About these ads

Selamat Hari Ayah, Ayah

Hari Ayah. Saya tidak tahu kapan peringatan hari ayah ini dimulai. Biasanya Hari Ibu yang diperingati. Bahkan Google pun memberikan apresiasi kepada ayah dengan mengeluarkan google doodle terkait hari ayah.

Hari Ayah

Seorang anak laki-laki cepat atau lambat akan menjadi seorang ayah.

Ayah saya alhamdulillah sampai saat ini masih sehat dan masih kuat beraktivitas. Walaupun dalam hati saya menginginkan agar beliau menikmati saja masa tuanya di Sumatera Barat sana.

Walaupun di masa lalu kami pernah bertengkar tapi Ayah saya adalah manusia yang terbaik yang mendidik saya hingga saat ini. Ia terkadang keras, ia terkadang terlalu sibuk dengan pekerjaannya tapi ia tetap memperhatikan perkembangan saya dan adik-adik.

Ada sebuah masa ketika beliau dipaksa untuk turun tahta sebagai tulang punggung dan kepala keluarga. Dan masa-masa itu adalah masa tersulit bagi saya dan keluarga. Saya merasakan kesedihannya karena melihat kami menggantikan perannya dalam keluarga. Ketidakberdayaannya membuat ia kemudian bangkit dalam keterpurukan, dan ia tidak pernah menyerah sekalipun banyak halangan yang ia hadapi.

Ayah berasal dari sebuah desa di pinggiran Sumatera Barat sana. Ia jarang pulang menengok keluarganya disana. Sekalinya ia pulang saya dan adik-adik dibawa serta. Perjalanannya ke kampung ayah di pelosok Sumatera itu kini menjadi kenangan indah bagi saya dan adik-adik. Walaupun kami tidak sabaran dikarenakan jarak yang sangat jauh dari tempat domisili tapi ayah selalu mempunyai bahan untuk membuat perjalanan panjang menjadi menyenangkan. Mulai dari menghitung berapa jumlah jembatan dari awal perjalanan hingga di kampung, hingga bermain di tepi pantai yang bersih.

Ayah hanya tamatan STM di Bukittinggi. Dengan kerja keras dan pengalaman ia bisa membuat perusahaan sendiri dan menyekolahkan kami anak-anaknya hingga perguruan tinggi. Tekadnya anak-anak harus lebih baik dari dirinya sendiri. Pernah ia mencoba untuk kuliah lagi di usianya yang menjelang senja tapi karena anak-anaknya lebih membutuhkan ia rela berhenti kuliah dan fokus agar kami, anak-anaknya, dapat menyelesaikan sarjana.

Cita-citanya tercapai akhir tahun lalu. Adik bungsu saya lulus kuliah dengan membawa predikat 10 besar mahasiswa terbaik di kampusnya. Senyumnya merekah, senyum bangga akan keempat anak-anaknya yang menyelesaikan cita-cita yang ia tanamkan ketika kami lahir ke dunia.

Ayah, aku mohon maaf karena kelemahanku sebagai seorang anak yang kadang merasa lebih atas dirimu. Maaf atas kerepotan yang aku timbulkan hingga umurku 30 tahun ini. Sebentar lagi aku akan berada pada posisimu dan kau pun dengan sabar berpesan jika walaupun seorang anak telah menjadi kepala keluarga, anak tetaplah anak yang orang tua tetap mempunyai tanggung jawab atasnya.

Selamat Hari Ayah, Ayah.. Doakan aku agar bisa menjadi kepala keluarga yang dapat membuatmu bangga.

About these ads

Leave a Reply

%d bloggers like this: