teknologi

Menakjubkan! Ini Software Untuk Mengakses Internet

Anda sering mengakses informasi melalui gadget yang anda miliki tetapi tahukah anda software untuk mengakses internet?

Google menyebutkan jika pengguna internet di Indonesia mencapai 100 juta orang ^ . Hal ini disebutkan oleh Tony Keusgen, Managing Director Google Indonesia tahun lalu di acara Google for Indonesia. Pertumbuhan pengguna internet di Indonesia dikarenakan semakin banyak perangkat yang digunakan untuk mengakses informasi lewat internet. Dulu awal berkenalan dengan internet di tahun 2000-an saya mengakses informasi lewat internet dengan menggunakan komputer, sekarang saya lebih banyak menggunakan hape xiomi redmi 2 untuk mencari informasi ataupun referensi lewat internet.

Saya dulunya berpikir cukup dengan komputer dan modem maka saya bisa berselancar di dunia maya. Tetapi ternyata saya salah.

Hardware seperti modem dan komputer memang diperlukan tetapi tanpa perangkat lunak seperti bios, driver modem, operating system dan lain sebagainya tak mungkin kita bisa mengakses internet seperti sekarang ini.

Makanya saya coba mengumpulkan software untuk mengakses Internet dari berbagai sumber.

Setidaknya ada 8 software yang harus digunakan saat anda sedang mengakses internet yaitu BIOS, Operating System, Driver Jaringan, Web Browser (peramban), Situs Pencari, Email Client, Instant Messaging, dan Utility/Security. Karena saya bukan anak IT jadi jika ada penjelasan saya yang kurang mohon dimaafkan. Dan paling penting tolong diluruskan.

Ada tiga kata kunci yang akan saya coba elaborasi dalam tulisan software untuk mengakses internet. Kata kunci yang saya maksud adalah software, akses, dan internet.

Apakah anda tahu apa itu pengertian software?

Software adalah istilah khusus untuk data yang diformat dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya dan berbagai infomasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh komputer ^. Kata software diserap dalam kosa kata bahasa indonesia menjadi perangkat lunak. Perangkat Lunak ini dibuat dengan bahasa khusus yang dinamakan bahasa pemograman. Ada banyak bahasa pemograman yang dapat digunakan untuk membuat software. Beberapa bahasa pemograman yang biasa saya dengar dari rekan-rekan IT di kantor adalah Phyton, C++ dan lain sebagainya.

Pengertian Internet menurut wikipedia adalah jaringan komputer yang saling terhubung dengan menggunakan sistem global Transmission Control Panel / Internet Protocol (TCP/IP). TCP/IP sendiri merupakan protocol pertukaran paket (package switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Untuk lebih jelasnya tentang TCP/IP ini pembaca diharapkan bisa ke situs wikipedia untuk informasi lebih lanjut. Saya hanya bisa mengatakan TCP/IP itu sejumlah angka yang dipisahkan dengan titik yang menjadi alamat untuk saling menukar informasi antar komputer didalam jaringan publik.

Kalau penjelasan saya diatas keliru, sekali lagi saya minta di luruskan.

Terakhir …

Akses menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah sebuah kata kerja yang berarti jalan masuk.

Jadi pembahasan tentang software untuk mengakses internet berarti perangkat lunak yang digunakan untuk menjadi jalan masuk mendapatkan informasi melalui pertukaran data antar komputer.

Seperti yang saya sampaikan diatas ada 8 Software untuk mengakses internet adalah:

  1. Bios
  2. Operating System (Sistem Operasi)
  3. Driver Modem
  4. Web Browser
  5. Web Search Engine
  6. Email Client
  7. Instant Messaging Client
  8. Utility / Security

Basic Input Output System

Pada saat pertama kali menghidupkan komputer atau hape kita tentu melihat kalau ada perangkat lunak yang lebih dahulu beroperasi sebelum masuk ke operating system. Saya yang gaptek IT diajari kalau sistem yang berjalan sebelum OS tersebut bernama Bios.

Menurut wikipedia, Bios dapat melakukan inisialisasi (penyalaan) serta pengujian terhadap perangkat keras, memuat dan menjalankan sistem operasi, mengatur beberapa konfigurasi dasar dalam komputer, membantu sistem operasi dan aplikasi dalam proses pengaturan perangkat keras dengan menggunakan BIOS Runtime Service.

