About these ads

Superman Dan Perang Dunia Kedua

Superman dan perang dunia kedua, apa hubungannya menurut anda? Sebagian dari kita mungkin tidak mendapatkan hubungan antara karakter komik Superman dan Perang Dunia kedua.

Namun anggapan ini akan berubah setelah anda membaca artikel mengenai hubungan Superman dan perang dunia kedua di situs www.research.calvin.edu. Situs tersebut diatas mendapatkan sebuah kopi dari surat kabar Das Schwarze Korps yang diterbitkan pada 25 April 1940. Dalam surat kabar terdapat sebuah artikel yang membahas tentang Jerry Siegel dan karakter ciptaannya Superman.

superman dan perang dunia kedua
gambar dari dailymail.co.uk

Serangan Jerry Siegel (Jerry Siegel attacks!) begitu judul artikel yang terdapat di surat kabar Das Schwarze Korps. Sebelum membahas mengenai artikel yang membahas Jerry Siegel (pencipta Superman) dan perang dunia kedua, terlebih dulu kita kenali mengenai surat kabar Das Schwarze Korps yang menerbitkan tulisan tersebut.

Das Schwarze Korps merupakan surat kabar dwi mingguan kepunyaan SS (baca:Schutzstaffel). Terjemahan Das Schwarze Korps sendiri adalah Korps Baju Hitam. Surat kabar ini kemudian digunakan oleh Nazi untuk melancarkan propaganda dan serangan pada grup-grup politik yang mempunyai ideologi berseberangan dengan Schutzstaffel. Selain Yahudi (bangsa Yahudi, bukan agama) grup-grup yang selalu diserang dalam tulisan surat kabar ini adalah Katolik, Komunisme, Freemansory dan lain-lain. Setiap anggota SS diwajibkan untuk membacanya, dan surat kabar ini pun disirkulasikan secara gratis untuk setiap anggota Schutzstaffel.

Saya beranggapan bahwa anda paling tidak sudah memahami prinsip dari surat kabar Korps Baju Hitam ini dan sekarang mari kita lanjutkan tentang artikelnya yang berjudul Jerry Siegel Attacks!

Artikel yang berjudul Serangan Jerry Siegel tersebut mempunyai dua pokok pembahasan yaitu tentang Jerry Siegel dan juga tentang Superman. Dalam artikel yang diterbitkan pada 25 April 1940 tersebut penulis menyebutkan bahwa Jerry Siegel sedang memprovokasi pemuda-pemuda Amerika melawan Jerman.

Pendapat penulis tersebut didasari oleh kisah Superman dan perang dunia kedua yang dikarang oleh Jerry Siegel dan diterbitkan oleh media massa Look (saya masih mencari tahu apakah Look ini sebuah majalah atau surat kabar). Kisah Superman yang seharusnya hanya beredar di Amerika ternyata juga diterbitkan di surat kabar Das Schwarze Korps. Namun kisah superman tersebut tidak hanya terbit di harian khusus SS tersebut, kisah superman menghentikan perang dunia kedua dibahas secara khusus oleh surat kabar ini.

Mengenai tokoh Superman sendiri, penulis artikel Jerry Siegel Attacks! mengatakan bahwa tokoh yang diciptakan oleh Jerry Siegel tidak sesempurna yang dikira. Superman banyak melanggar norma-norma yang berlaku seperti norma kesopanan (muncul di gedung Liga Bangsa-Bangsa di Jenewa dengan hanya menggunakan pakaian renang), logika, dan fisika.

Kesimpulan dari judul artikel Das Schwarze Korps, Jerry Siegel attacks! adalah prihatinnya pihak Jerman (dalam hal ini penulis artikel Jerry Siegel Attack!) terhadap kemungkinan rusaknya moral anak muda Amerika dikarenakan membaca komik Superman yang ditulis oleh Jerry Siegel. Kerusakan yang ditimbulkan oleh komik Superman menurut penulis adalah mempropagandakan kebencian, kecurigaan, kejahatan, malas dan kriminalitas untuk anak-anak muda.

Dalam artikel yang didapat dari sumber www.research.calvin.edu/german-propaganda-archieve/superman.htm dapat kita baca bahwa hubungan antara superman dan perang dunia kedua adalah hubungan propaganda. Tidak hanya pada pembaca yang ditargetkan tapi juga pada pembaca umum.

Pembaca yang ditargetkan maksud saya adalah seperti surat kabar Das Schwarze Korps yang wajib dibaca oleh setiap anggota Schutzstaffel. Sedangkan pembaca umum adalah pembaca komik Superman yang tidak terbatas pada usia maupun pilihan politik. Baik keduanya memberikan pandangan terhadap dunia yang diinterpretasikan sendiri-sendiri oleh pembacanya.

Semoga tulisan mengenai hubungan superman dan perang dunia kedua dapat memotivasi anda dalam masuk ke jurusan sastra inggris.

About these ads

1 Comment

  1. Baru tahu om kalo si suparman beneran untuk mempengaruhi semua kalangan di dunia kala itu

    Ngoahahhaha

    jildhuz.com/2016/02/04/siapa-sebenarnya-kaum-sms-susah-lihat-orang-senang-di-mlm/

Leave a Reply

%d bloggers like this: