Related Posts Widget Blogger Menampilkan Artikel Dari Blog Orang Lain? Ini Pangkal Balanya

Related Posts Widget Blogger Menampilkan Artikel Dari Blog Orang Lain? Ini Pangkal Balanya – Related Posts atau Artikel Terkait merupakan widget yang sangat penting untuk sebuah blog. Kenapa? Dengan menampilkan artikel yang terkait dengan artikel yang saat ini di baca atau dikunjungi oleh visitor maka blog anda akan mendapatkan beberapa keuntungan baik dari SEO maupun dari Engagement. Jika artikel yang anda tampilkan membuat pengunjung blog semakin tertarik untuk menggali informasi yang anda punyai maka google pun akan memberikan peringkat yang lebih baik pada blog anda saat mereka melakukan pembaharuan di rangking hasil pencarian.

Pertanyaannya: Jika related posts widget blogger yang seharusnya menampilkan artikel yang terdapat di dalam blog anda sendiri malah menampilkan artikel yang terdapat di blog orang lain, Apa yang akan anda lakukan?

baca: Cara Membuat Template Blog Sendiri (Sebuah Studi Kasus)

Inilah topik yang menjadi perhatian saya saat membuka akun goole plus kemarin. Salah satu member di group Google plus Indonesia Adsense Publisher memposting sebuah kasus yang ia alami dengan template blog gratisan yang ia gunakan. Si pembuat thread, dengan nama akun gplus, +Tiyawann, meminta solusi terhadap permasalah di related post widget blogger yang muncul di blognya.

Berikut skrin shut yang diberikan oleh agan Tiyawan di thread komunitas Adsense Publisher di google plus.

related post yang nampilin artikel orang lain
gambar1. related posts yang menampilkan artikel dari blog orang lain

Saat saya berkunjung ke blog beliau di http://otosync.blogspot.co.id/ terlihat jika niche yang diambil oleh agan IAPD satu ini adalah industri otomotif. Jika anda mengunjungi blog yang bersangkutan maka anda akan menemukan artikel di blog tersebut berkisar pada berita dan informasi seputar industri otomotif.

Nah, permasalahannya muncul ketika dibawah artikel postingan muncul Artikel Terkait yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan artikel seputar dunia otomotif. Anda dapat lihat di gambar 1.

Jika agan tiyawan sebagai pemilik blog menjadi bingung, bagaimana dengan pengunjung yang berasal dari mesin pencari atau sosial media? Pastinya pengunjung tadi hanya melakukan berkunjung tanpa interaksi sama sekali dengan blog otosync.

Bagi mesin pencari jika seorang pengunjung hanya melakukan interaksi di satu laman lalu langsung keluar dari laman tersebut maka di dalam analytics (jika menggunakan google analytics) akan terlihat bounce rate yang tinggi dan durasi kunjungan yang pendek. Dua hal ini akan memberikan informasi kepada google jika laman tersebut “tidak berkualitas” dan sepatutnya rangking yang telah ada dapat digeser untuk blog lain yang lebih relevan dan mempunyai faktor yang lebih baik.

Kenapa Related Post Widget Blogger bisa Begitu?

Biasanya pembuat template yang juga menggratiskan penggunaan template, memberikan sebuah kode yang dienkripsi di bagian tertentu dari template blog yang telah di download. Fungsi kode yang dienkripsi tersebut (mungkin) sebagai pelacak blog mana yang menggunakan template yang diberikan dan bagaimana si pengguna template menjalankan peraturan yang diberikan yang telah disampaikan pada saat akan mendownload template tersebut.

Aturan umum yang saya temukan saat seseorang menggunakan template yang didapat secara gratis adalah jangan pernah menghapus link credit kepada pembuat template blog! Etikanya ketika anda mendapatkan sesuatu yang diberikan oleh orang lain setidaknya berikan imbal balik yang sesuai dengan apa yang anda dapatkan. Dalam konteks template gratis setidaknya anda tidak menghilangkan link credit ke si pembuat template.

Si pembuat template memberikan link credit tersebut untuk mendapatkan backlink dari blog anda. Backlink ini berguna untuk meningkatkan peringkat blog yang bersangkutan di mesin pencari google. Tapi tentu ada sedikit masalah jika anda memberikan link kepada si pembuat template jika blog anda jauh dari kategori si pembuat template.

Untuk mensiasati pengaruh terhadap backlink blog sendiri beberapa blogger mungkin dengan sengaja menghapus link credit tersebut. Padahal si pembuat template sudah mengatakan pada saat anda akan menggunakan template mereka, link credit dapat dihapus jika blogger yang menggunakan template yang bersangkutan melakukan upgrade layanan. Dari template gratis ke template premium.

Bahkan jika anda menggunakan template premium anda tidak hanya diperbolehkan mengklaim template tersebut adalah hasil karya anda (yang terlihat profesional bagi visitor) tetapi juga anda dapat konsultasi jika anda ingin melakukan modifikasi terhadap template tersebut.

Template Online Shop Premium Untuk Blogger (SpotCommerce)

Jika anda melakukan kecurangan dengan menghapus link credit dari pembuat template dan mengklaim template tersebut karya anda harap hati-hati. Bisa saja si pembuat template melakukan take down DMCA terhadap blog anda.

Saya sendiri mengakali link credit ke pembuat template blog dengan menambahkan atribut rel=’nofollow’. Pertimbangan saya si pembuat template akan mendapatkan pengunjung ke blognya sendiri (jadi sebagai sebuah testimonial bagi pengunjung saya yang lain untuk menggunakan template lain dari si pembuat template) dan robot google tidak bingung tentang keterkaitan topik blog saya dengan blog yang terdapat di link credit.

Kembali ke permasalahan related posts widget blogger yang dialami agan Tiyawan tadi. Kenapa sampai artikel related posts yang muncul malah tidak berasal dari konten yang berada didalam blog otosync?

Saat menggunakan template johny responsive, si pembuat template, memberikan panduan agar blog yang menggunakan template tersebut agar merubah alamat url yang terdapat di dalam skrip java yang disertakan pada kode template yang diunduh.

Tapi permasalahannya alamat yang terdapat di skrip template yang baru diunduh oleh agan Tiyawan ternyata tidak terlihat. Maka saya pun penasaran dan meminta di kirimkan ke email file template yang digunakan untuk blog otosync tersebut.

Setelah mas tiyawan mengirimkan email template yang dimaksud, saya pun mengunggah template tersebut di akun blog dummy yang saya punya.

Dari hasil penelusuran saya untuk script java related post yang digunakan dalam template yang berjudul simini v2, saya menemukan skrip java related posts widget blogger yang menjadi masalah.

kode related posts widget blogger yang ada di template simini v.2
gambar 2. script related post yang menjadi masalah

Dari gambar diatas (sepengetahuan saya) fitur related posts widget blogger yang terdapat dalam koding javaskrip mendownload kode skrip java related post yang terdapat di alamat http://yourjavascript.com/1983091225/dte-related-post.js.

Saya pun membuka link yang bersangkutan dan saya pun melihat kode related posts widget blogger yang sama sekali berbeda dengan skrip yang terdapat di template yang baru saja saya unggah. Kode javascript tersebut dapat anda lihat pada gambar dibawah.
gambar.3 sumber dari kode related post diatas

Jadi di kode skrip yang terdapat di dalam template blog prosesnya menjadi seperti ini.

Saat visitor datang ke blog (entah dari mesin pencari atau dari sosial media) kode html, css, dan javascript akan saling memanggil untuk membentuk layout blog seperti yang diinginkan oleh seorang blogger.

Khusus untuk related posts widget blogger link yang dipanggil tidak inline atau tidak berada di dalam blog otosync sendiri tetapi ia memanggil artikel terkait berdasarkan perintah t.src dari link yourjavasript.com.

Pada link yourjavascript.com perintah yang dikeluarkan kepada template blog ternyata bukan perintah untuk mengeluarkan artikel yang berkaitan di blog otosync tetapi perintah untuk menampilkan artikel terkait dari blog yang beralamatkan di www.dte.web.id. Situs terakhir banyak memiliki artikel tentang koding khususnya tentang membuat template blogger.

Dari gambar screen shoot related post gan Tiyawan diatas, asumsi saya ini pun semakin menguat. Coba perhatikan jumlah artikel yang terdapat di related post. Ada tujuh artikel yang terdapat dibawah judul artikel terkait, yaitu: Beberapa tip untuk pengguna Jquery tingkat lanjut, Mendapatkan node komentar HTML dari JQuery, Framework Jquery Slideshow Otomatis dengan sistem navigasi angka, Ajax dengan javascript mentah, Beberapa contoh modifikasi slideshow jQuery, Online Css Beautifier & Compressor, dan Javascript Dragable.

Coba perhatikan kode javascript related post di gambar ketiga. Ada perintah untuk menampilkan artikel sebanyak 7 artikel dalam numpost:7.

Temukan Template Blogger Premium dari ThemeForest

Dari gambar dan pengetahuan saya yang terbatas pada kode JQuery atau yang saya sering sebut javascript diketahui bahwa related post yang muncul di blog otosync.blogspot.co.id berasal dari situs dte.web.id.

Asumsi saya awalnya adalah agan Tiyawann mungkin lupa memberikan label kepada artikel yang diterbitkan sehingga widget related posts blogger yang ada di template malah menampilkan artikel dari dte.web.id.

Asumsi saya ini pun belum final, karena saat mencoba memposting artikel tanpa label artikel terkait yang keluar di blog dummy saya hasilnya tetap mengeluarkan artikel yang terdapat di dalam blog dummy tersebut.

Ini Skrinsut yang saya maksud diatas

kode related posts widget blogger yang tidak masalah di blog dummy
gambar 4. artikel terkait tetap dari blog walaupun unlabelled

UPDATE: 

Saat artikel ini saya terbitkan permasalahan related posts yang memunculkan artikel blog dari situs dte.web.id di blog otosync.blogspot.co.id sudah tidak ada. Saya sendiri yang mencoba menggunakan template ini malah tidak menemukan permasalahan seperti yang diutarakan oleh agan tiyawan tadi. (blog dummy template sumini bisa dilihat di link ini)

Kesimpulan

Related posts widget blogger itu penting bagi blog anda, apa lagi jika anda membuat sebuah blog dengan kategori berita ataupun tutorial. Blogger tidak memberikan anda widget related posts secara default oleh karena itu anda harus menggunakan template yang mempunyai fitur tersebut.

Jika anda memilih menggunakan template yang gratis, sebaiknya berhati-hati dengan skrip related posts yang diberikan oleh si pembuat template. Saya sarankan anda agar mempelajari kode-kode yang menyusun sebuah website seperti HTML, CSS dan JQuery.

Dengan memiliki pengetahuan sedikit tentang tiga program diatas setidaknya ketika anda menggunakan template blogger gratis, blog anda tidak akan mengalami kasus related posts widget blogger yang menampilkan artikel dari orang lain. Dan jika anda mau googling anda akan menemukan cara membuat artikel terkait keren di blog dari berbagai sumber. Dan anda harus memperhatikan dengan baik bagaimana kode yang akan diterapkan dan apakah kode tersebut mempunyai jebakan.
Sekian dulu dari saya, semoga bisa bermanfaat.
Advertisements

One Reply to “Related Posts Widget Blogger Menampilkan Artikel Dari Blog Orang Lain? Ini Pangkal Balanya”

Tinggalkan Balasan