4 Operating System Populer Saat ini

Sistem operasi atau dalam bahasa inggrisnya Operating System yang populer atau banyak digunakan oleh orang ada 4 (empat): Windows, Linux, Android, dan Mac OS. Operating System menjadi software yang sangat penting dalam kegiatan akses internet. Jika tidak ada OS (singkatan Operating System) maka anda tidak bisa terkoneksi dengan beragam orang di Internet.

Berikut penjelasan ringkas tentang Operating System:

Sistem operasi adalah komponen perangkat lunak dasar yang berfungsi sebagai pengelola sumber daya hardware komputer dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak. Tanpa OS anda tidak bisa melakukan pekerjaan seperti menonton video hd, mendengarkan musik melalui mp3, membuat file dengan words/excell/power point. Tanpa ada OS anda hanya bisa menjalankan program booting.

TIPS: Karena itu jika ada komputer atau laptop yang harganya jauh dibandingkan dengan harga pasar, coba cek apakah komputer / laptop tersebut sudah include dengan OS?

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang pentingnya Operating System atau Sistem Operasi ini anda dapat memulai dari situs wikipedia.

8 Software Web Browser Yang Banyak Digunakan

Penjelajah web atau dalam bahasa inggrisnya disebut web browser yaitu sebuah perangkat lunak yang dapat memberikan anda akses ke internet. Software ini digunakan untuk retrieving, presenting, dan traversing sumber daya informasi di world wide web. Sebuah sumber daya informasi dikenal melalui URI/URL yang dapat berupa laman web, gambar, video, atau konten lainnya.

Software browser yang sangat populer dan banyak digunakan adalah:

  1. Mozila Firefox
  2. Google Chrome
  3. Dolphin
  4. Opera
  5. UC
  6. CM
  7. Internet Explorer
  8. DU Browser

34 Software Web Search Engine Yang Masih Aktif

Search Engine atau Mesin Pencari merupakan software yang banyak digunakan oleh netizen pada saat mereka mencari sebuah informasi yang terdapat di dalam jaringan komputer. Saat ini paling tidak adalah empat search engine yang digunakan oleh netizen di seluruh dunia: Google, Bing, Yahoo!, atau Ask.

Ke-34 software search engine tersebut adalah sebagai berikut:

  1. web crawler
  2. lycos
  3. daum
  4. magellan
  5. excite
  6. SAPO
  7. yahoo!
  8. dogpile
  9. hotbot
  10. ask
  11. yandex
  12. google
  13. bing
  14. lxquick
  15. yellowee.com
  16. naver
  17. baidu
  18. exalead
  19. giga blast
  20. info.com
  21. sogou
  22. aol search
  23. good search
  24. soso
  25. search.com
  26. chacha
  27. live search
  28. blackel.com
  29. duckduckgo
  30. scout (Goby)
  31. nate
  32. YaCy
  33. halalgoogling
  34. Egerin

Selain web search engine, software untuk mengakses internet lainnya adalah Email Client.

Email Client: 2 Provider Favorit Orang Indonesia

Email client atau email merupakan sarana pertama, setahu saya, yang digunakan agar orang bisa aksea Internet. Email atau electonic mail pada dasarnya adalah software yang menghubungkan antar individu yang berlainan tempat tinggal untuk saling bertukar kabar. Dengan adanya email fungsi kantor pos menjadi sedikit berkurang.
Mungkin anda tidak pernah melakukan kegiatan surat menyurat lewat kertas dan amplop sekarang ini. Ini adalah efek dari kepemilikan media surat menyurat melalui media internet.
Padahal saya mengenal internet melalui kantor pos. Dulu saat pertama kali mengenal Internet dan email justru kantor pos yang mengenalkan. Bahkan kantor pos memberikan akses internet gratis bagi pelajar yang ingin mengenal teknologi informasi yang baru ini.
Hampir setiap orang mempunyai sahabat pena yaitu individu-individu yang saling berbagi informasi dan bertukar kabar melalui surat dan perantaraan pak pos.
Sekarang email banyak kegunaannya selain menjadi alternatif surat menyurat.
Dua software email client yang populer saat ini adalan yahoo dan gmail. Dulu saat saya mengenal internet saya menggunakan yahoo.com.
Sekarang saya menggunakan gmail sebagai tambahan karena dengan saru akun gmail saya bisa menggunakan produk-produk google yang lain.
Sekarang email tidak hanya berguna untuk surat menyurat tapi juga sebagai alat untuk mendaftar di sebuah situs. Apakah itu situs sosial atau situs blogging. Email juga digunakan untuk konfirmasi transaksi yamg dilakukan secara elektronik.
Terkait dengan fungsi email sebagai alat bertukar kabar, pada periode selanjutnya fungsi ini beralih pada software baru yang dinamakan instant messager.

