About these ads

Strategi Rekrutmen Karyawan di Sosial Media

Media sosial sekarang mempunyai peran strategis..

Sebagai blogger yang juga menggunakan sosial media untuk menarik trafik (pembaca blog) artikel yang baru saya baca ini cukup menginspirasi (setidaknya bagi saya pribadi).

Artikel ini membahas peranan sosial media yang dapat digunakan untuk rekrutmen karyawan yang ideal bagi perusahaan.

Jadi selain digunakan untuk menjual produk atau jasa, akun sosial media perusahaan dapat digunakan untuk pencarian bakat-bakat baru untuk mengisi kekosongan jabatan di sebuah perusahaan.

Universum dalam artikel terbaru mereka Why You Need a Social Media Strategy for Your Employer Brand memberikan beberapa alasan yang (HARUSNYA) membuat tim personalia di sebuah perusahaan melek teknologi.

Tim personalia sebuah perusahaan dapat melakukan riset untuk mendapatkan kandidat karyawan yang diinginkan perusahaan dengan membandingkan keefektifan promosi di sosial media perusahaan atau promosi di situs lowongan kerja / media informasi konvensional.

Untuk menggunakan sosial media sebagai alat rekrutmen dari sebuah perusahaan ada 3 langkah yang bisa dilakukan:

  1. Identifikasi kandidat ideal yang akan bekerja di perusahaan anda
      Dengan banyak ragam karakteristik seorang pengguna sosmed, tim personalia tentu tidak akan membuat kesalahan dengan mengambil karyawan yang bermasalah. Hal ini dapat diketahui dari bagaimana seseorang calon kandidat menggunakan akun sosmed yang ia miliki.
      Agar tidak melakukan kesalahan maka strategi untuk berikut dapat dilakukan oleh tim personalia dan tim perumus strategi:

    • buat buyer persona untuk calon ideal karyawan anda.
    • lakukan riset platform sosmed mana yang banyak digunakan oleh calon karyawan yang anda bidik, agar mereka pun dapat menemukan anda
  2. kenali keunikan setiap platform sosial media
    masing-masing platform sosial media mempunyai keunikan tersendiri dimana banyak penggunanya saling berinteraksi. Keunikan Twitter adalah pada hashtag. Tapi jika tidak anda persiapkan dengan matang tidak semua kata yang diberi tanda pagar (hashtag) akan menghasilkan yang anda inginkan. Cara yang paling membuat pekerjaan anda mudah adalah dengan menggunakan tool seperti hashtracking atau tweetbinder.
    linkedin merupakan sebuah platform yang sangat unik yaitu sosial media dimana penggunanya berkumpul menjadi satu dikarenakan satu profesi. dikarenakan keunikannya ini perusahaan akan lebih mudah untuk mencari calon karyawan yang sesuai dengan posisi yang dibutuhkan.
    facebook dikenal dengan keunikan fitur grup-nya. Pada fitur ini orang-orang yang mempunyai kesamaan minat saling berinteraksi dalam sebuah grup yang diciptakan untuk saling berbagi informasi yang mereka punyai satu sama lain. Perusahaan dapat mencari sekelompok orang di grup facebook tertentu yang mempunyai karakteristik yang dibutuhkan dengan melihat profil masing-masing anggota berdasarkan geografinya.
  3. Kembangkan strategi unik untuk setiap platform
    Anda mungkin akan mendapatkan inspirasi dari strategi rekrutmen Unilever di Afrika Utara dan Timur Tengah.
    Dengan membuat sebuah kompetisi yang dinamakan The Quest, perusahaan raksasa ini mendapatkan banyak aplikasi dari calon karyawan ideal mereka.
    Target pencarian kandidat mereka adalah mahasiswa jurusan bisnis yang berambisi. Selain dari jurusan para kandidat yang telah terpilih juga diuji untuk masing-masing tantangan berupa marketing, logistik dan keuangan.
    Proses dari awal pendaftaran peserta hingga penyaringan di posting oleh perusahaan raksasa ini di akun sosial media yang dimiliki (instagram dan facebook).
    Hasil dari kampanye The Quest ini di sosial media, membuat mereka tidak kekurangan kandidat yang berminat untuk bekerja di perusahaan Unilever.

Dengan menggunakan strategi rekrutmen lewat sosial media diatas (apalagi bisa mencontoh cara Unilever dalam mencari rekrutmen terbaik) maka baik perusahaan maupun karyawan setidaknya saling memahami antara satu sama lain.

Selain itu antara rekrutmen bisa menakar kemampuan diri sendiri dengan kompetitornya dan persaingan yang terjadi menjadi sebuah lecutan motivasi bagi mereka yang tersisih.

About these ads

Leave a Reply

%d bloggers like this: