About these ads

Sejarah Superman dari Sumbernya Langsung

Sejarah superman dipenuhi berbagai macam intrik dan drama sebagaimana didalam komik. Konflik yang paling mengejutkan dan sangat besar dampaknya bagi para fans adalah tuntutan dari pengarang dan ilustrator Superman ke penerbitnya DC Comics.

sejarah superman dari masa ke masa
via google

Saya mempunyai pertanyaan untuk penggemar Superman saat ini, apakah andamengenal Bapak-nya Superman? Atau fans die hard superman melupakan sang Bapak karena terkesima dengan sang Anak?

Sejarah superman menarik untuk saya angkat di tulisan kali ini. Proses penciptaan sebuah karya sastra (komik bisa disebut karya sastra ndak ya?) yang fenomenal seperti Superman bagi saya menarik untuk digali.

Pertama untuk sejarahnya yang fenomenal yang membuat dua pengarang akhirnya clash dengan penerbit, kedua budaya yang dipengaruhi oleh kisah-kisah superman baik dari komik maupun film.

Saya mengenal tokoh superman di usia 7 atau 8 tahun melalui film Superman yang diaktori oleh Christopher Reeve. Saya menonton film tersebut ketika kaset video player masih seperti sebuah kaset tape namun berukuran jauh lebih besar.

Saya tidak mengenal tokoh superman lewat komik karena baru setelah adanya internet saya mendapatkan komik-komik superman (caranya dengan google hacking, baca aja tulisan saya tentang google hacking). Komik yang saya dapatkan dari internet pun tidak hanya kisah superman saja tapi kisah superman dengan teman-teman superheroes dc yang lain.

Banyak orang yang mengenal tokoh fiksi karya Joe Schuster dan Jerry Siegel, Superman yang diterbitkan oleh DC Comics tapi jarang yang membahas tentang pengarangnya. Superman diciptakan oleh dua sahabat Joe Schuster dan Jerry Siegel.

Keduanya membagi tugas Joe Schuster membuat ilustrasi dan Jerry Siegel menulis jalan cerita.

Sejarah superman di awal kemunculannya tidak seperti karakter yang kita kenal saat ini. Superman pada awalnya adalah seorang manusia super yang berkarakter sebagai penjahat dengan kostum yang sangat biasa yaitu t-shirt dan celana pendek.

Tokoh superman sebagai karakter penjahat ini dapat dilihat pada The Reign of Superman. Karakter Lex Luthor, yang jadi musuh bebuyutan superman sekarang, adalah karakter superman diawal pencetusannya. Sayang kisah ini tidak sukses di pasaran.

Dengan bekal The Reign of Superman, Jerry Siegel kemudian membuat kisah superman dengan karakter yang sama sekali berbeda. Superman versi baru Jerry Siegel merupakah seorang pahlawan yang tidak hanya mempunyai kekuatan fisik di atas rata-rata manusia tetapi juga mempunyai moralitas yang tinggi.

Saking tingginya moral superman kadang membuat rekan-rekannya menjadi geregetan, seperti pisah jalannya Wonder Woman dan Superman dalam menghadapi krisis di dalam komik berjudul Kingdom Come.

Balik ke sejarah superman dari sumbernya. Joe Schuster awalnya menggambar Superman tanpa kostum yang kita kenali saat ini. Pada saat Jerry Siegelmemberikan ide tentang pahlawan super, Superman digambarkan sebagai pemuda biasa yang memakai t-shirt dan celana pendek.

Karakter yang sangat jauh dari seorang tokoh super yang menggunakan celana dalam diluar dan juga mempunyai simbol S di dada.

Komik Superman pertama kali muncul di bulan Juni 1938 di acara Action Comic #1. Sebelum menjadi sebuah komik, kisah Superman yang dibuat oleh Jerry Siegel dan Joe Schuster dibuat menjadi komik strip untuk sebuah surat kabar. Perubahan dari komik strip menjadi sebuah komik utuh terjadi pada saat Jerry memberikan jalan cerita superman yang telah selesai kepada Joe untuk dibuatkan gambarnya.

Karakter superman tidak jauh beda dari karakter penciptanya, Jerry Siegel dan Joe Schuster. Satu sisi Clark Kent (alter ego dari Superman) adalah seorang reporter kaku yang tidak populer sedangkan di sisi lain, Superman sang pahlawan yang diidolai oleh banyak orang.

https://web.archieve.org/web/20030804000012/http://superman.ws/seventy/interview/

About these ads

Leave a Reply

%d bloggers like this: