Perawatan Genset Gedung Sesuai SOP Agar Kebakaran Tak Terjadi

Perawatan genset mesti dilakukan dengan seksama dan perlu ketelitian. Jika tidak maka resiko kebakaran yang berasal dari pengoperasian alat, yang terdiri dari komponen panel penghasil listrik dan mesin penghasil tenaga gerak, akan sangat tinggi.

Genset merupakan alat yang menurut saya selayaknya dimiliki untuk rumah tinggal yang mengalami buruknya suplai listrik maupun usaha kecil menengah yang membutuhkan daya listrik yang tidak standar untuk menjalankan operasinya. Genset rumah standy mungkin akan menjadi pilihan yang tepat jika anda bisa membuat ruang yang akan melindungi alat penghasil listrik tersebut dari penyebab-penyebab kerusakan dan kebakaran seperti konsleting.

Atau membeli genset portable jika anda tidak bisa mengakomodir penyediaan ruang untuk genset. Jika genset portable yang menjadi pilihan maka bersiaplah untuk mengalokasikan dana membeli bahan bakar solar dan juga kapas untuk mengurangi kebisikan karena pengoperasian genset tersebut.

Jika memungkinkan ada baiknya menghindari membeli genset bekas. Masih ada merek dan rekomendasi genset terbaik dengan memperhatikan beberapa review: mulai dari genset dengan daya lebih tinggi dari kebutuhan listrik dari darurat rumah hingga genset yang digunakan sebagai sumber daya darurat untuk kelas pabrik atau kantor.

Beberapa tahun yang lalu gedung tempat saya bekerja pernah mengalami sebuah kejadian yang menegangkan. Peristiwanya berasal dari peringatan kebakaran yang terjadi dimana generator set atau lebih dikenal dengan singkatan genset yang berada di lantai 2. Akibatnya selain alat elektronik kantor mati, lift yang menjadi sarana transportasi utama antar lantai pun tidak bisa digunakan. Kebetulan kantor saya berada di lantai 18, jadi meskipun berusaha tenang hati saya was-was jika antisipasi kebakaran gagal dilakukan oleh tim yang berada dilantai bawah.

Kebayang paniknya saya dan rekan-rekan kantor yang berada dilantai dua keatas kalau harus turun melalui tangga darurat dari lantai delapan belas ke lobi kantor ditengah kepungan asap.

Kejadian kebakaran yang terjadi di lantai genset tersebut untungnya cepat teratasi dengan sistem pemadam kebakaran aktif seperti sprinkler dan apar tidak membuat kejadian yang sangat jarang terjadi itu menjadi akhir hidup yang tragis bagi kami para pegawai kantor yang berada dilantai paling atas. Secara resmi pihak pengelola tidak mengumumkan kronologis kejadian tersebut, dari kabar burung antar penghuni sayup-sayup saya mendengar penyebab kebakaran di lantai tiga tersebut dikarenakan konsleting listrik generator sendiri.

Sebagai alat yang dihandalkan sebagai penyuplai daya ketika layanan listrik tidak maksimal apa yang terjadi di gedung kantor saya beberapa tahun membuat saya penasaran bagaimana pengelola gedung merawat generator set yang mereka miliki. Dengan jumlah lantai lebih dari sepuluh, seharusnya pengelola gedung memiliki sop perawatan genset yang ketat. Mungkin saja pas kejadian tersebut sop  tidak berjalan sebagaimana mestinya dikarenakan human error atau pun suku cadang genset yang luput dari perawatan.

Bagi tim penilai kelayakan asuransi, sop perawatan genset menjadi hal yang sangat mutlak mendapatkan jawaban dari calon tertanggung. Perawatan genset gedung yang tidak terkontrol berkemungkinan besar akan membuat orang yang mengasuransikan gedung tersebut harus membeli proteksi asuransi yang mahal. Kadang tertanggung yang akan memperpanjang polis asuransi gedung yang akan jatuh tempo menanyakan kepada saya kenapa biaya asuransi kantor/gedung meningkat dikarenakan sebuah peristiwa kebakaran yang terjadi dikantor mereka.

Makanya nilai premi asuransi antara satu komplek kantor bisa jadi berbeda. Tim penilai kelayakan asuransi akan memberikan potongan harga jika pengelola gedung menginformasikan proteksi apa saja yang telah mereka lakukan untuk mengurangi resiko kebakaran kepada pihak asuransi. Menginformasikan jadwal perawatan genset yang dimiliki merupakan salah satunya.

Ada beragam perawatan genset yang saya temui di beberapa klien. Ada yang memiliki tim khusus dibawah koordinasi general affair dan ada yang mendapatkan servis dari distributor genset. Baik tim in-house (sebutan saya untuk karyawan yang ditugaskan untuk mengawasi generator set kantor) maupun tim luar memiliki form perawatan genset yang sama. Dari form inilah tim saya, perusahaan asuransi, akan memberi bonus khusus kepada perusahaan yang memiliki kesadaran akan resiko kecelakaan seperti kebakaran.

Secara umum, informasi perawatan genset yang saya terima dari beberapa karyawan klien ada lima, yaitu:

  • meletakkan genset pada tempat kering karena apabila terkena air ataupun matahari dapat rusak.
  • menjaga kebersihan genset dari debu, kotoran, minyak dan air yang menempel supaya bagian radiator genset tetap dalam keadaan baik.
  • memperhatikan suku cadang yang sudah aus dan termakan usia dan segera ganti supaya genset dapat bekerja optimal.
  • meletakkan genset pada ruangan yang memiliki sirkulasi udara yang baik untuk membuat gas buangan dari pembakaran genset dalam asap knalpot terbuang dengan baik.
  • Membaca buku manual untuk memperhatikan pengoperasian genset supaya tidak terjadi kerusakan pada genset.

Karena saya tidak bisa memberikan contoh checklist perawatan genset dikarenakan informasi rahasia dari klien. Dibawah ini contoh form perawatan genset yang isinya kurang lebih sama hasil googling

contoh form perawatan genset
sumber: google image

Bagi kantor yang tidak memiliki budget untuk mempunyai tim yang merawat generator set-nya sendiri, mempertimbangkan layanan service genset 24 jam dari sebuah vendor layak untuk diprioritaskan. Jadi selain memastikan produksi perusahaan tetap berlangsung saat suplai listrik bermasalah dengan memilih jenis genset yang tepat, vendor yang memiliki layanan servis akan menghemat pengeluaran gaji pegawai. Tapi saran saya jangan menawar dengan keterlaluan, vendor yang menyediakan layanan servis genset juga harus membayar keringat karyawannya. Mungkin lebih tepat saat anda meminta pengurangan harga beli dan layanan servis, minta vendor penjual genset merinci komponen layanan servis yang mereka miliki. Jadi vendor tidak mengurangi gaji karyawan yang ditugaskan untuk merawat genset kantor.

Sewatama merupakan salah penyedia sewa genset dan service genset 24 jam. Dengan operasional dan perawatan pembangkit listrik menggunakan reciprocating engine dengan back up 24 jam per 7 hari dan menjadi jaringan terbesar di seluruh pelosok nusantara. Perawatan perlengkapan dan perangkat ketenagalistrikan dengan kualitas baik dan aset dapat terjaga beroperasi optimum dalam jangka yang panjang. Menyediakan dewatering untuk menangani daerah cekung di areal penambangan untuk stabilitas operasional tambang.

Advertisements

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *