya bagi kamu yang berada di Jakarta, Kedutaan Besar Amerika Serikat yang beralamatkan di Jl. Medan Merdeka Selatan No. 3 – 5 membuka kesempatan untuk merasakan bagaimana bekerja di sebuah kantor urusan diplomatik. Unit-unit kerja yang menerima program magang seperti Human Resources, Program Office USAID, Foreign Commercial Service (FCS), Office of Financial Management/USAID, Public Affairs Section-Cultural Office, Public Affairs Section – Information Office (PAS-IO).
    Karena program magang pihak kedutaan tidak menjanjikan adanya benefit keuangan tetapi menjanjikan pengalaman yang berharga saat bekerja. Untuk kamu yang sedang berada di Jakarta atau Surabaya silahkan mencoba ikut program tersebut melalui link resmi kedutaan Amerika Serikat.
    program internship Kedubes Amerika Serikat
  3. Balai Bahasa Provinsi
    (sedang menunggu jawaban salah satu balai bahasa di Indonesia untuk program magang ini. dalam navigasi situs yang ada tidak disebutkan jika di balai bahasa provinsi membuka program magang)
  4. Advertising Company
    Mahasiswa sastra inggris itu tidak hanya belajar tentang sastra inggris atau bahasa inggris saja. Kalau dosen saya dulu bilang mahasiswa sastra inggris harus kreatif. Dan tempat magang untuk mahasiswa jurusan sastra inggris yang paling tepat untuk kamu yang merasa kreatif dan selalu mempunyai ide-ide yang out of the box adalah media periklanan.
    Sebagai sebuah sarana promosi sebuah brand atau produk yang dijual membutuhkan sebuah perhatian dari target konsumennya. Seperti yang dikisahkan oleh blogger seventogatorop di blognya saat harus melakukan Trans-create untuk leaflet produk Nokia Lumia yang baru.
    Leaflet dari brand tidak selalu menggunakan bahasa Indonesia, seringkali bahasa yang digunakan dalam leafletnya menggunakan bahasa Inggris. Maka tugas anak magang seperti seventogatorop dan juga seniornya di media periklanan adalah menerjemahkan dan membuat bahasa baru agar pesan dari produk tersebut dapat tersampaikan ke calon konsumen Nokia di Indonesia.
  5. Agen Penerjemah
  6. Hotel dan Tempat Parawisata
  7. Dinas Parawisata Kota / Bagian Humas & Protokol Kota
  8. Portal Berita/Media Online
  9. Koran / Majalah / Tabloid
  10. Radio / Televisi
  11. Penerbit Buku
  12. Yayasan Sosial Yang Mendapat Hibah dari Luar Negeri
  13. Tempat Kursus Bahasa Inggris
  14. Konsultan Pendidikan Luar Negeri
  15. Perusahaan Tour dan Travel

Itu tempat magang sastra inggris jadi masih bilang kalau peluang kerja sastra inggris itu sempit?

(maaf ada order masuk, saya kerjakan dulu. Nanti saya sambung lagi untuk membahas lebih detail tempat magang sastra inggris. Jangan lupa subscribe agar nanti bisa saya hubungi lagi untuk bahasan lengkap artikel penting ini.)

sumber inspirasi: Ran-chan no Hibi

Advertisements

Kuliah itu Susah Ga Sih? Ini Jawabannya

Pertanyaan diatas saya terima dalam salah satu komentar artikel blog saya. Judul artikel yang dibaca oleh rekan kita berjudul 15 Hal Yang Harus Diketahui Sebelum Masuk Perguruan Tinggi. Postingan tersebut menjawab pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan oleh seorang calon mahasiswa yang pernah di posting di situs yahoo answer. Dan ternyata dari 15 pertanyaan yang sudah saya jawab tersebut, kuliah itu susah ga sih belum saya terima.

Terima kasih kepada Monica Putri Adhistyana yang telah memberikan pertanyaan yang sangat bagus tersebut di kolom komentar.

Kuliah itu susah ga sih? Pertanyaan ini agak sulit saya menjawabnya. Lama saya memikirkannya. Saya mencoba untuk mengingat-ingat kembali masa-masa kuliah saya di jurusan sastra inggris Universitas Negeri Padang.

Jika saya membawakan diri sebagai seorang calon mahasiswa, rasanya kuliah itu susah. Kenapa? Selama saya sekolah di SMU Negeri 2 Bukittinggi hampir semua metode belajar mengajar sama saja. CBSA, Catat Buku Sampai Abis.

Saya tidak tahu bagaimana metode belajar mengajar sekolah saat ini. Dulu saya diharuskan membuat ringkasan bab per bab buku pedoman belajar yang dipinjamkan sekolah. Bahasa Inggris, Fisika, Kimia, Matematika, Kesenian semua harus diringkas. Alhasil kalau saya lagi malas membaca saya pinjam buku catatan teman untuk saya kopi paste atau saya ringkas lagi dari ringkasan teman tersebut. hehehe…

Guru pun lebih banyak berbicara di depan kelas, meskipun beberapa kali meminta interaksi dari murid-muridnya budaya catat buku sampai abis ini tidak memberikan interaksi yang dimaksud. Kadang ketika guru menerangkan satu bab dari pelajaran yang saya ringkas semalam, saya membaca komik di bawah meja. Atau menyamarkan komik tersebut di atas buku catatan. jadi seakan-akan saya menulis keterangan guru tersebut.

kuliah itu susah ga sih?
gambar dari duniadosen.com

Situasi belajar mengajar di sekolah beda dengan kuliah. Saat kuliah dosen hanya memberikan fasilitas untuk bertanya seputar materi kuliah yang tidak anda mengerti. Justru mahasiswa (saya, dan anda mungkin) yang harus aktif mencari segala referensi tentang apa yang sedang anda pelajari.

Jadi contohnya begini. Ketika saya mengambil mata kuliah prose, dosen saya mengharapkan semua mahasiswa yang mengikuti mata kuliah dibawah bimbingan beliau untuk mempunyai interpretasi sendiri setelah membaca cerpen bahasa inggris.

Interpretasi itu beda ya dengan menceritakan kembali. Interpretasi itu lebih kepada membahas masalah sosial, budaya, pendalaman karakter, simbol-simbol yang terdapat di karya sastra yang sudah dibaca.

Nah, perubahan ini yang sangat sulit saya ikuti. Biasanya abis baca trus diringkas sekarang disuruh untuk memaparkan pendapat pribadi yang didukung dengan sumber-sumber ilmiah. Dan lebih susah lagi ketika anda bikin makalah sebagai tugas akhir atau tugas mingguan.

Kalau anda biasanya cuma copas materi dari internet tanpa mengerti apa yang ditulis oleh orang tersebut kemudian anda kumpulkan makalah itu seperti anda yang menulisnya (tulisan original), dosen cepat tahu loh. Kenapa? Parameter sejauh mana anda bisa “kepintaran” anda itu ada pada beliau berdasarkan diskusi di dalam kelas.

Jadi jika anda tidak bisa mempertanggungjawabkan tulisan anda di makalah mingguan atau tugas akhir. Siap-siaplah anda digojlok dengan lebih keras lagi oleh dosen yang bersangkutan.

Itu dari pengalaman saya ya. Jadi menjawab pertanyaan kuliah itu susah ga sih? Saya harus bilang kuliah itu susah, apalagi jika anda ikut-ikutan ambil jurusan yang tidak anda sukai sama sekali. Lebih kelam lagi masa studi anda ketika jurusan tidak anda sukai, tidak anda minati dan tidak ada sama sekali kemampuan anda mendalami jurusan tersebut.

Saya bilang parah orang yang saya sebut tadi karena setelah ia beruntung selesai kuliah, ia akan kesulitan untuk menentukan karir. Teman baru saya di kantor contohnya (maaf harus anonim takut ketahuan orang tua). Ia kuliah di jurusan akuntansi, selesai kuliah lebih dari empat tahun. Lulus kuliah hanya sebagai hadiah untuk orang tua menurut pengakuannya pada saya.

Minat teman baru saya itu ternyata hampir sama dengan saya. Yaitu membuat konten online yang bernilai dan bermanfaat untuk semua orang. Dan dia baru menyadari passion tersebut ketika ia sudah bekerja.

Sayangkan guys kuliah tidak ditempat yang kamu sendiri tidak sukai?

Ada lagi nih yang bikin kamu mesti bertanya kuliah itu susah ga sih? Poin yang kedua adalah mengatur jadwal kuliah. Jadwal perkuliahan itu beda banget dengan jadwal mata pelajaran di sekolah. Kalau disekolah mata pelajaran IPA, IPS, Agama, Olahraga dan lain-lain itu sudah ditetapkan oleh Sekolah. Dari jam 8 pagi hingga jam 5 sore (eh kok jadi kayak kerja kantoran ya?) anda tinggal menjalankan program yang sudah ada.

Di kuliah lain lagi. Anda harus pintar-pintar melihat jadwal. Kalau anda suka dan ingin selesai kuliah lebih cepat anda tinggal memenuhi jadwal kuliah selama satu hari. Atau anda tinggal milih kuliah pagi dan menghindari jadwal kuliah di sore hari. (Saya pribadi lebih memilih ambil kuliah pagi karena otak lebih fresh di pagi hari dibanding sore hari).

Tantangannya adalah di jadwal tersebut. Meskipun bisa bebas memilih mata kuliah yang ingin diikuti jadwal mata kuliah tersebut sudah ditetapkan oleh pihak fakultas. Saya pernah di suatu semester ingin lebih santai kuliah, tetapi jadwal mata kuliah yang keluar di semester tersebut ternyata mata kuliah wajib jurusan. Akhirnya saya melupakan keinginan untuk kuliah dengan santai.

Hal lain yang membuat saya sebal dengan jadwal mata kuliah yang telah ditetapkan adalah perubahan jadwa. Jadi begini. Ketika mau masuk masa studi anda diharuskan memilih mata kuliah mana saja yang ingin diikuti. Kala itu saya ingin mengikuti mata kuliah Pengantar Jurnalistik dan juga mata kuliah phonetics. Jadwalnya berdekatan, Pengantar Jurnalistik pagi sekitar jam 9 dan Phonetics di jam 11. Jadi saya pikir setelah shalat zuhur saya bisa main dulu sebelum balik ke kosan.

Saya isilah kartu rencana studi (KRS) dengan dua mata kuliah tersebut. Beberapa hari kemudian, tidak lama setelah KRS dicetak dan uang kuliah di bayarkan ada pengumuman di jurusan jika perubahan jadwal mata kuliah. Dan dua mata kuliah yang saya ingin pelajari ternyata jadwalnya bentrok. Suka tidak suka saya harus memilih ambil Pengantar Jurnalistik atau Phonetics.

Berhubung Phonetics termasuk mata kuliah wajib jurusan maka saya memilih Phonetics. Dan akhirnya saya tidak pernah mengikuti mata kuliah Pengantar Jurnalistik.

Ini realita jadwal kuliah yang membuat susah mahasiswa. Kok bisa jadwal yang telah ditetapkan diawal bisa berubah?

Kisah-kisah diatas cuma sebagian dari pengalaman saya selama kuliah. Meskipun terlihat ribet, susah, dan sebagainya-dan sebagainya jika dijalanin dengan tekad yang kuat semua kesusahan itu menjadi sebuah perjalanan yang manis. Bahkan jadi bahan becandaan kalau lagi ngumpul sama teman.

Jadi menurut anda kuliah itu susah ga sih?

Kuliah Jurusan Sastra Inggris? Disini Informasi Lengkapnya

Kuliah jurusan sastra inggris seperti apa sih?Mmmm… Kasih tau gak ya? Yang pasti saya sendiri ingin kembali kuliah di jurusan sastra inggris. Kamu mungkin merasa penasaran dengan kehidupan kampus saya sehingga saya jadi pengen kuliah lagi di jurusan sastra inggris lagi.

Kuliah di jurusan sastra inggris itu seru mbak en mas sekalian. Kalau mas en mba sekalian pada suka baca novel, cerpen, dan puisi bahasa inggris atau suka baca buku sosial politik maupun nonton film Hollywood pertimbangkan untuk kuliah di jurusan ini setelah menyelesaikan sekolah nanti.

Mau tau apa saja yang akan anda lalui di jurusan bahasa asing ini? Coba dibaca pelan-pelan yak.
[isa_amp_and_regular_adsense]

Latar belakang pendidikan saya adalah Sarjana Sastra dari Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris Universitas Negeri Padang. Saya masuk jurusan ini setelah melalui ujian nasional yang diadakan serentak oleh perguruan tinggi negeri di Indonesia yang bernama Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (disingkat SPMB) tahun 2002.

Saya lulus kuliah dan mendapatkan gelar Sarjana di tahun 2005 setelah mempertahankan skripsi yang mengambil judul The Power of Jews in The Plot Against America by Philip Roth. Saat ini saya sudah bekerja di salah satu perusahaan asuransi swasta nasional di Jakarta dan banyak rekan-rekan seangkatan saya yang telah bekerja baik di pemerintahan maupun di sektor swasta.novel yang membuat saya menyelesaikan kuliah jurusan sastra inggris

Saya menyatakan fakta-fakta diatas agar anda yang SAAT ini kuliah di jurusan sastra inggris bisa dengan tenang menuntut ilmu dan juga saya ingin agar pelajar yang sedang menimbang-nimbang akan mengambil jurusan apa saat kuliah nanti bisa mendapatkan sebuah wawasan.

Kenapa sih masuk sastra inggris?

Pertanyaan ini pernah didapatkan oleh beberapa mahasiswa sastra jurusan sastra inggris. Umumnya pertanyaan ini muncul karena ketidaktahuan si penanya tentang seluk beluk program studi sastra inggris.

Bahkan secara serampangan banyak dari orang yang kurang pengetahuan ini menyamakan kuliah sastra inggris dengan kursus bahasa inggris. Saya pernah mempunyai sikap yang sama hingga saya merasakan bagaimana kuliah jurusan sastra inggris.

Jika anda mendapatkan pertanyaan bodoh seperti ini jawab saja dengan pengalaman kuliah jurusan sastra inggris saya.

Memilih Kuliah Jurusan Sastra Inggris

Bagi saya pribadi mempelajari bahasa adalah sebuah hobi. Terlebih daerah asal saya, Bukittinggi, adalah sebuah kota wisata dengan banyak turis backpacker yang lalu lalang dan meminta informasi pada masyarakat sekitar untuk menuju lokasi wisata.

Jadi secara tidak langsung saya di doktrin untuk menyukai bahasa inggris.

Semenjak saya mulai sekolah orang tua saya menyadari minat yang saya miliki. Terlebih bunda. Dengan keterbatasan kondisi keuangan keluarga, ia “memaksa” saya untuk terus les hingga selesai sekolah menengah atas.

Jujur saja saya merasa bosan dengan belajar bahasa inggris waktu itu.

Maka saya berniat ketika saya kuliah, saya akan mengambil jurusan bahasa asing lainnya. Bahasa asing yang mulai menarik perhatian saya adalah bahasa Perancis.

Saya utarakan hal tersebut kepada Bunda. Beliau mendengarkan keinginan saya dan juga memberikan saran agar saya bisa linear dalam mengambil kuliah.

Maksudnya jelas bahwa saya harus ambil jurusan sastra inggris di ujian masuk perguruan tinggi nanti. Saya berpikir, “ya eelah bahasa inggris lagi.”kuliah sastra inggris

Untung juga saya ikut pendapat Bunda karena saya akhirnya bisa lulus di jurusan sastra inggris Universitas Negeri Padang.

Secara kualitas tempat kuliah sastra inggris yang bagus adalah jurusan yang mendapatkan pengakuan baik dari institusi pendidikan tinggi miliki negara.

Untuk jurusan saya peringkat yang diberikan dikti adalah akreditasi B secara nasional.

Seperti yang saya sampaikan diatas tadi kuliah jurusan sastra inggris berbeda dengan kuliah bahasa inggris.

Faktanya anda yang kuliah di jurusan bahasa dan sastra inggris akan banyak belajar Bahasa Inggris seperti grammar, tenses, dan lain-lain.

Namun selain belajar ilmu dasar bahasa inggris tersebut anda juga akan menerima mata kuliah jurusan sastra inggris seperti budaya, sejarah, sastra, dan ilmu-ilmu humaniora lainnya.

Walaupun anda belajar ilmu dasar Bahasa Inggris sebaiknya anda juga mempunyai persiapan tentang penguasaan bahasa inggris itu sendiri sebelum kuliah.

Di kampus saya tidak seluruh mata kuliah bahasa pengantarnya bahasa inggris. Beberapa kali jika mahasiswa kesulitan untuk mengikuti perkuliahan dengan pengantar bahasa inggris, dosen saya memberi kuliah dengan bahasa Indonesia.

Kalau anda merasa butuh cobalah belajar sendiri atau secara otodidak di rumah. Silahkan ikuti caranya disini atau disini.

Jadi apa itu jurusan sastra inggris?

Jika saya harus mendefinisikan jurusan ini maka saya akan menggambarkan jika jurusan sastra inggris adalah jurusan yang mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi seorang profesional yang mampu berkomunikasi dan memahami karya sastra yang dibuat dengan bahasa pengantar Bahasa Inggris.

Dari definisi tersebut semoga anda lebih memahami bahwa sastra inggris itu tidak hanya tentang Bahasa Inggris namun juga tidak terbatas pada karya sastra berbahasa Inggris.

Jika anda bertanya kepada saya apakah jurusan sastra inggris bagus maka saya akan menjawab dengan lantang jika jurusan ini sangat bagus. Meski saya memiliki penyesalan. Penyesalan ini akan saya ceritakan pada artikel yang lain.

Program Studi Kuliah Jurusan Sastra Inggris Yang Dapat Anda Pertimbangkan

Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris di Universitas Negeri Padang (almamater saya) mempunyai beberapa program studi yang dapat dipilih oleh seorang mahasiswa saat kuliah di jurusan tersebut. Program Studi tersebut adalah

  1. Pendidikan Bahasa Inggris
  2. Sastra Inggris konsentrasi Sastra
  3. Sastra Inggris konsentrasi Linguistik

Kalau anda sudah menetapkan profesi untuk menjadi guru maka anda harus mengambil program studi pendidikan Bahasa Inggris.

Program ini akan menuntun anda untuk menjadi seorang guru nantinya.

Kalau melihat bagaimana teman-teman saya mempersiapkan bahan ajar, rencana pengajaran dalam satu semester, hingga memberi nilai pada murid-muridnya (ini terjadi saat Praktek Kerja Lapangan) saya cukup puas dengan keputusan saya untuk mengambil jurusan sastra inggris.

Saya mendapatkan beberapa komentar dari pelajar jurusan IPA yang ingin kuliah jurusan sastra inggris.

Di artikel ini saya ingin menjawab jika mereka bisa masuk ke jurusan sastra inggris walaupun jurusan di sekolah bukan IPS.

Caranya adalah dengan mengikuti ujian masuk perguruan tinggi dan mengambil ujian IPC (Ilmu Pengetahuan Campuran).

Memang para pelajar jurusan IPA ini akan merasakan tantangan yang cukup berat dalam mempersiapkan diri untuk ujian tetapi jika memang anda-anda (anak IPA) ingin masuk jurusan sastra inggris ini, jalan berat ini yang harus anda tempuh.

Pun sebaliknya jika pelajar jurusan IPS ingin masuk ke kuliah dimana seharusnya yang masuk adalah pelajar jurusan IPA, mereka harus mengikuti ujian serupa.

Semoga tulisan saya tentang pengalaman kuliah jurusan sastra inggris dapat menjadi pelajaran bagi anda yang sedang kuliah maupun yang sedang mempertimbangkan kuliah di jurusan ini. Jika anda punya pertanyaan atau ada hal yang ingin didiskusikan silahkan gunakan kolom komentar dibawah. Saya sangat menyukai berdiskusi dengan dengan anda melalui kolom komentar.