Aplikasi Skype Untuk Memperlancar Berbicara Dalam Bahasa Inggris

Mungkin anda telah membaca postingan saya mengenai bagaimana cara pintar bicara bahasa Inggris sebelumnya pada tulisan kali ini saya ingin menambahkan satu tips lagi untuk mengasah kemampuan berbicara anda. Seperti yang telah saya sebutkan dalam posting saya tersebut salah satu cara paling efektif untuk belajar bahasa inggris adalah dengan mempraktekkannya. Jika anda berfokus untuk kemampuan bicara secara lisan maka latihan yang bisa anda gunakan adalah dengan selalu berbicara dengan bahasa inggris.

Kendala yang dihadapi dalam belajar bahasa Inggris dalam masyarakat kita adalah tidak dihargainya usaha untuk belajar tersebut. Cemoohan dalam segala bentuk akan anda terima untuk itu akankah lebih baik jika anda berlatih berbicara dalam bahasa inggris dengan orang yang menjadikan bahasa inggris sebagai bahasa ibu atau native speaker.
skype

Saya cukup beruntung dapat langsung belajar berbicara dengan lisan dan belajar bicara dengan tulisan langsung dengan native speaker. Kampus saya ketika kuliah merupakan salah satu kampus yang diberikan bantuan dari pemerintah Amerika Serikat.

Bantuan untuk dosen pengajar di kampus saya adalah mendapat beasiswa Fullbright di salah satu kampus ternama di Amerika Serikat, bentuk bantuan yang lain adalah pertukaran dosen. Maksudnya pihak Amerika Serikat mendatangkan dosen-dosen dari Universitas yang ditunjuk untuk langsung mengajar pada mahasiswa jurusan bahasa dan sastra inggris.

Miss Brown dan Mister Kelly adalah para pengajar saya di waktu kuliah, anda dapat menemukan mereka dalam kontak pertemanan saya di situs facebook.

Cara Belajar Listening Skill Bahasa Inggris

Nah karena tidak semua orang seberuntung saya makanya ketika saya mendapat pertanyaan mengenai “cara” saya menginginkan teman-teman untuk dapat langsung mengaplikasikannya. Ketika saya berselancar ke situs forum kaskus.co.id pada sub-forum English Talk saya menemukan postingan berlatih bahasa Inggris dengan menggunakan teknologi Voice over Internet Protocol atau VoIP.

Pernahkah anda mendengar atau membaca tentang teknologi ini? Singkatnya teknologi ini akan mengantarkan suara melalui jaringan internet. Salah satu situs / aplikasi yang menggunakan teknologi ini adalah Skype. Situs skype dan aplikasinya cukup terkenal beberapa tahun yang lalu seiring diperkenalkannya teknologi VoIP.

Anda bisa menelpon secara gratis dengan siapa saja, dimana saja, kapan saja selama anda dan teman anda memakai aplikasi ini. Dulu saya mendengar salah satu kekurangan dari teknologi ini adalah terlalu tergantung pada kecepatan internet dan kita semua tahu bahwa kecepatan internet di Indonesia tidak sebesar kecepatan internet di luar negeri.

Alhasil suara yang anda terima melalui VoIP akan terputus-putus. Saat ini mungkin keadaan telah berubah karena banyak Internet Service Provider yang telah berani memajang simbol skype pada jualannya, artinya ISP tersebut berani menjamin bahwa kebutuhan anda untuk berinteraksi melalui Skype tidak akan mengecewakan.

Berikut beberapa tips untuk mengelola cara belajar bicara bahasa inggris anda dengan menggunakan aplikasi Skype:

  1. Jika anda menggunakan skype maka sebaiknya anda mempersiapkan waktu dan uang untuk berbicara dengan teman anda di luar negeri sana, apalagi jika anda menggunakan jasa warung internet. Sangatlah tidak enak ketika anda sedang hot-hot -nya berbicara billing warnet ternyata membengkak dan membuat anda harus meninggalkan jaminan kepada pengelola warnet.
  2. Satu lagi yang harus diperhatikan jika anda bermain di warung internet adalah kondisi warnet. Bisnis warnet saat ini sangat bergantung pada game online dan banyak pengunjung warnet yang begitu mendalami permainan yang ia mainkan. Tidak heran selain teriakan, kata-kata kotor pun keluar dari mulut mereka. Untuk itu anda harus bisa mengantisipasi dengan memilih warung jasa internet yang lebih nyaman.
  3. Anda juga harus memperhitungkan juga perbedaan waktu antara Indonesia dan daerah teman anda tersebut. Tidak lucu jika anda berbicara dengan teman namun karena perbedaan waktu teman anda mungkin akan merasa terganggu dengan anda.

Semoga tips yang saya sampaikan berguna untuk teman-teman dan mendapat hasil yang memuaskan yaitu memperlancar berbicara bahasa Inggris dan juga mendapat teman (atau malah jodoh) dari luar negeri.

Advertisements

4 thoughts on “Aplikasi Skype Untuk Memperlancar Berbicara Dalam Bahasa Inggris”

  1. Ping-balik: 7 Tips Belajar Bahasa Inggris | PencariCerah
  2. Ping-balik: Peluang kerja sastra inggris, wajib baca!! | PencariCerah

Tinggalkan Balasan