SEO

Search Engine Optimation Indonesia: Menemukan Samudera Biru Untuk Blog Berbahasa Indonesia

Saya ingin merekomendasikan sebuah buku yang berjudul Strategi Samudera Biru karangan W. Chan Kim dan Renee Mauborgne. Buku ini berisi tentang strategi pemasaran dan bagaimana sebuah perusahaan menghindari kompetisi di tengah persaingan usaha yang semakin brutal.

Saya mencoba untuk mengaitkan isi buku ini dengan aktivitas saya di dunia blogging dan bisnis online. Saya kira semua blogger yang sedang memonetisasi blognya patut membaca buku Strategi Samudera Biru ini.

Menurut John Chow dalam ebooknya Ultimate Profit Online, blogger yang tidak serius dalam mengelola blognya akan menghasilkan kegagalan dalam memonetisasi blog tersebut. Oleh karena itu blog harus dianggap sebagai perusahaan anda yang sedang bersaing di mesin pencari untuk mendapatkan pelanggan. Bagaimana mendapatkan samudera biru anda sendiri? Ini yang akan saya bahas.

Samudera Merah vs Samudera Biru: Persaingan Kata Kunci di Mesin Pencari

Dunia usaha dalam buku ini digambarkan dalam dua samudera, dunia usaha yang penuh kompetisi berwarna merah dan dunia usaha yang belum tersentuh kompetisi pasar yang berwarna biru. Samudera merah adalah kompetisi dimana perusahaan saling bersaing untuk mendapatkan pelanggan, keuntungan, dan reputasi.

Persaingan ini membuat perusahaan besar makin besar dan perusahaan kecil tetap berjalan ditempatnya. Akibat kompetisi ini konsumen dijejali dengan berbagai tawaran dan layanan tambahan bagi perusahaan, kompetisi yang terjadi membuat keuntungan turun dan biaya operasional membengkak.

Berbeda dengan kondisi Samudera Merah yang penuh kompetisi, di Samudera Biru kompetisi dapat dihindari dan keuntungan dapat diraih.

Blogging dan bisnis online juga begitu.

Kompetisi di dunia blogging dan bisnis online adalah mendapatkan pelanggan potensial untuk produk yang telah dibuat. Entah itu berupa artikel, download produk gratis, meningkatkan penjual sebuah barang atau meningkatkan penghasilan melalui penempatan iklan di blog.

Sewaktu saya memulai perjalanan untuk terjun di dunia blogging dan bisnis online saya mencoba untuk meniru, memodifikasi dari blog-blog yang telah sukses dalam bisnis online. Tulisan saya menjadi sama dengan blog-blog mentor saya dan kemudian hari saya merasa ada yang salah dari strategi blogging saya.

Kata kunci yang saya bidik saya tiru dari blog-blog mentor padahal persaingan untuk kata kunci yang digunakan oleh mentor saya tersebut sudah terlalu banyak. (Saya menemukan kata kunci yang berhasil menarik pengunjung bertahun-tahun kemudian)

Saya memilih untuk memulai bisnis online dengan menjadi publisher adsense. Dalam model bisnis online ini yang paling menentukan adalah jumlah pengunjung dari mesin pencari yang datang ke blog yang kita miliki. Nilai iklan yang akan menjadi penghasilan publisher jauh lebih besar jika pengunjung berasal dari mesin pencari.

Oleh karena itu saya mempelajari teknik-teknik seo dengan harapan blog saya menjadi pemenang dalam SERP (Search Engine Result Page) untuk kata kunci yang saya pilih.

Persaingan di mesin pencari ini tidak mudah. Meski beberapa internet marketer mengatakan kalau blogging dan bisnis online itu tidak sesulit membuat roket. Dengan pengalaman lebih dari 8 tahun di dunia blogging saya menyadari bahwa ilmu bisnis online melalui blog itu terlalu banyak parameter. Tinggal bloggernya sendiri ingin mempermudah atau menyulitkan dirinya sendiri.

Apa yang saya maksud menyulitkan diri sendiri?

  1. Anda menetapkan kata kunci yang sebenarnya tidak bidang anda. 
  2. Anda menghasilkan konten yang tidak dibutuhkan oleh pengunjung.
  3. Anda akan merasa tertekan untuk mengetahui apa yang salah dalam blog anda.
  4. Anda akan mengeluarkan biaya operasional yang besar untuk menggunakan layanan seo maupun tool seo 
  5. Anda akan kebingungan sendiri dan kemungkinan besar berhenti blogging.

Karena itu saya merekomendasikan buku Strategi Samudera Biru selain banyak membaca artikel tentang seo serta mempraktekkan tips blogging yang telah diberikan.

Saya harap anda tidak seperti saya karena inilah yang saya lakukan. Ketika mengetahui salah satu teknik seo ini berhasil menurut mentor saya, maka saya juga mencoba teknik tersebut. Saya bahkan menggunakan kata kunci yang sama untuk artikel di blog saya. Saya lupa ada beberapa hal yang bukan kompetensi saya.

Akibatnya saya tidak memenangi kompetisi di mesin pencari. Artikel di blog saya terindeks di mesin pencari tetapi tidak ada pengunjung yang datang. Hal ini disebabkan blog saya entah diposisi keberapa di laman hasil pencarian.

Hal ini berbeda setelah saya menyadari kesalahan saya diatas dan mulai membuat sebuah artikel yang menjadi kompetensi saya. Meski trafiknya tidak besar saya selalu mendapatkan klik adsense hingga saat ini. Saya telah menemukan samudera biru dimana saya yang menguasai pasarnya.

Long-Tail Keyword: Temukan Samudera Biru Anda Sendiri

Awalnya orang hanya mengunjungi situs yang ia kenal. Ketika saya menemukan internet melalui internet gratis PT POS Indonesia Bukittinggi di tahun 2008 saya selalu mengunjungi yahoo dan mencari informasi yang saya inginkan. Saat ini orang tidak hanya mengunjungi situs yang telah ia kenal tetapi situs baru yang memuat informasi yang diinginkan.

Contoh yang paling dekat adalah fenomena game online pokemon go. Awalnya orang yang penasaran akan mengetikkan kata kunci pokemon go untuk mencari informasi seputar game online fenomenal dari Niantic ini. Untuk membidik pasar Indonesia kata kunci pokemon go indonesia awalnya hanya memberikan beberapa hasil penelusuran saja.

Sekarang untuk kata kunci pokemon go indonesia google telah mempunyai jutaan hasil yang didapat dari berbagai situs yang telah terdaftar dalam database situs penelusuran tersebut.

Begitu pula dengan kata kunci dasar seperti “smartphone”, “laptop”, “notebook”. Awalnya hanya beberapa situs e-commerce yang memonopoli kata kunci ini. Sekarang kata kunci tersebut telah menjadi kompetisi yang sangat ketat.

Persaingan di Samudera Merah untuk kategori gadget ini dapat membuat seorang blogger melanggar term of condition dari mesin pencari demi mendapatkan pelanggan yang datang ke toko online/blog/websitenya. Situs-situs tersebut melakukan tindakan berbahaya dengan mempraktekkan black hat seo agar mendapat peringkat teratas di laman hasil pencarian. Tindakan ini akan berakibat buruk yaitu dikeluarkannya blog atau situs tersebut dari database mesin pencari.

Seperti sudah sangat alami bahwa pada suatu masa samudera biru akan menjadi samudera merah. Sebelum samudera biru tersebut berubah menjadi merah sebaiknya manfaatkan kata kunci yang digunakan oleh pengunjung untuk menemukan blog anda. Meski kecil trafiknya untuk kedepannya anda bisa menguasai kata kunci tersebut. Sebagai langkah awal kenapa tidak anda intip data google analytics?

Bahkan jika trafik per harinya sedikit saya menemukan kata kunci saya memberikan variasi kata kunci yang lain. Variasi kata kunci ini saya gunakan untuk mempersiapkan samudera biru yang akan berubah menjadi samudera merah.

Spencer Haws, mentor long tail keyword research saya, mendapatkan keuntungan dari memfokuskan diri pada kata kunci ini. Ia membuat beberapa artikel yang membahas secara mendalam beberapa frasa kata kunci panjang dan menerbitkan tulisan tersebut. Blog spencer haws tidak diberikan tetapi ia memberikan laporan dan screen shot dari pendapatannya melalui adsense yang menjadi pilihan model monetisasi blognya.

Hasilnya ia berhasil menjadi yang terdepan untuk beberapa long-tail keyword dan juga merajai hasil pencarian di mesin pencari. Bahkan kesuksesan long tail keyword dari blog Spencer Haws dikemudian hari membuat blog yang ia kelola berhasil masuk ke halaman pertama google untuk seed keyword.

Oleh karena itu perusahaan atau blogger tetap harus selalu mencari Samudera Biru agar dapat bertahan dalam persaingan di dunia bisnis online. Dan akan lebih baik lagi jika Samudera Biru perlahan menjadi merah, blog/website anda telah mempunyai pelanggan yang selalu merekomendasikan anda untuk hal yang anda ketahui.

Advertisements

Leave a Reply