Sering Gonta-Ganti Template Blog? Hati-Hati Kode Analytics Anda bisa Hilang

Saya termasuk blogger yang tidak sabaran. Kenapa begitu? Alasannya adalah iri hati melihat blogger-blogger IAPD yang telah mendapatkan penghasilan dari iklan adsense. Saya selalu bertanya-tanya kok mereka sepertinya mudah banget mendapatkan penghasilan per bulan dari adsense sedangkan saya masih berdarah-darah untuk mendapatkan trafik per hari 100 visitor.

Di salah satu artikel blogger yang nampilin screen shoot pin google saya membaca jika template blog mempunyai pengaruh pada tingkat kunjungan selain dari strategi seo yang dipersiapkan. Makanya saya sering gonta-ganti template blog kandrawilko. Sayang ada hal yang tidak saya sadari dan mempunyai akibat yang lebih parah. Yaitu kehilangan data statistik di dashboard google analytics.

Pernahkah anda mengalami situasi dimana kode tracking google Analytic tiba-tiba menghilang? Kalau anda sering gonta-ganti template dan menyematkan kode pelacakan google analytics saran saya coba cek data statistik blog anda dua hari setelah template diganti. Siapa tahu anda mendapatkan kasus seperti yang saya alami di blog pencari cerah.

Saya mengetahui kode tracking google analytic hilang ketika login ke google analytic hari minggu lalu. Kegiatan untuk ceking performa blog ini saya rutinkan agar saya bisa memperbaiki beberapa postingan agar pengunjung makin besar dan penghasilan pun begitu.

Salah satu data yang paling sering saya cek adalah laporan kueri pencarian berdasarkan keyword. Saya kaget karena semenjak tanggal 12 November 2015 data di pencarian berdasarkan keyword tidak lagi tersedia.

Saya berpikir karena google melakukan enkripsi data kueri berdasarkan keyword menjadi tidak tersedia sampai saya melihat detail di tanggal pengumpulan data. Sebelum tanggal 12 November data kueri keywords selalu terkumpul dan setelah tanggal tersebut data tidak terkumpul.

Saya coba cek di blogger pada menu other yang terdapat kode tracking analytic. Kode tersebut ada

Selanjutnya saya coba cek di template blogger dan saya pun menemukan kode tracking google analytic hilang.

What the hell!!

Seingat saya dalam beberapa minggu terakhir saya tidak mengganggu template blog selain dari mengganti kode iklan adsense dengan kode iklan dfp for small business. tapi saya yakin tidak mengutak-atik kode java google analytics.

Di data analytic mobile yang saya install dari google playstore, saya sering mendapatkan referer dari alibestsell.com. Bahkan ketika saya mencari laporan berdasarkan laman/page ada halaman yang merujuk pada sebuah situs bernama Alibestsale.
Saya yakin saya tidak pernah membuat postingan dengan judul atau permalink alibestsale.

Ketika sampai dirumah saya googling alibestsale dan saya mendapatkan informasi alibestsale adalah sebuah spam yang digunakan untuk menjual barang afiliasi.

Walaupun kesel saya juga salut karena teknik spam yang dilakukan cukup canggih.

Biasanya kita mengenal aksi spamming melalui email, tapi sekarang aksi spamming yang dilakukan oleh situs alibestsale dilakukan dengan sangat halus hingga seorang menjadi tidak sadar bahwa url tersebut adalah spam.

situs alibestsale ini tidak hanya saya temukan di data google analytics akan tetapi juga saya temukan di dashboard blog.

Saya mendapatkannya di traffic source > refering site.

Alibestsale adalah salah satu situs spam yang terdapat di referer sites dashboard blog dan google analytic saya. Ada beberapa url lain yang juga terindikasi spam yang nyantol sebagai referer site di dashboard.

Sebuah artikel menginformasikan bahwa situs alibestsale ini melakukan hacking pada kode javascript google analytic yang terdapat di blog dengan teknik injek javascript. Dan sebagai akibat dari teknik ini, menurut saya, kode tracking google analytic yang terdapat di blog sengaja dihilangkan.

Kasus ini, kode tracking google analytic hilang, membuat saya menjadi ragu dengan keamanan blogger sebagai penyedia layanan hosting. Karena selama ini saya yakin kalau blogger aman dari aksi hacking/cracking.

Sekarang saya telah menyematkan kembali kode google analytics di blog. Tindakan selanjutnya adalah mempertanyakan cara memperkuat keamanan blog agar terhindar dari tindakan serupa di forum google. Semoga saja google memberikan jawaban yang memuaskan.

Advertisements

Tinggalkan Balasan