OSPEK: Tujuan dan Manfaatnya Yang Hilang

Pengertian Ospek?

ospek mahasiswa baru di jurusan sastra inggris
gambar dari google

Setelah selesai kuliah dan mulai bekerja serta menuliskan kenangan tentang masa ospek kuliah, baru kali ini saya mengetahui bahwa ospek ternyata masuk dalam situs ensiklopedi Wikipedia. Saya jadi bertanya-tanya siapa yang punya kerjaan sampai-sampai situs ensiklopedi tersebut harus memuat pengertian kegiatan yang tidak terlalu penting tersebut. Pantas saja dosen killer sastra inggris saya mulai mem-black list situs ensiklopedia satu ini setiap kali kawan-kawan mengambil kutipan.

Bagi yang akan masuk perguruan tinggi Ospek adalah singkatan dari Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus. Kegiatan penyambutan mahasiswa baru ini sering disebut-sebut sebagai kegiatan yang bertujuan agar mahasiswa baru bisa beradaptasi dengan kehidupannya yang baru, yaitu sebagai mahasiswa. Dalam beradaptasi dengan lingkungan baru ini mahasiswa baru diajak untuk mengenal kampus dan kehidupan kampus secara formal [dan informal] oleh mahasiswa lama (baca: senior).

Tujuan dan Fungsi Ospek

Kehidupan perkuliahan berbeda dengan sekolah. Jika di sekolah seorang pelajar sudah mendapatkan jadwal pelajaran tertentu yang fixed, maka di perkuliahan mahasiswa harus memilih mata kuliah, jadwal kuliah dan dosen yang mengajar. Seharusnya mahasiswa senior lebih mengedepankan hal ini kepada adik-adik mereka mahasiswa baru. Penggonjlokan mahasiswa senior kepada mahasiswa yunior (baca: mahasiswa baru) hanya akan menimbulkan rasa sakit hati yang mungkin akan terbawa hingga kehidupan diluar kampus.

Tidak sedikit kisah yang saya dengar mahasiswa baru yang mendendam kepada seniornya karena perlakuan senior yang tidak menghargai mahasiswa baru sebagai seorang manusia. Saya pernah mendengar bahwa di salah satu kampus, sewaktu saya kuliah, ada mahasiswa baru yang telah mempersiapkan senjata tajam untuk menjaga diri dari ulah keterlaluan seniornya. Kejadian-kejadian ini yang seharusnya dapat dihindari jika pihak fakultas tidak lepas tangan dalam mengawasi senior-senior pendendam. Saya sebut pendendam disini karena perlakuan senior pada kegiatan ospek mahasiswa baru adalah perlakuan yang hampir sama ketika mahasiswa senior juga berstatus mahasiswa baru.

Kontroversi Kegiatan Ospek

Saya telah menuliskan tadi diatas bahwa orientasi studi dan pengenalan kampus mempunyai dua sisi yang saling beralawanan. Di satu sisi mahasiswa baru diajak beradaptasi untuk mengukur dan mengatur hidupnya sendiri dengan memilih mata kuliah yang akan diikuti, dosen yang akan mengajar, dan juga jadwal yang sesuai, dan di sisi lain senior mengajarkan untuk mendendam dengan perlakuan-perlakuan yang tidak manusiawi dengan sebuah status mahasiswa yang lebih dulu masuk ke kampus.

Banyak berita yang telah mengabarkan betapa kegiatan OSPEK untuk mahasiswa baru harus dihentikan atau minimal diawasi secara ketat oleh pihak kampus dan pihak pengamanan seperti kepolisian. Pelecehan mahasiswi dalam ospek di kampus ITN beberapa waktu yang lalu hanya puncak dari gunung es yang muncul ke tengah masyarakat. Ada pelecehan-pelecehan yang lain yang tidak terekspos ke media ataupun kepada orang tua yang menyebabkan mahasiswa baru tidak bisa lepas dari lingkaran setan pembalasan.

About these ads

3 Comment

  1. […] apa yang diajarkan selama Ospek? dan apa bedanya dengan MOS pada saat SMA SMP, dan berapa lama ospek dilaksanakan? (Saya pernah […]

  2. […] anda merasakan deg-degan dengan pengalaman ospek mahasiswa baru di jurusan sastra inggris nantinya. Sama seperti anda saya juga merasakannya dan […]

  3. […] sarjana bagi calon mahasiswa perlu tahu juga apa itu sks dalam kuliah. Idealnya dengan tidak ada ospek calon mahasiswa harus banyak mencari informasi agar bisa membantu percepatan proses belajar di […]

Leave a Reply