About these ads

Persiapan Menikah: Ilmu dan Finansial

Menikah itu butuh persiapan, kata ustadz Salim dalam setiap bukunya. Persiapan ini yang direduksi oleh masyarakat kita kepada persiapan finansial. Kalau kata bunda saya, “anak orang mau dikasih makan apa?”.

Padahal persiapan menikah itu banyak aspeknya dan finansial hanya salah satu aspek. Persiapan yang tidak kalah penting daripada finansial adalah persiapan ilmunya. Tanpa ilmu bagaimana mungkin rumah tangga idaman akan tercapai. Semua pasti menginginkan rumah tangganya sakinah, mawaddah, wa rahmah. Jika tanpa ilmu yang dipersiapkan maka hal ini tidak akan tercapai.

Ada banyak contoh pernikahan yang tidak berhasil karena hanya mempersiapkan finansial tanpa ilmu yang cukup. Bagi yang nonton acara gosip tentu sudah paham. Banyak pasangan selebriti yang kandas pernikahannya karena sebab kurangnya ilmu dalam menikah.

Sebelum menikah saya mempersiapkan ilmu, karena dengan ilmu saya yakin kehidupan saya akan lebih baik. Tapi saya juga merasa tidak seimbang dalam mempersiapkan pernikahan. Finansial saya tidak geber sehingga ada kekurangan dalam mengarungi rumah tangga.

Ada beberapa persiapan lagi selain ilmu dan finansial yang harus diketahui. Tapi saya kali ini hanya mengingat dua hal tersebut. Cobalah datangi toko buku terdekat dan bacalah buku tentang persiapan berumah tangga dan juga buku tentang mendidik anak. Karena menikah bukan hanya menyatukan dua insan atau dua keluarga tapi membangun sebuah peradaban.

About these ads

Leave a Reply

%d bloggers like this: