About these ads

SangPemburu99 adalah PNS yang bernama Sukrasno?

SangPemburu99 adalah PNS yang bernama Sukrasno?
avatar sangpemburu99

@SangPemburu99 adalah Sukrasno?
Perburuan identitas asli admin dari akun anonim @sangpemburu99 kembali terjadi. Dan kesimpulan diatas merupakan pertanyaan saya mengenai identitas asli dari sang admin akun anonim tersebut.
Setelah beberapa hari off dari timeline tiba-tiba akun @sangpemburu99 membuat kultwit perpisahan. Kenapa saya sebut perpisahan? Karena trademark akun anonim yang di kelola sendiri telah usai masanya dan beralih menjadi akun yang dikelola secara beramai-ramai (baca: multi admin).

Baca http://chirpstory.com/li/294313

Sebelum akun tersebut menjadi akun publik per hari ini, 26 November 2015, @sangpemburu99 pun memberikan kultwit klarifikasi tentang perselisihannya dengan akun anonim lainnya @mata_indigo. Dan dari kultwit terakhir inilah pertanyaan identitas asli dari akun anonim sang pemburu 99 saya pertanyakan.
Baik pemilik akun twitter @mata_indigo dan juga @eae18 berkesimpulan bahwa sang pemilik akun anonim adalah seorang pegawai negeri sipil di Direktoral Jenderal Keuangan. Nama pns tersebut adalah Sukrasno dan juga mempunyai akun twitter yang bernama @sukrasno_ID. Akun ini di setting privasinya menjadi pribadi dan karena itu tidak setiap orang bisa melihat twit dari akun ini. Hanya mereka yang telah di approve yang bisa membuktikan bahwa @sangpemburu99 dan @sukrasno_ID adalah orang yang sama.

Baca http://chirpstory.com/li/294424

Pengungkapan identitas @sangpemburu99 menurut @eae18 dan juga @mata_indigo telah dilakukan berbulan-bulan yang lalu. Sehingga mengesankan bahwa identitas admin @sangpemburu99 adalah @sukrasno_ID adalah valid.

Baca http://chirpstory.com/li/294373

Saya juga merasakan dan juga mempertanyakan kenapa sampai @sangpemburu99 yang dikenal sebagai akun satu admin mengalami perubahan menjadi multi admin bertepatan dengan pengungkapan hasil investigasi (katanya) dari @mata_indigo dan @eae18. Bisa jadi apa yang disampaikan oleh kedua akun tersebut benar terlebih akun @sukrasno_ID yang tidak terlihat milik publik seperti akun twitter @eae18.

Perjalanan Membuka Identitas sangpemburu99

Walaupun kedua akun twitter diatas mengatakan bahwa investigasi mereka menyimpulkan pada satu nama, saya jadi teringat bahwa beberapa kali @sangpemburu99 disebut-sebut telah mendapat identitas asli. Berikut beberapa identitas sang pemburu yang sempat saya ikuti.
  • Pertama identitas @sangpemburu99 adalah ichsan. Hal ini diungkapkan melalui sebuah capture pesan bbm yang disebarkan di dunia maya (khususnya twitter). Saya tidak mempercayai capture bbm tersebut karena beberapa alasan yang cukup mencurigakan.
  • Kedua identitas @sangpemburu99 adalah @fachira_idris. Isu ini diduga disebarkan oleh cyber army Jokowi Ahok. Pasalnya sang senator dari Jakarta sangat gigih dalam mengingatkan Ahok (suksesor Jokowi) akan perilaku-perilakunya yang sangat ajaib sebagai seorang pejabat publik.
  • Ketiga identitas @sangpemburu99 adalah @sukrasno_ID dan inilah yang sepertinya mendekati karena bertepatan dengan pengumuman perubahan pengelolaan akun melalui multi admin.
Sekarang saya berandai-andai jika @sangpemburu99 adalah akun anonim pns, @sukrasno_ID. Pertama saya berasumsi bahwa folower @sukrasno_ID juga merupakan folower @sangpemburu99. Folower yang sudah ditandai oleh @sukrasno_ID ternyata sebuah jebakan untuk mengetahui identitas dari @sangpemburu99. Istilah intelijennya mungkin infiltrasi. Hal ini terkait dengan cuitan akun intelijen @bg_Dewa beberapa waktu lalu yang memberikan peringatan kepada akun-akun anonim, khususnya yang beroposisi dengan pemerintah saat ini, agar berhati-hati dengan operasi intelijen. Benar enggaknya ya pemerintah, BIN, dan Allah subhanahu wa taala yang tahu.
Bagaimana sebaliknya kalau kesimpulan dari dua akun twitter yang menyampaikan identitas sang pemburu 99 adalah salah dan hanya pemancing agar si admin melakukan kesalahan lain dalam menyembunyikan identitas? Jika ini yang terjadi maka tentu operasi intelijen dalam mengawasi akun-akun anonim bisa dibilang berhasil karena memaksa sangpemburu99 untuk mengambil keputusan mengelola akun dengan multi admin.

Belajar dari kesalahan Masa Lalu @TrioMacan2000

Masih ingat akun anonim yang berasa intel bernama @triomacan2000? Sekarang kita sama-sama mengetahui bahwa admin akun twitter tersebut adalah Raden Nuh. Dan yang bersangkutan kini telah dipenjara karena diduga melakukan pemerasan terhadap salah satu tokoh.
Saya melihat kalau akun @sangpemburu99 masih akan tetap dengan anonimitasnya dan akan melakukan perubahan-perubahan dalam twitting, dan saya hanya menyampaikan pesan kepada pemilik akun twitter sangpemburu99 agar tidak mengikuti jejak @triomacan2000 yang telah mengecewakan saya sebagai folower.

Tulisan ini hanya sebuah tanggapan dari fenomena perubahan pengelolaan akun @sangpemburu99.

About these ads

Leave a Reply

%d bloggers like this: