Uncategorized

Pilih Karir Yang Akan Dijalani Sejak Dini

Memilih karir sangat gampang. Ia bermula ketika anda masih anak-anak. Ketika itu pilihan karir sering ditanya dengan apa cita-cita anda. Maksud pertanyaan itu jelas menanyakan apa yang hendak anda lakukan ketika anda dewasa anda nanti.
Banyak diantara kita mulai bingung memilih karir setelah kita menyelesaikan pendidikan menengah umum. Banyak remaja yang kemudian sekedar ikut-ikutan dalam memilih perguruan tinggi. Karena seharusnya pilihan untuk memasuki perguruan tinggi kemudian menjadi awal anda dalam menetapkan karir anda nanti setelah lulus pendidikan tinggi tersebut. Saat anda menyerahkan keputusan anda akan menjadi apa dengan mengikuti teman anda maka seketika itu anda akan membuat karir anda menjadi tidak pasti. Hasilnya ketika anda menyelesaikan pendidikan di perguruan tinggi anda akan kembali didera kegalauan. Pendidikan formal yang anda jalani menentukan karir anda di kemudian hari.

Sekarang coba tanyakan pada diri anda sendiri dimana anda merasa nyaman. Coba lihatlah orang-orang dewasa di sekeliling anda. Pekerjaan macam apakah yang anda inginkan. Apakah pekerjaan tersebut membuat anda senang atau membuat anda merasa geli sendiri membayangkan anda melakukan pekerjaan tersebut.

Cobalah sekarang anda mengurangi membaca komik, manga, atau menonton televisi. Mulailah membaca biografi orang-orang yang terkenal yang anda sukai. Kemudian cobalah anda membayangkan jika anda juga menjalani kehidupan yang mereka jalani. Apa yang anda rasakan? Senangkah, membosankan, atau menghindari sama sekali.

Coba baca artikel mengenai karir beberapa rockstar dunia di republika online. Saya berikan dua contoh untuk anda bahwa seorang rockstar pun tidak melupakan karir yang mereka pilih walaupun mereka telah menjadi seorang yang terkenal. Greg Graffin, vokalis band punk legendaris asal Amerika Serikat, Bad Religion rupanya selain tampil menawan di atas panggung, juga sangat atraktif dan interaktif ketika berada di hadapan para mahasiswanya.
Greg tercatat sebagai salah satu profesor di Universitas of California Los Angeles (UCLA). Bagi Greg menjadi dosen merupakan pekerjaan yang menarik selain beraksi di atas panggung bersama bandnya. Vokalis, penulis lagu dan gitaris band punk the Offspring, Dexter Holland berhasil meraih gelar PhD di bidang Microbiologi dari Universitas of Southern California. Pekerjaan lainnya di luar kesibukannya di The Offspring adalah menjalankan perusahaan saus tomat, yakni Gringo Bandito.Gambar

Ketika anda kemudian telah memilih berarti anda telah meniti karir yang anda buat sendiri. Selamat merenung, selamat memilih.

Advertisements

One comment

  1. Pingback: 15 Hal Yang Perlu Diketahui Sebelum Masuk Perguruan Tinggi | PencariCerah

Leave a Reply