Pelajari Kasus Publisher Yang Kena Banned Oleh Chitika Sebelum Anda Mendaftar


Ternyata bukan saya saja yang terkena kasus kena banned oleh chitika. Ada banyak publisher yang mempunyai kasus serupa. Alasan penonaktifan blog pun sama dan bisa dilihat pada postingan yang lalu.
Saya menemukan seseorang memposting kasus ini di forum pebisnis online warrior.com dengan judul thread Warning: Chitika bans for High Quality Traffic in expensive niches. Kejadian yang dialami anggota warrior.com dengan akun bboyspider terjadi pada tahun 2013. Di forum tersebut bboyspider menceritakan kalau ia menggunakan chitika untuk blog yang bertemakan auto insurance. Traffic yang dia dapatkan kebanyakan berasal dari Amerika Serikat. Niche insurance sendiri merupakan niche dengan rate Cost per action tinggi. Seperti google Adsense, Chitika pun memiliki persyaratan yang cukup ketat untuk menjadi penayang iklan mereka. Singkat cerita bboyspider di approve sebagai publisher program CPC Chitika dengan blog yang memiliki niche insurance. Setelah pendapatannya mencapai sekitar lebih dari 2 USD tiba-tiba bboyspider mendapatkan email dari chitika yang mengatakan bahwa akunnya telah dinon-aktifkan karena melanggar Term of service dari Chitika.
Dan seperti apa yang saya lakukan setelah mendapatkan email dari support Chitika bboyspider melakukan banding atas keputusan sepihak chitika tersebut yang intinya blog yang dikelola tidak termasuk dalam konten yang dilarang oleh chitika. Pihak Chitika membalas dengan alasan bboyspider melakukan keywords spamming yang menyebabkan unnatural inflation of CPC.
Saya tidak bisa mengatakan sebaiknya anda menghindari chitika untuk monetisasi blog anda, tetapi saya berharap kejadian yang menimpa saya dan juga bboyspider bisa memberi anda inspirasi agar lebih berhati-hati baik dalam memilih program bisnis online yang baik dan juga berhati-hati dalam membuat konten. Bisnis online saat ini telah menjadi samudera merah (mengutip istilah buku samudera biru) karena itu kreatifitas harus menjadi poin terpenting dalam mengarunginya.
Salam Sukses.


Advertisements

Tinggalkan Balasan