Persiapan Menuju Dunia Kerja

Ketika anda melamar sebuah pekerjaan apa yang telah anda persiapkan? Hal ini yang menjadi concern saya ketika menulis hal ini. Kenapa? Sebagai seorang fresh graduate dari sebuah universitas terkemuka di padang, ternyata saya menyadari bahwa saya belum siap untuk masuk ke dunia kerja. Ketidak-siapan itu ditandai dengan betapa susahnya saya sebagai seorang yang fresh graduate jurusan sastra inggris untuk menemukan pekerjaan yang membutuhkan tamatan S-1 Sastra. Kenyataan ini amat bertolak belakang dengan anggapan kebanyakan masyarakat bahwa seseorang yang tamatan sastra asing apalagi sastra inggris akan mudah diserap oleh lapangan kerja. Untuk itu bagi anda yang sekarang lagi kuliah, tidak hanya bagi mahasiswa sastra asing atau Indonesia, mulai sekarang anda harus mempersiapkan keahlian lain yang nantinya menunjang karir anda.
Dari pengamatan saya pribadi terhadap iklan lowongan pekerjaan di koran ataupun di situs-situs loker online, ada beberapa skill yang harus anda punyai untuk beberapa posisi umum yang diincar para fresh graduate. Sebelum itu saya mencoba untuk memetakan posisi apa saja yang umumnya diincar oleh fresh graduate (catatan kebanyakan posisi ini hanya yang saya inginkan). Posisi pertama yang diincar adalah posisi interpreter atau penterjemah. Pekerjaan ini saya rasa memang cocok untuk mahasiswa sastra asing, karena mahasiswa sastra asing tersebut telah memoles skill ini selama 4 tahun di bangku perkuliahan. Bagi perusahaan luar negeri yang sedang ekspansi ke Indonesia keberadaan seorang penterjemah adalah sebuah kebutuhan agar komunikasi antara si pemilik perusahaan dengan para karyawannya (catatan karyawannya gak ngerti bahasa asing) dapat berlangsung dengan efektif. Menurut saya saat ini keberadaan penterjemah ini masih diperlukan untuk di beberapa daerah yang sedang membangun, namun untuk kota Jakarta sendiri…. Saya rasa keberadaan penterjemah (khususnya yang bahasa inggris) menjadi sebuah posisi yang amat kecil kesempatannya. Hal ini ditandai dengan tingkat pendidikan dasar di sekolah-sekolah kota megapolitan ini yang telah mengajarkan bahasa inggris kepada siswa-siswi semenjak cilik dan kondisi ini baru dilakukan beberapa tahun belakangan oleh daerah-daerah lain. Untuk menyiasati kemungkinan yang kecil ini maka para individu harus membekali diri mereka sendiri dengan bahasa asing yang lain. Dan dari pengamatan saya di iklan lowongan kerja, penterjemah yang menguasai dua bahasa asing terkhusus bahasa jepang, bahasa cina, maupun bahasa korea cukup banyak dicari. Mungkin hal ini berkaitan dengan keadaan ekonomi dunia dimana kondisi perekonomian korea (korea selatan kali ya), cina dan jepang yang pesat dan sekarang banyak berinvestasi di Indonesia. Selain kemampuan bahasa, kemampuan menguasai computer apalagi Microsoft office juga diperlukan. Saya rasa para mahasiswa sudah mempunyai keahlian ini karena mereka telah terbiasa menggunakan salah satu program tersebut dalam mengerjakan tugas perkuliahan mereka.
Posisi umum yang diincar oleh seorang fresh graduate dari jurusan sastra inggris adalah hrd atau human resources department. Bagian hrd ada beberapa hal yang saya perhatikan selalu menjadi persyaratan personil hrd yaitu menguasai perundang-undangan mengenai ketenagakerjaan Indonesia. Saya tidak mengerti kenapa harus mengetahui peraturan perundang-undangan tersebut akan tetapi saya mendapat gambaran bahwa hrd nantinya bertugas untuk membuat sebuah peraturan yang mengikat antara karyawan dan perusahaan. Sebelumnya saya beranggapan bahwa tugas hrd hanya untuk meningkatkan atau mempertahankan atau memperhatikan mutu karyawan. Apakah karyawan harus diupgrade, atau karyawan yang bersangkutan harus di PHK? Persyaratan lainnya adalah latar belakang pendidikan untuk posisi ini adalah jurusan psikologi. Mungkin mahasiswa psikologi lebih mengenal kejiwaan manusia yang disini diperlukan perusahaan untuk me-maintain kinerja karyawannya. Apakah mahasiswa sastra tidak bisa? Saya sarankan coba saja dulu. Karena setahu saya di perkuliahan sastra, mahasiswa juga mengenal teori-teori psikologi dan ahli-ahli psikologi (apalagi freud), dan mahasiswa sastra juga terbiasa menyelami sebuah karakter (walaupun dalam bentuk teks bukan personal alias orang beneran).

Akan tetapi kebanyakan perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan membutuhkan tenaga kerja yang berpengalaman atau mempunyai skill pada sebuah bidang. Contohnya, jika anda tamatan jurusan sastra maka anda harus mempunyai skill menulis karena proyeksi tamatan sastra adalah sebagai seorang jurnalis, editor, reporter atau lain sebagainya. Nah, jika skill ini tidak anda poles dari kuliah maka anda harus memulai memolesnya ketika anda keluar dari kampus. Blogging atau mengikuti mailing list kepenulisan akan melatih anda untuk skill menulis ini. Kebanyakan penulis selalu menyatakan tips menulis yang baik adalah dengan banyak membaca sekaligus banyak menulis.

Skill apa saja yang dibutuhkan oleh perusahaan saat ini? Selain keahlian berbahasa atau berkomunikasi dengan baik anda juga harus melengkapi diri anda dengan skill teknis seperti computer, financing, internet based, e-mailing, dan lain sebagainya. Menurut saya anda harus semampunya untuk mempunyai skill yang berhubungan dengan posisi yang anda lamar.

Secara umum bahasa inggris yang aktif maupun pasif menjadi persyaratan yang umum bagi perusahaan namun kemampuan bahasa tersebut harus ditambah dengan bahasa asing lain. Jika anda kebelet mendapatkan pekerjaan saran saya ambil saja pekerjaan dalam bidang sales dan marketing. Karena posisi ini membuat anda belajar dari pengalaman. Kebanyakan perusahaan menawarkan posisi ini pada para fresh graduate, dan para fresh graduate sepertinya banyak yang mikir-mikir dulu. Mungkin alasan para fresh graduate tersebut sama dengan saya yaitu saya tidak mempunyai bakat untuk berjualan, atau saya tidak pernah berjualan, atau gengsi menjadi salesman. Tenang saja saya juga begitu kok… tapi saya akhirnya memutuskan untuk mengambil bidang ini sebagai langkah awal saya bekerja.

Saya telah memberikan beberapa ide untuk memulai perburuan pekerjaan, bagaimana menurut anda?

Advertisements

Tinggalkan Balasan