About these ads

Pokemon Go, Fenomena Baru Permainan Berbasis Smartphone

Pokemon go adalah aplikasi terbaru yang mulai muncul di playstore beberapa waktu belakangan ini. Tak disangka permainan yang baru dirilis di beberapa negara ini menjadi sebuah fenomena baru di Indonesia bahkan dunia. Dalam seminggu di rilis aplikasi permainan dengan segmen augmented realty ini jumlah pengguna berdasarkan unduhan telah mencapai 20 juta unduhan. Angka ini baru dihasilkan dari beberapa kawasan karena untuk zona Asia pokemon Go masih belum dirilis oleh pengembangnya Niantic, Inc.

Walaupun untuk Asia belum dirilis para penggila game berbasis aplikasi android tidak kehilangan akal. Penggemar game di Indonesia dapat download pokemon go yang berupa file apk melalui beberapa link yang terdapat di beberapa situs seperti yang saya dapatkan melalui situs jalan tikus. Untuk mendownload file apk game pokemon ini anda dapat mengunjungi link dibawah ini

gambar poster pokemon
gambar: comingsoon.net

DOWNLOAD

Pokemon merupakan sebuah film animasi jepang yang menceritakan petualangan tiga orang trainer untuk menangkap dan melatih monster-monster yang ditemukan dalam perjalanan. Berbagai monster yang ditemukan pun bermacam jenis dan kategori mulai dari jenis air hingga kategori listrik. Karakter utama pokemon dalam film animasi jepang tersebut bernama Pikachu yaitu sejenis tikus yang mempunyai kemampuan menghasilkan listrik sendiri. Karakter ini terkenal bukan karena kemampuannya tetapi karena bentuknya yang dianggap lucu.

Coba saja anda lihat salah satu episode dari film animasi Pokemon yang saya temukan di youtube dibawah:

Hadirnya aplikasi pokemon go dari pengembang Niantic ini membuat para penggemar pokemon, dari film animasi, semakin ngefans. Dengan aplikasi tersebut para penggemar bisa mewujudkan khayalannya dalam berpetualang dan menjadi trainer pokemon.

Aplikasi pokemon go sendiri membuat fitur-fitur yang hampir mirip dengan jalan cerita animasi pokemon. Fitur-fitur tersebut berupa adanya gym untuk pertarungan pokemon, pokestop untuk membeli pokeball dan makanan untuk poke monster yang dimiliki dan lain sebagainya. Mungkin kedepannya ada penambahan fitur baru yaitu poke thief.

Dalam kisah animasi pokemon, pencurian pokemon merupakan salah satu daya tarik film tersebut. Pencuri pokemon yang paling populer bernama Jesse dan James dari tim Rocket. Kelompok rocket sendiri merupakan kelompok yang mempunyai tujuan menguasai dunia dengan mendapatkan pokemon terkuat dengan cara mencuri dari trainer-trainer pokemon yang sedang berpetualang.

Pencurian pokemon ini telah dilaporkan oleh seorang warga inggris ke pihak kepolisian inggris. Pihak kepolisian pun bingung dengan laporan dari warganya karena barang yang dilaporkan dicuri hanya sebuah karakter pocket monster dalam aplikasi game. (berita kompas)

pokemon go team rocket
gambar dari wikia.com

Secara pribadi saya sangat mengapresiasi hadirnya aplikasi game pokemon go ini. Pasalnya permainan ini berbeda dengan permainan berbasis online lainnya yang saya temui selama ini di playstore. Jika permainan berbasis online sebelumnya tidak membuat orang bergerak dari tempatnya maka bermain pokemon go membuat pengguna harus bergerak menuju titik –titik yang ditentukan. Apakah titik tersebut untuk menangkap pokemon, bertarung di gym, atau untuk menambah item yang kurang di pokestop.

Saking begitu antusiasnya orang dalam bergerak saat memainkan pokemon go, pemerintah Indonesia melarang beberapa tempat pemerintahan menjadi ajang perburuan pokemon. Tempat-tempat terlarang bermain pokemon go tersebut antara lain: gedung-gedung pemerintahan seperti Istana Negara, Kantor Kepolisian, Markas-markas Militer dan gedung-gedung krusial lainnya. Bahkan Badan Intelijen Negara pun mewaspadai kemampuan dari aplikasi game ini. Disinyalir dengan permainan berbasis augmented realty yang membutuhkan gps dan kamera, tempat-tempat yang krusial bagi sebuah negara bisa terekspose ke lembaga-lembaga atau organisasi-organisasi yang tidak diinginkan.

Meski pemain pokemon go harus melakukan gerak seperti berjalan untuk melakukan permainan ini, ada saja orang yang telah mengakali sistem di pokemon go. Contohnya adalah mengakali sistem gps yang menandakan seorang pemain sedang melakukan perjalanan dalam mengambil item atau menangkap pokemon. Dengan mengakali sistem gps dalam smartphone yang telah diinstal permainan ini seseorang dapat saja berada didalam ruangan sementara karakternya terlihat sedang berjalan menuju item-item yang letaknya berbeda dari tempat pemain tersebut diam tak bergerak dari tempat semula.

Kebetulan kerabat saya, @apizdoank mendapatkan cara untuk mengetahui keberadaan pokemon dengan menggunakan komputer. Saya berpikir kenapa ada orang yang mau instal peta keberadaan pokemon di komputer sementara ia bisa langsung berjalan-jalan di sekitar tempat tinggalnya untuk mendapatkan pokemon tersebut.

Bonus – PokemonGo Map (PC / Komputer)

1.download dan pasang Python 2.7

  • Unduh dan pasang Python 2.7
  • Python adalah salah satu platform pemrograman yang cukup populer. Untuk menggunakan platform ini, pertama anda mengunduh file instalasi Python 2.7. Setelah selesai diinstall, restart komputer.
  • Python akan diinstal di dalam folder https://www.python.org/ftp/python/2.7.12/python-2.7.12.msi

Aplikasi ini memerlukan fitur tambahan bernama pip.

2.Download dan instal pip

Untuk menginstallnya, pertama-tama kamu bisa mengunduh file get-pip.py. Jika unduhan tidak berjalan dengan otomatis, kamu akan melihat satu halaman penuh berisi script Python. Tidak ada masalah, klik kanan dan save as, simpan sebagai get-pip.py Setelah unduhan selesai, jika kamu sudah berhasil memasang Python dengan benar,
maka kamu bisa memasang aplikasi pip dengan dobel klik file tersebut, maka instalasi akan mulai berjalan.
Jika tidak, coba periksa kembali instalasi Python kamu.

3.Daftar Google Map API

Untuk mendapatkannya, kamu bisa mengikuti langkah-langkah ini.

  • Kunjungi alamat google map
  • Create a project. Pilih “No” pada “Please email me updates” jika tidak ingin kiriman email dari Google terkait map.
  • Pilih “Yes” untuk pertanyaan “I agree… Terms of Service.”. Agree and Continue.
  • Buat nama project. kemudian klik Create.
  • Sebuah form akan muncul “Here is your API Key”. Salin informasi ini.
  • Pastikan API telah diaktifkan. Caranya, klik “Library” di menu bagian kiri. Setelah itu akan muncul berbagai pilihan API. Pilih “Google Maps Javascript API”. Jika ada segitiga ke kanan dan Enable, maka klik untuk mengaktifkan. API telah aktif jika muncul tulisan Disable.
  • Buka folder config. Di dalam folder tersebut ada file dengan nama credentials.json.
  • Buka file ini dengan notepad. Di dalamnya ada isian “gmaps_key” : “”. Isilah API Key tadi ke dalam isian ini. menjadi “gmaps_key” : “API KEY”

4. Download aplikasi Pokemon Go Map

Aplikasi Pokemon Go Map merupakan aplikasi yang gratis digunakan siapa saja. Aplikasi ini dapat diunduh melalui Github. Untuk versi terbaru anda dapat melihatnya di sini.
Setelah selesai mengunduh, kamu bisa mengekstrak file2 di dalamnya.
Sebagai contoh, file hasil unduhan bernama PokemonGo-Map-master.zip dan kamu bisa ekstrak ke dalam folder C:\PokemonGo-Map-master. Untuk file requirements.txt dan runserver.py yang akan kita gunakan setelah ini.

Setelah selesai bagian diatas, bukalah aplikasi command prompt dan pindahkan pointer ke dalam folder aplikasi dengan perintah berikut :

1. Ketik cd C:\Python27\Scripts
anda akan berada di folder python27\scripts lalu instal  requirements.txt di folder PokemonGo-Map-master

Berikut langkah-langkahnya untuk install requirements.txt

1. C:\Python27\Scripts > pip install setuptools
2. C:\Python27\Scripts > pip install ez_setup
3. C:\Python27\Scripts > pip install -r C:\PokemonGo-Map-master\requirements.txt

Tunggu sampai semua script terinstall.

Jika semuanya berjalan dengan baik, maka beberapa library akan terpasang.

Setelah itu anda bisa menjalankan perintah berikut untuk memulai scanning Pokemon liar.
Untuk anda yang menggunakan akun Pokemon Trainer Club (PTC), kamu bisa menggunakan perintah berikut di dalam command prompt.

UNTUK SCAN POKEMON PTC > C:\Python27>python C:\PokemonGo-Map-master\runserver.py -u username -p password -st 10 -l "lokasi"

UNTUK SCAN POKEMON Google > C:\Python27>python C:\PokemonGo-Map-master\runserver.py -a google -u email@gmail.com -p password -st 10 -l "lokasi"
Aplikasi tersebut akan terus berjalan dan mengupdate informasi lokasi Pokemon liar terus-menerus. Untuk melihat informasinya di dalam peta, kamu bisa mengakses alamat ini di dalam browser kamu
Buka di browser mozilla / chrome dengan alamat localhost:5000 atau 127.0.0.1:5000

About these ads

Leave a Reply

%d bloggers like this: