About these ads

Sastra Inggris Terbaik: 13 Perguruan Tinggi Rekomendasi

Dimana anda akan melanjutkan pendidikan dibidang bahasa nantinya (Jika anda memilih kuliah di jurusan sastra inggris) akan menentukan karir yang akan anda dikemudian hari. Karena itu tempat kuliah sastra inggris yang baik atau mempunyai reputasi yang bagus harus anda dapatkan. Itulah yang akan saya bahasa pada artikel berjudul Sastra Inggris Terbaik; Ini Daftar 13 Perguruan Tinggi yang Highly Recommended.

Kenapa reputasi sebuah kampus / perguruan tinggi menjadi sebuah parameter untuk pertimbangan melanjutkan kuliah? Ini jawabannya.

Ada banyak universitas atau perguruan tinggi yang membuka program studi bahasa dan sastra inggris di Indonesia. Dari sekian banyak perguruan tinggi tersebut ada yang serius dalam menjalankan program dan ada yang tidak. Kampus-kampus yang serius menjalankan program studi sastra inggris akan mendapatkan reputasi yang sangat baik dari perusahaan.

Alumni dari kampus atau perguruan tinggi tertentu (yang bereputasi baik tentunya) akan mendapatkan kesempatan yang lebih besar untuk diterima dibandingkan dengan alumni dari kampus atau perguruan tinggi lain (yang reputasinya buruk). Jadi mari kita mulai membahas 13 daftar perguruan tinggi yang mempunyai program sastra inggris terbaik.

Emma Watson Graduation
sumber gambar: US Megazine

Saya sudah membahas tentang 20 perguruan tinggi terbaik di Indonesia namun artikel tersebut sangat luas cakupannya. Karena itu pada artikel kali ini saya ingin memfokuskan pada perguruan tinggi yang mempunyai program kuliah sastra inggris terbaik di Indonesia.

Kriteria Jurusan Sastra Inggris Terbaik

Dalam menentukan sebuah perguruan tinggi memiliki program kuliah sastra inggris ada kriteria yang harus dimasukkan. Saya mencoba untuk objektif dalam memberikan informasi sastra inggris terbaik dengan keterbatasan sumber daya yang saya miliki.

Untuk menentukan sebuah perguruan tinggi memiliki program sastra inggris terbaik maka kita harus membuat sebuah kriteria. Kriteria pertama yang ditetapkan adalah penghargaan yang didapat oleh program studi tersebut dari lembaga yang kredibel. Kebetulan saya mendapatkan artikel tentang penghargaan yang didapat oleh beberapa perguruan tinggi yang mempunyai program studi sastra inggris baik nasional maupun internasional.

Berikut ulasannya.

Jurusan Sastra Inggris Terbaik versi QS World University Ranking

Maka dari itu saya memulai memberikan kriteria kampus sastra inggris terbaik di Indonesia dengan mengambil pendapat dari QS World University Ranking by Subject tahun 2013.

Adapun kriteria kampus sastra inggris terbaik yaitu:

  1. Reputasi Akademik
  2. Kualitas SDM
  3. Tingginya kutipan yang dipakai oleh peneliti
  4. Indeks H yang digunakan untuk mengukur produktivitas
  5. Dampak dari sebuah karya ilmiah para peneliti dan sarjananya
  6. kekuatan spesialisasi dalam bidang ilmu

Dengan menggunakan parameter diatas maka QS World University Ranking by Subject menetapkan perguruan tinggi dengan jurusan sastra inggris terbaik di Indonesia sebagai berikut :

  1. Universitas Indonesia
  2. Universitas Sanata Dharma
  3. Universitas Pendidikan Indonesia
  4. Universitas Diponegoro
  5. Universitas Gadjah Mada

Daftar diatas saya dapat dari link berikut

http://edukasi.kompas.com/read/2013/05/10/17131258/5.kampus.dengan.jurusan.sastra.inggris.terbaik.di.indonesia

Jurusan Sastra Inggris Terbaik versi Badan Akreditasi Negara – Perguruan Tinggi

Selain kriteria yang telah diberikan oleh QS World University Ranking anda bisa juga menggunakan rangking yang diberikan oleh badan akreditasi negara atau ban pt.

Sayang hingga tulisan ini saya terbitkan situs resmi ban pt masih belum bisa diakses. Jejak digital dari rangking jurusan sastra inggris terbaik di Indonesia dapat dilihat dari situs tak resmi yang beralamatkan di http://www.ban-pt-universitas.com/2015/06/universitas-negeri-swasta-bahasa-sastra-inggris-terbaik-di-indonesia.html

Dari situs diatas universitas di Indonesia yang mempunyai program sastra inggris terbaik adalah sebagai berikut

  1. Universitas Airlangga – Surabaya
  2. Universitas Udayana – Bali
  3. Universitas Gadjah Mada – Yogyakarta
  4. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim – Malang
  5. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah – Jakarta
  6. Universitas Gunadharma – Depok
  7. Universitas Kristen Petra – Surabaya
  8. Universitas Sanata Dharma – Yogyakarta

Saya sendiri lulusan universitas Negeri Padang terakhir saya cek akreditasi jurusan saya di tahun 2007 mendapat akreditasi B.

Meski begitu saya merasa tidak kalah dengan mahasiswa yang kuliah di universitas negeri dan swasta nasional seperti UI. Soalnya saya mendapat gemblengan dari alumni UI yang menjadi dosen saya.

Nah, sekarang anda sudah tahu universitas mana yang memiliki program kuliah sastra inggris terbaik di Indonesia.

Apakah anda punya referensi lain untuk kriteria yang akan digunakan dalam pemilihan kampus pemilik program sastra yang patut direkomendasikan?

Apa saja kriteria yang akan anda gunakan dalam menentukan sebuah kampus tertentu termasuk terbaik atau bukan?

Tulis pendapat anda tentang rekomendasi kampus tersebut di kolom komentar dan …

… jangan lupa bagikan artikel ini di media sosial anda.

About these ads

8 Comment

  1. Agung says: Reply

    Saya di Unair sekarang Pak 😀

    1. kandra says: Reply

      boleh lah kalau begitu dibagi pengalaman kuliahnya 🙂

  2. artikel anda sangat menarik sekali dan bermanfaat, saya juga

    mempunyai tulisan sejenis mengenai jurnal serupa yang bisa anda

    Happy Sharing 🙂

  3. Melinda Wulan Sari says: Reply

    Saya masih sma kls satu kak. Dan saya mau nanti jika saya kuliah di jurusan sastra inggris. Tapi saya bingun saya harus memilih kuliah dimana. Saya tinggal di bogor, cileungsi hehe. Tolong kasih saran dong kak..

    1. kandra says: Reply

      halo melinda..

      apa ya perguruan tinggi di bogor yang ada jurusan sastra inggris? hmmm.. mungkin universitas pakuan bogor.

  4. vera says: Reply

    Kaaa aku keelas 3smk, dan bentar lagi lulus. Pengen banget kuliah di jurusan sastra inggris, tpi belom punya kemampuan bahasa inggris yang baik, terus mau belajar bawaan nya males banget. Kira-kira pantes ga kak masuuk jurusan sastra inggris?makasih kaa

    1. kandra says: Reply

      halo vera..

      jawaban atas pertanyaannya mudah banget buat saya. jika kamu malas belajar maka kamu tidak akan kemana-mana. lebih baik kamu mengenal kemampuan kamu sendiri jadi kamu bisa belajar dengan semangat. kalau kamu malas belajar bahasa inggris jujur saja susah masuk ke jurusan sastra inggris.
      kalau ternyata bahasa bukan bidang kamu atau bukan minat kamu kenapa memaksakan diri untuk ambil jurusan sastra inggris. coba deh kamu kenali potensi kamu. di bidang apa kamu lebih baik. misal kamu lebih menyukai berhitung, kenapa tidak masuk jurusan akuntansi atau ekonomi atau statistika? itu lebih baik karena kamu tidak terbebani dengan mata kuliah yang tidak kamu sukai.

      sekian dulu jawaban saya, mohon maaf kalau ada kekurangannya.

  5. انا says: Reply

    kak, aku kelas 3 sma. bisa kasih tau informasi lebih lengkapnya lagi ga kak? kenaoa universitas dia atas itu bagus. apa keunggulannya? nahh, kalo ngomong keunggulan, pasti ada kekurangannya kan kak? nah, kira kira kakak tau ga apa?
    i really wanna know everything. im really excited about this, please tell me more information. actually, i really learn how to spell in english. sorry if im wrong

Leave a Reply

%d bloggers like this: