About these ads

Domain dan Hosting Sendiri

Banyak blogger yang sudah mendapatkan penghasilan dari blog mereka menyarankan agar siapapun yang berniat untuk mengikuti langkah mereka agar mengusahakan menggunakan domain dan hosting sendiri.

Apa Manfaat menggunakan domain dan hosting sendiri?

John Chow dalam ebook Ultimate Blog Profit menyebutkan jika seorang yang blogging untuk mendapatkan penghasilan dari Internet menggunakan sub domain dan hosting gratisan maka blogger tersebut tidak serius menekuni kegiatan blogging. Membeli domain san hosting sendiri akan memberikan kesan sebaliknya.
Fakta:
Menekuni kegiatan blogging itu membutuhkan modal yang tidak sesikit dan juga waktu yang cukup lama.

Saya sendiri dalam perjalanan blogging semenjak mengenal aktifitas ini baru membeli domain level top atau yang lebih dikenal dengan TLD untuk saya gunakan bersama layanan hosting gratis yang telah saya buat di situs wordpress.com dan blogger.com. Meskipun kedua layanan hosting gratis ini sangat berguna untuk mempercepat indexing blog tapi ada beberapa kekurangan yang membuat aktivitas internet marketing yang sedang saya pelajari dan praktekkan menjadi kurang.

Pertama untuk worpress.com, jika anda seperti saya yang menggunakan situs layanan hosting gratis di wordpress tentunya anda mengalami kesulitan untuk menanamkan kode javascript kedalam postingan atau halaman yang mempunyai traffic tinggi. Salah satu kebijakan wordpress adalah tidak mengijinkan program berbasis javascript atau iFrame berada di dalam hosting gratis mereka. Alasan wordpress pada waktu itu adalah program javascripts membuat layanan hosting gratis mereka menjadi berat dan membuat service mereka kepada para blogger menjadi kurang maksimal. Sedangkan jika anda mempunyai traffic rata-rata 1000/bulan anda akan mempunyai kesempatan untuk mendapatkan penghasilan minimal 1 US dolar setiap bulannya. Saat ini jika anda telah membeli domain TLD sendiri dan tidak menggunakan subdomain xxx.worpress.com tentu anda dapat menghasilkan uang dari program penayangan iklan wordpress yang bernama WordAds. Tapi hanya wordads, anda tidak bisa menggunakan link affiliasi anda untuk mendapatkan tambahan penghasilan karena kebijakan worpress yang menyebutkan tidak boleh ada penjualan afiliasi pada hostingan mereka. Saya pernah beberapa kali mendapatkan warning dengan dikuranginya akses ke halaman dashboard. Dan percayalah mengurus izin untuk posting lagi akan sangat menyebalkan.

Kedua blogger.com. Situs layanan hosting gratis dari google ini adalah situs yang sangat populer dikalangan blogger (pengguna blog).  Kebalikan dengan wordpress yang tidak mengijinkan berjalannya kode javascript di layanan mereka, blogger.com justru memberikan hak penuh untuk menjalankan program tersebut. Program Adsense for publisher merupakan program periklanan google yang merangkul blogger untuk menayangkan iklan dari partner google. Salah satu blogger yang sukses mendapatkan penghasilan dari program Adsense adalah Darren Rowse, owner problogger.net. Blogger dari Aussie inilah yang saya kira membuat program adsense menjadi program penayangan iklan yang sangat populer diantara blogger saat ini. Pasalnya Darren Rowse pernah memperlihatkan cek pembayaran dari Google sebesar USD 10.000 dan fotonya menjadi viral. Meskipun google mempunyai kelebihan dari wordpress.com dalam hal penggunaan javascript, pengguna layanan ini tidak diberikan hak akses ke dalam hostingan. Dalam menjual produk afiliasi anda harus membuat masking url afiliasi anda dengan menggunakan penyingkat url google (goo.gl).

Saya telah menggunakan keduanya dan saya menyadari bahwa untuk membuat impian saya agar bisa lepas dari pekerjaan rutin offline saya harus membuat langkah besar maka saya akhirnya membeli domain dan hosting sendiri. Dan saya memilih niagahoster.co.id. Saya tidak punya keahlian dalam membuat web tapi dengan bantuan sumber daya dari mesin pencari seperti bing dan google saya yakin saya bisa belajar dan mempraktekkan beragam tips yang diberikan oleh blogger yang telah sukses meraup dolar dari internet marketing. Kenapa saya membeli dari niagahoster.co.id? Silahkan lanjutkan ke halaman berikutnya.

About these ads

Leave a Reply

%d bloggers like this: