About these ads

Posting via Email Dengan WordPress Secret Email

Posting via email dengan wordpress secret email mungkin tidak banyak blogger (yang hosting di wordpress) melakukannya. Beda halnya dengan saya yang menggunakan fitur ini agar selalu menerbitkan konten baru setiap harinya.

Sebagai karyawan sudra (meminjam istilah arham kendari) saya tidak mendapatkan akses untuk menjelajah internet karena di blok oleh tim IT kantor.

Beberapa bulan yang lalu selama dua minggu akses internet ini saya dapatkan dan saya amat sangat bersyukur. Pasalnya saya bisa menjalankan bisnis online via blog tanpa harus menggunakan fasilitas posting via email. Tapi kesalahan dari tim IT akhirnya diketahui dan kembali saya harus posting via email.

posting via email dengan wordpress secret email via plugin jetpack
gambar via jetpack.com

Posting via Email Dengan WordPress

Untungnya wordpress.com memberikan akses alternatif agar seorang publisher wordads seperti saya tetap mengupdate blog dengan cara mengirimkan konten via email.

Saya telah beberapa kali menggunakan fasilitas ini namun saya tidak puas dengan hasil akhirnya tapi lumayan dari pada rangking alexa blog ini turun terus.

Cara Posting via Email Dengan WordPress

Untuk mengupdate blog dengan mengirimkan tulisan terbaru ke blog yang anda kelola, anda cukup membuat tulisan seperti mengirimkan email biasa. Nah setelah tulisan anda siap untuk diposting ada beberapa kode yang harus anda tambahkan di akhir tulisan agar server hosting di wordpress.com dapat menampilkan konten sesuai dengan yang anda inginkan.

  • [category x,y,z] untuk memberikan informasi tulisan masuk kategori apa di blog anda. Jika misalnya anda menulis untuk kategori a dan kategori a ini belum ada tambahkan di blog, maka kategori a tidak akan muncul di blog anda.
  • [excerpt] ringkasan artikel [/excerpt] untuk memberikan ringkasan kepada pengunjung tentang artikel anda
  • [tags x,y,z] untuk memberikan tags terhadap postingan anda.
  • [delay +1 hour] memberikan informasi ke server hosting wordpress.com agar postingan yang dikirim via email agar tidak langsung di terbitkan tapi di tunda selama satu jam setelah email diterima server wordpress.com.
  • [comments on|off] memberikan informasi untuk mengaktifkan atau menonaktifkan kolom komentar yang terdapat dibawah postingan yang akan terbit
  • [status publish|pending|draft|private] memberikan status pada server wordpress apakah posting yang dikirim via email yang statusnya publish (terbit), pending (menunggu), draft (konsep), private (pribadi)
  • [password secret-password] jika anda memilih postingan terbaru tersebut berstatus pribadi dan orang lain yang akan membaca anda batasi, maka memberikan pasword untuk postingan tersebut sangat disarankan. Kebetulan saya merencanakan menggunakan fasilitas ini untuk beberapa postingan yang akan datang.
  • [slug some-url-name] kode ini memberikan informasi kepada server wordpress.com bagaimana url yang anda inginkan untuk alamat postingan. Misal anda mempunyai postingan tentang dengan judul Nama Bayi Laki Laki dalam Islam dan url yang anda inginkan sama dengan judul tersebut, maka dalam kode [slug] anda menuliskan sebagai berikut [slug nama-bayi-laki-laki] dan url yang akan anda dapatkan menjadi www.pencaricerah.com/2015/11/19/nama-bayi-laki-laki-dalam-islam/
  • [title Your Post Title] kode ini akan memberikan informasi kepada server wordpress tentang Judul Postingan Anda.
  • [end] jika anda mempunyai email dengan signature, maka gunakan kode ini setelah paragraf terakhir. Fungsinya agar server wordpress mengabaikan apapun yang terdapat dibawah kode tersebut. Signature email yang biasa terlihat diakhir dari konten email akan hilang  dengan sendirinya.
  • [more] kode ini akan berfungsi sebagai jump-link. Saya tidak bisa memberikan definisi yang sederhana tentang jump-link selain dari readmore. Anda tentu pernah melihat teks readmore yang membawa anda pada keseluruhan artikel, kira-kira begitulah fungsinya kode [more] ini. Jadi anda harus menyisipkan di paragraf awal agar nanti pengunjung blog akan mendapatkan ringkasan dari paragraf awal postingan anda.
  • [publicize off|yahoo|twitter|facebook] kode ini akan memberi informasi kepada server wordpress.com agar postingan yang diterbitkan dibagikan ke media sosial yang anda aktifkan untuk blog wordpress yang anda kelola. Jika anda tidak menginginkan tulisan tersebut dibagikan maka gunakan kode [publicize off].

Kode-kode untuk posting via email dengan WordPress diatas adalah kode yang sering saya gunakan dalam melakukan postingan semenjak akses internet ditutup. Walaupun hasilnya terkadang tidak sesuai dengan harapan saya fitur ini masih bermanfaat.

Saya melupakan satu hal yaitu mengupload dokumen.

fitur posting via Email dengan WordPress juga dilengkapi dengan upload dokumen, tapi fitur ini saya gunakan beberapa kali saja. Caranya cukup mudah yaitu dengan mengirimkan email berisi dokumen yang anda siapkan ke email media+Your_Secret_Email@post.wordpress.com maka anda telah mengupload dokumen penunjang postingan.

Cara mendapatkan Secret Email untuk Posting via Email

Dari tadi saya masih belum memberikan informasi bagaimana mendapatkan secret email untuk posting di wordpress.

Secret email adalah alamat email yang anda dapatkan dari wordpress.com untuk mengirimkan postingan-postingan yang telah anda persiapkan.

  1. Kunjungi Dashboard lalu pilih My Blogs
  2. Pastikan Post by email ada di screen option anda
  3. Pilih blog yang akan anda kelola via email dan klik enable/aktifkan
  4. sistem wordpress akan meng-generate alamat secret email anda

Inilah kenikmatan posting via email dengan WordPress secret email, Bagaimana dengan anda?

About these ads

3 Comment

  1. Ayu L says: Reply

    Kalau lewat email si saya belum pernah nyoba, tapi sekarang udah ada aplikasinya buat Windows & bisa langsung posting walau masih ada kekurangan si tapi lumayan buat posting pas lagi males log in ke dashboar wp 🙂

    1. kandra says: Reply

      Klo saya gunain teknik diatas klo dari kantor doang. Pernah sih donlot aplikasi wp di play store tapi berhubung berat di hape sy uninstall

  2. […] yang membuat saya tetap aktif blogging dengan menggunakan platform wordpress adalah email secret. Dengan fitur ini saya dapat membuat artikel setiap hari dengan menggunakan email kantor. Jadi […]

Leave a Reply

%d bloggers like this: