Selamat Ujian SBMPTN

Tanggal 10 dan 11 Juni 2015 nanti eks kelas 12 atau kelas tiga sma akan melaksanakan ujian seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri yang diadakan secara nasional. Kepada mereka yang sedang meniti jalan untuk masuk perguruan tinggi www.pencaricerah.com mengucapkan selamat menempuh ujian SBMPTN. Jangan lupa bahwa ujian yang dilaksanakan itu menyangkut masa depan anda sendiri. Saya tidak bermaksud untuk menambah beban saya hanya ingin meringankan beban psikologis tersebut.

Pertama perbanyaklah mengingat Tuhan. Yang muslim perbanyak zikir atau membaca al quran dan merenungkan artinya. Lakukan hal ini setelah mengulang pelajaran dan membahas soal. Semoga apa yang direview dapat diingat dan dimudahkan dalam menjawab soal.

Kedua, cobalah lebih santai. Mungkin beberapa orang akan terlalu santai dalam menghadapi ujian tapi ingat dan ingatkan teman yang lain. Kuliah adalah tangga menuju karir yang cemerlang, namun jika Tuhan berkehendak anda tidak lulus diujian kali ini pasti ada ganti yang lebih baik. Saya akui saya juga masih dalam tahap mempelajari untuk menerima keputusan Tuhan terhadap karir saya saat ini, dan saya akui lebih mudah untuk mengatakannya daripada melakukan. Semoga dengan saling mengingatkan untuk menerima takdir yang ditetapkan Tuhan kepada makhluknya yang telah berusaha kita akan menjadi makhluk yang lebih baik.

Ketiga, cek dan ricek. Terkadang orang yang sedang dihinggapi rasa cemas akan melupakan hal-hal kecil. Saya jadi ingat ada teman yang ketika ujian SPMB (waktu itu namanya SPMB) lupa membawa kartu ujian. Untungnya dengan kartu identitas ia bisa melaksanakan ujian. Saya sendiri selalu diingatkan oleh orang tua. Sebelum ujian saya diingatkan hal-hal kecil seperti kartu ujian, pensil, tatakan jawaban, bahkan bolpoin. Saya bersyukur karena “bawel”-nya orang tua membuat saya lebih tenang dalam melaksanakan ujian karena tidak terpengaruh oleh hal-hal kecil.

Dari situs bisnis.com saya mendapatkan kabar kalau daya tampung perguruan tinggi dibanding dengan peserta SBMPTN sangat jauh selisihnya. Daya tampung perguruan tinggi hanya 99.223 calon mahasiswa sedangkan peserta yang tercatat mengikuti ujian kali ini sebanyak 693.185 peserta. Tentu kompetisi akan semakin meningkat apalagi jika peserta membidik perguruan tinggi favorit seperti Universitas Indonesia, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Pajajaran, Institut Teknologi Bandung, Institut Pertanian Bogor, atau Universitas Andalas, Universitas Negeri Padang (hehehe..masukin almamater lah dikit). Buatlah rencana B jika rencana A, yaitu lulus SBMPTN, ternyata tidak terlaksana. Masih ada Universitas swasta nasional yang akan menampung atau anda bisa bekerja dulu sembari mengikuti bimbel yang diadakan dalam satu tahun (menunggu jadwal ujian nasional berikutnya).

Terakhir sekali lagi saya ucapkan selamat menempuh ujian SBMPTN, dan semoga rekan-rekan eks kelas 12 bisa mendapatkan jurusan yang diinginkan dan meniti karir yang diimpikan.

About these ads

1 Comment

  1. […] Ujian saringan yang waktu itu bernama Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru atau SPMB. Entah apa nama ujian saringan untuk masuk universitas saat ini karena sebelum disebut SPMB ujian saringan untuk masuk universitas ini disebut SIPENMARU, […]

Leave a Reply