Instant Messaging Client

Instant messaging client merupakan aplikasi yang paling banyak digunakan saat ini untuk terkoneksi dengan orang lain di berbagai belahan dunia melalui jaringan internet. Bahkan saat ini dengan banyaknya orang menggunakan smartphone dengan operating system android, iOS, atau windows phone perangkat lunak yang digunakan pun semakin beragam.

IM atau internet messaging software yang paling sering saya temui di smartphone yang digunakan saat ini adalah sebagai berikut:

  • Blackberry Messager atau BBM
  • Hangout (dulu bernama Google Talk)
  • Whatsapp
  • Skype
  • Google Duo
  • dan lain sebagainya

Cukup banyak aplikasi yang dapat digunakan sekarang ini. Saya tidak bisa menyebut perangkat lunak mana saja. Bahkan seiring dengan perkembangan zaman sekarang Internet Messaging bisa dilakukan secara real time, seperti pada aplikasi Bigolive. Atau anda bisa karaokean bersama teman atau orang yang sama sekali baru anda kenal dengan aplikasi yang bernama Smule.

Dua aplikasi yang saya sebutkan terakhir bahkan menimbulkan kontroversi yang tak berkesedahan. Masalahnya dimulai oleh pengguna. Baik Smule maupun Bigolive digunakan oleh orang-orang yang mengejar materi dengan mengadakan acara yang merusak moral penontonnya. Begitulah karakter teknologi. Ibarat pisau bermata dua.

Utility/Security

Perangkat lunak yang digunakan untuk menjelajahi internet lainnya adalah security (keamanan). Software ini menjadi penting karena orang tidak lagi ragu untuk memberikan informasi pribadi untuk diketahui orang banyak. Meskipun terlihat aman, tetapi setiap aplikasi atau software dibuat oleh manusia dan manusia lainnya berusaha untuk mengambil manfaat dari celah kesalahan dari yang membuat software.

Oleh karena itu diperlukan security atau keamanan berupa anti virus, internet security, anti malware, anti phising dan lain-lain. Dengan aplikasi seperti smadAV, clamAV, atau mc affee resiko akan pembobolan informasi penting anda melalui internet bisa di kurangi. Umumnya software keamanan yang saya sebutkan tadi dapat diunduh dan digunakan secara gratis untuk beberapa waktu tetapi setelah masa percobaan habis, pengguna harus melakukan pembelian lisensi untuk layanan keamanan yang diberikan.

Akhir Kata

Internet merupakan penemuan yang paling bermanfaat bagi saya. (entah bagi anda karena siapa tahu anda tidak sependapat dengan saya). Banyak orang hanya bisa menggunakan internet tanpa tahu resiko yang ia hadapi. Semoga artikel sederhana tentang software yang digunakan untuk mengakses internet ini bisa membantu anda. Minimal membuka wawasan anda bahwa teknologi harus digunakan secara arif bijaksana.

Sumber Referensi:

  1. portal tempo
  2. Wikipedia
Advertisements

2 comments

  1. mase teguh

    komplit banget mas,..tapi klo boleh tahu,..software “MEMEX” (pake ‘x’ lho) masuk kategori yg mana ya mas? ….

  2. kandra

    mase teguh,

    komennya bikin deg-deg ser. ternyata ada software yang namanya memex. saya baru tahu juga. thanks buat inspirasinya mas.

    saya ke tkp dulu buat nyari tau software bernama aneh ini masuk ke kategori apa.

Leave a Reply