About these ads

Proyek Bulan Desember 2015

Proyek Bulan Desember 2015 membuat saya harus melakukan hal yang tidak semestinya bagi blog.

Proyek ini merupakan sebuah obsesi saya dari dulu. Yaitu membuat template blog sendiri.

Kenapa sih mesti repot-repot membuat blog jika ada template blog gratisan yang dapat digunakan secara bebas?

Jawabannya simpel saudara. Saya membuat template blog sendiri agar bisa eksis. Mas Kolis telah membuktikannya.

Blog Mas kolis berisikan tips dan trik yang cukup lengkap tentang blog. Tidak hanya itu, mas kolis juga membagikan template-template yang menarik bagi pengunjungnya. Blogger dapat memanfaatkan template tersebut tapi jangan lupa blogger yang menggunakan template mas kolis harus memberikan link kepada blog mas kolis. Ini adalah etika. Anda bisa saja menghilangkan kredit untuk mas kolis tapi etika jika anda membeli template tersebut di link yang disediakan. Jika anda tidak membeli tapi menghilangkan link credit ke situs mas kolis, maka etika anda sebagai blogger patut dipertanyakan.

Saya pernah menggunakan template johny responsive dari mas kolis untuk blog kandrawilko.info dan saya berhasil melakukan modifikasi terhadap template tersebut. Beberapa modifikasi yang saya lakukan adalah menambahkan iklan adsense bertipe responsive di bawah postingan. Selain itu saya menambahkan link situs sharing lintas.me dibawah postingan.

Dari hasil modifikasi template mas kolis tersebut, saya kemudian mempunyai keinginan untuk membuat template sendiri.

Template yang saya buat masih kasar dalam artian belum sehalus dan sebagus template-template tipe premium dari mas kolis. Saya berharap bulan maret 2016 nanti template ini dapat saya gunakan di blog kandrawilko.info tapi tentu saja karena saya belajar otodidak deadline peluncuran template tersebut bisa saja meleset.

Visi saya untuk template blog ini adalah responsive, seo-friendly dan juga menggunakan HTML5 dan CSS3.

Perangkat yang saya gunakan untuk membuat template cukup sederhana yaitu notepad++. Loh kok?

Untuk membuat website dengan mudah bukankah lebih mudah membuat dengan Adobe Dreamweaver? Benar, saya pernah menggunakannya. Saya mendownload aplikasi Adobe Dreamweaver portabel yang saya temukan di sebuah blog. Tapi karena mungkin sifatnya cracking aplikasi tersebut tidak bisa digunakan setelah beberapa bulan. Dan dengan bismillah saya memulai membuat template dengan menggunakan notepad++.

Oke sekian dulu laporan saya untuk bulan desember 2015 ini. Mohon doanya agar template saya bisa diselesaikan pada waktu yang telah ditentukan.

About these ads

Leave a Reply

%d bloggers like this: