Pesan General Error http: 404 Not Found pada Google Webmaster Tools

http: 404 not found
smartpassiveincome.com

Kang Harman dari mastravelbiro.com menanyakan kenapa pada dashboard google webmaster tools nya terdapat pesan error http 404 not found. Jujur saya tidak mengetahui kenapa sampai terjadi hal tersebut sampai saya menjumpainya sendiri dalam melihat laporan pada blog yang memakai hosting blogger.com.

Setelah melakukan riset dan membaca artikel yang disediakan oleh para blogger di internet saya berkesimpulan kesalahan http 404 not found yang tampil di halaman dashboard google webmaster tools disebabkan robot.txt google tidak menemukan halaman yang dicari. Penjelasan teknisnya yaitu robot crawler google tidak dapat menelusuri halaman yang dimaksud dikarenakan beberapa alasan.

Alasan pertama, halaman atau postingan telah dihapus. Jika halaman/postingan dihapus robot.txt dari mesin pencari seperti google tidak dapat menemukan link yang dimaksud untuk di-antar-kan kepada manusia yang melakukan pencarian di google. Jika seseorang tidak menemukan artikel yang ia maksudkan maka ia akan cepat menutup blog/website yang terdapat di browser. Tentunya bagi seorang blogger/web master kejadian ini memberikan kerugian bagi keberlangsungan blognya. Mesin pencari dalam hal ini robot.txt akan mencatat banyaknya link out atau cancellation permintaan pada blog tersebut, akibatnya posisi blog/website tersebut akan turun.

Di dunia online peringkat satu di halaman satu hasil pencarian google adalah sebuah prestasi dan juga opportunity. Kehilangan kesempatan berada di peringkat satu atau di halaman pertama hasil pencarian akan mengurangi penjualan (jika blog atau website itu ecommerce) atau klik iklan (jika penghasilannya berasal dari iklan seperti google adsense atau wordads).

Alasan kedua adalah perintah yang diberikan pada halaman yang menolak untuk ditelusuri oleh robot.txt. Solusi paling jitu adalah berhati-hati dalam menentukan halaman/postingan mana yang harus ditelusuri oleh robot.txt dan halaman/postingan mana yang harus dicekal oleh robot.txt. Apa saja perintah yang mengakibatkan robot.txt “mencekal” sebuah halaman? Untuk menjawab pertanyaan ini saya pun butuh waktu karena dengan background pendidikan sastra inggris saya membutuhkan waktu untuk menelaah perintah/kode untuk robot.txt dan juga prakteknya.

Semoga tulisan mengenai pesan general error http: 404 not found kali ini bisa membantu.

Advertisements

Tinggalkan Balasan