About these ads

Niche dan Micro Niche Finder

Saya sudah lama tidak update tulisan di blog ini, tulisan terakhir saya sangat tidak memuaskan saya secara pribadi. Walaupun begitu saya merasa senang dengan traffic blog pencaricerah hingga saat ini. Jika melihat statistik yang disediakan oleh wordpress ada sekitar 100 pengunjung perharinya yang mengunjungi blog ini. Sebagai seorang blogger adanya pengunjung blog dan memberikan komentar pada blognya itu sudah memberikan kepuasan yang amat sangat. Saya berharap blog ini dan juga tulisan didalamnya agar bermanfaat bagi orang banyak. Seperti pepatah lama yang mengatakan, Harimau mati meninggalkan belang blogger wafat meninggalkan tulisan 🙂 . Saya sedang mencoba untuk menulis sebuah topik micro niche.

Topik ini menurut saya akan sangat berguna bagi mahasiswa sastra inggris yang tertarik dengan peluang bisnis melalui internet yang pernah saya tulis. Tulisan ini berasal dari ebook yang saya download secara gratis dan juga kumpulan dari artikel-artikel tentang mencari niche sebagai langkah untuk memulai bisnis internet.

What is a NICHE?

Kita mulai tulisan ini dengan pertanyaan sederhana apa itu niche atau what is a niche?.

Niche adalah kunci bagi bisnis internet anda. Mungkin terjemahan tepatnya kata ini adalah ceruk pasar. Jika anda menemukan ceruk pasar yang menguntungkan maka anda akan seperti menemukan tambang emas dalam memulai bisnis online.

Saya berikan anda sebuah gambaran maksud dari ceruk pasar atau niche ini. Anda seorang mahasiswa sastra inggris sehari-hari anda selalu bercengkrama dengan bahasa inggris (mungkin tidak tiap detiknya tapi paling tidak setiap anda belajar di dalam kelas), saat anda berjalan-jalan ke fakultas lain seperti fakultas teknik, ekonomi, dan lain-lain anda menemukan bahwa teman anda sedang kesulitan dalam memahami teks yang terdapat didalam buku atau artikel yang telah mereka cetak. Oke mungkin teman anda telah menggunakan alat terjemahan seperti google translate atau transtool tapi mereka malah semakin bingung dengan hasil terjemahan dari alat-alat tersebut. Maka anda membantu mereka menterjemahkan teks dari bahasa inggris ke bahasa indonesia hingga mereka benar-benar menangkap maksud dari teks yang ada ditangan mereka. Anda kemudian sadar bahwa untuk teks ini tentu ada banyak mahasiswa lain yang merasa kesulitan dalam memahami teks yang serupa oleh karena itu anda memasarkan kemampuan anda untuk terjemahan kontekstual dan membuat blog khusus terjemahan kontekstual. Atau (di Dunia Nyata) anda akan membuat pamflet jasa terjemahan kontekstual yang tentunya akan memberikan anda keuntungan ganda. Pertama blog anda selalu ramai oleh orang-orang yang membaca artikel terjemahan (atau mungkin juga hanya copy paste karena orangnya malas baca, ada cara untuk membuat orang tersebut tidak bisa sembarangan melakukan copas) dan anda mendapatkan uang tunai dari jasa terjemahan kontekstual yang telah anda berikan.

Situasi ini yang saya sebut dengan ceruk pasar atau niche. Jika anda memulai bisnis internet dengan blog maka anda akan dikenal sebagai penterjemah kontekstual yang tidak membuat kening berkerut. Setiap orang yang membutuhkan terjemahan yang sederhana dan dipahami maka orang tersebut akan datang kepada anda. Dalam hal ini niche dapat berarti dua hal kepada anda. Pertama ceruk pasar dan yang kedua BRAND/Merek.

Micro Niche Finder

Saat ini saya sedang tertarik dengan sebuah software yang bernama micro niche finder.

Software micro niche finder ini disebut-sebut mampu untuk menganalisa niche yang sedang hot. Dengan mengetahui the hottest niche on the web anda akan mendapatkan dua hal, pertama kata kunci yang sedang populer di web (jadi tinggal mengembangkan tulisan berdasarkan kata kunci tersebut) dan juga langsung memasarkan produk/jasa yang anda miliki.

Micro niche finder adalah program ekslusif yaitu anda harus membayar sebesar $37. Saya mencoba trial dari program ini untuk membuat beberapa situs micro yang menjual produk afiliasi saya.

About these ads

Leave a Reply

%d bloggers like this: