About these ads

Dosen Sastra Inggris Sebagai Pilihan Karir

pilihan karir setelah kuliah sarjana sastra inggris
foto: unnes.ac.id

Menjadi dosen di jurusan sastra inggris adalah sebuah pilihan karir ketika saya telah menyelesaikan kuliah. Menurut informasi dosen saya kala kuliah, dosen dengan latar belakang sastra inggris masih belum banyak di Indonesia. Dosen di jurusan sastra inggris kebanyakan ketika kuliah banyak berkonsentrasi di linguistik. Sastra Inggris sendiri merupakan cabang dari ilmu linguistik. Dalam ilmu linguistik ada sebuah mata kuliah yang disebut dengan semantik/semantics. 

Semantics/semantik adalah sebuah cabang ilmu dari linguistik yang mempelajari mengenai pemaknaan seperti kata-kata, frasa, tanda-tanda dan simbol-simbol. Oleh karena itu seperti yang telah saya tulis diatas ilmu sastra berasal dari ilmu linguistik. 

Kembali ke perbincangan mengenai salah satu pilihan karir saya setelah kuliah tadi yaitu dosen sastra inggris. 

Seperti yang telah diungkapkan oleh dosen saya bahwa pengajar di perguruan tinggi yang benar-benar berkonsentrasi diilmu sastra masih sedikit membuat saya berpikir saya harus mencoba untuk menjadi seorang dosen di kampus almamater saya tersebut. Saya merasa beruntung bisa lulus dengan menyelesaikan skripsi mengenai kekuasaan Yahudi yang terdapat dalam novel The Plot Against America saya yang pada waktu itu pembimbing saya mempunyai latar belakang konsentrasi ilmu Linguistik. 

Walaupun berasal dari Linguistik, ilmu sastra yang banyak mengkaji karya sastra seperti novel, puisi, film, naskah film/drama/teater tidak cukup untuk memahami betapa luasnya pemaknaan. Seperti yang saya sebutkan dalam postingan sebelumnya bahwa mahasiswa lulusan sastra inggris mempunyai kesempatan besar untuk memilih karir yang ia sukai. Pendapat ini pun diamini oleh artikel dari kompas yang saya posting. Sebagian besar alumni pun mengamini pendapat ini (terlihat dari komentar-komentar di postingan saya berjudul peluang kerja mahasiswa sastra inggris).

Salah satu universitas yang direkomendasikan oleh dosen saya untuk mencapai karir sebagai dosen sastra inggris adalah Universitas Indonesia. 

Sayang salah satu persyaratan untuk menjadi mahasiswa S-2 Sastra Inggris di kampus tersebut haruslah full time. Artinya jadwal perkuliahan hampir sama seperti kuliah S-1 yaitu dari pagi hingga sore. Bagi saya persyaratan tersebut menjadi kendala yang cukup besar dikarenakan selepas sarjana dan merantau ke Jakarta saya harus bekerja untuk menafkahi diri sendiri dan juga membantu perekonomian keluarga. For your info pada waktu saya menyelesaikan kuliah adik-adik saya juga masih kuliah. Saya kemudian mengambil keputusan untuk bekerja full time dan tetap belajar melalui internet tentang apa saja. Mulai dari perkembangan sastra inggris dan teori-teorinya hingga blogging yang kemudian menjadi hobi. Saya waktu itu berpendapat bahwa saya tidak akan mampu belajar dengan sempurna dan juga takut tidak bisa menyelesaikan studi tepat waktu.

Jika mengingat berapa lama waktu yang saya butuhkan untuk menyelesaikan pendidikan tinggi dengan titel sarjana sastra, saya khawatir kalau mengambil program magister di UI akan menghambat adik-adik saya untuk melanjutkan kuliahnya. Saya sendiri menyelesaikan pendidikan sarjana selama 5 tahun, sedangkan teman-teman seangkatan menyelesaikan pendidikan sarjana pas di waktu 4 tahun. 

Salah seorang teman saya (senior lebih tepatnya) akhirnya bisa menjadi dosen di almamater. Sepengetahuan saya selama bergaul dan berdiskusi dengan beliau di kampus dulu, menjadi mendapat kesempatan menjadi dosen bukanlah sebuah hal yang mengagetkan. Beliau begitu tertarik dengan dunia sastra khususnya tentang budaya populer dan film. Walaupun ada perbedaan di beberapa situasi saya berharap mahasiswa yang menjadi anak didiknya dapat berhasil dan mengikuti langkah beliau.

 

About these ads

3 Comment

  1. […] Belajar dari kisah Doni: kuliah di jurusan sastra inggris atau kuliah di jurusan manajemen Dosen Sebagai Pilihan Karir Sastra Inggris Paspor Untuk Menjelajahi Segala Peluang Kerja […]

  2. […] Belajar dari kisah Doni: kuliah di jurusan sastra inggris atau kuliah di jurusan manajemen Dosen Sebagai Pilihan Karir Sastra Inggris Paspor Untuk Menjelajahi Segala Peluang Kerja […]

  3. […] Yang harus Diketahui Doni: kuliah di jurusan sastra inggris atau kuliah di jurusan manajemen Dosen Sebagai Pilihan Karir Sastra Inggris Paspor Untuk Menjelajahi Segala Peluang Kerja […]

Leave a Reply

%d bloggers like this: