Rekomendasi Sepatu Safety Terbaik Sesuai Potensi Bahaya

Iklan

BLS Amerika Serikat mencatat bahwa angka kecelakaan kaki yang dialami oleh para pekerja di industri berat masih tergolong cukup tinggi. Tercatat bahwa hampir sekitar 40 orang pekerja di industri pernah mengalami kecelakaan pada bagian jari kaki dan kakinya. Banyak hal yang bisa menjadi penyebab tingginya angka kecelakaan pekerja pada bagian kaki, salah satunya karena tidak dapat menggunakan sepatu safety terbaik.

Banyak pekerja ataupun pengusaha yang belum memahami jenis sepatu safety terbaik yang seharusnya digunakan oleh pekerja. Padahal, tidak semua sepatu safety ternyata cocok untuk digunakan pekerja di semua jenis industri. Beberapa kriteria harus terdapat pada sepatu safety khusus untuk pekerja di bidang tertentu sementara bidang lainnya tidak.

Sepatu safety Jogger Dakkar, Stylish and Secure yang dijual di Bhineka.com

Rekomendasi Sepatu Safety Terbaik Sesuai Dengan Potensi Bahaya

Berbagai jenis potensi bahaya menghantui para pekerja di industri. Untuk meningkatkan keselamatan para pekerja, pengusaha harus memastikan bahwa sepatu safety yang dipilih telah memenuhi standar EN ISO 20345. EN ISO 20345 merupakan standar keamanan dan keselamatan pekerja yang berlaku internasional termasuk di dalamnya adalah kriteria sepatu safety.

1. Potensi Bahaya Permukaan Lantai Licin

Permukaan lantai yang licin sangat berisiko mengakibatkan pekerja terpeleset dan terjatuh. Akibatnya terkadang bisa lebih buruk daripada ini terutama apabila pekerja sedang memegang benda berat atau menyenggol benda di sekitarnya. Untuk itu sepatu safety bagi pekerja di tempat ini harus memiliki fitur berupa sol luar yang anti slip.

2. Potensi Bahaya Jatuhan Benda Berat

Untuk menghindari risiko pekerja terkena jatuhan benda yang berat di tempat kerja, pekerja harus mengenakan sepatu safety dengan tambahan fitur berupa toe protection atau pelindung pada jari kaki. Fitur pelindung pada jari kaki ini harus menggunakan material komposit ataupun baja. Sepatu safety umumnya dapat menahan jatuhan beban berat hingga mencapai 34 kg dari jarak ketinggian 2,7 meter.

3. Potensi Bahaya Kejatuhan Benda Tajam

Lain halnya dengan benda berat, pekerja juga sangat berisiko terkena jatuhan benda yang tajam. Untuk menghindari risiko kejatuhan benda yang tajam, pekerja disarankan mengenakan sepatu safety dengan tambahan fitur proteksi berupa mid-sole dengan bahan komposit atau baja.

4. Potensi Bahaya Kontak dengan Bahan Kimia

Bahan kimia berbahaya tidak boleh kontak dengan bagian tubuh apapun, termasuk kaki. Oleh karena itu para pekerja diharuskan mengenakan sepatu safety dengan tambahan fitur sol yang tahan terhadap bahan kimia berbahaya seperti acid dan alkalis. Pastikan sepatu safety yang digunakan tahan terhadap cipratan bahan kimia.

5. Potensi Bahaya Biohazard

Sepatu safety juga harus mudah dibersihkan dari kotoran yang melekat padanya. Untuk itu pilihlah sepatu safety yang mudah dicuci dengan mesin.

6. Untuk Kenyamanan

Seringkali pekerja di industri harus berdiri dalam durasi waktu yang sangat lama selama bekerja. Penggunaan sepatu yang tidak nyaman akan membuat tumit dan kaki menjadi pegal. Untuk itu sepatu safety yang digunakan harus memiliki sol bagian luar yang nyaman. Selain itu, sepatu safety ini juga harus dilengkapi oleh peredam kejut yang memadai pada bagian tumit.

Simbol Fitur yang Ada Pada Safety Shoes

Safety shoes sangat beragam dan dilengkapi oleh berbagai jenis fitur. Setiap sepatu safety ini akan digolongkan dalam beberapa kelas seperti berikut:

1. Kelas SB

Kelas ini memiliki fitur berupa toe protection atau pelindung pada jari kaki. Toe protection ini mampu menahan hentakan dasar hingga sekurang-kurangnya 200 Joule. Sepatu safety ini juga memiliki sol di bagian luar yang tahan terhadap minyak.

2. Kelas S1

Sepatu sama dengan kelas SB namun memiliki tambahan fitur toe protection yang melindungi keseluruhan atau closed seat region. Tambahan sifat anti statis dan juga serapan energi di bagian tumit.

3. Kelas S1P

Sifat sepatu hampir sama dengan kelas S1 dengan tambahan berupa perlindungan terhadap penetrasi benda yang tajam di bagian mid-sole.

Bhinneka.com: Tempat Terbaik Memenuhi Kebutuhan Keselamatan Anda Dalam Bekerja

Bhinneka.com merupakan toko online yang menyediakan berbagai jenis barang kebutuhan masyarakat. Dari mulai kebutuhan pribadi rumah tangga, kebutuhan kantor hingga kebutuhan professional tersedia di sini. Anda bisa mendapatkan sepatu safety terbaik dari berbagai merk dengan harga yang kompetitif di Bhinneka.com.

Advertisements
Iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *