About these ads

nama domain, 6 hal yang harus diperhatikan

Nama domain yang anda pilih merupakan brand yang akan anda jual selama anda melakukan blogging.

Bagaimana memilih nama domain yang baik? Juragan Cipir memberikan enam hal yang harus diperhatikan saat anda akan membeli domain.

1. Usahakan agar nama domain pendek
Kenapa nama domain diusahakan pendek? Kebanyakan manusia tidak memiliki daya ingat yang kuat dan hanya mampu untuk mengingat beberapa suku kata. Menggunakan satu suku kata sebagai alamat website anda akan membuat website tersebut lebih mudah diingat.

2. Nama domain unik dan mudah diingat
coba lihat situs google.com atau induk perusahaannya abc.xyz. domain yang digunakan sama-sama unik dan mudah diingat.

3. Nama domain mengandung kata kunci/topik yang dibahas
Saya menggunakan nama sendiri sebagai alamat blog yang saya beli dari registrar godaddy. Memang tidak mengandung kata kunci spesifik karena blog yang saya kelola ini bersifat pribadi dan tulisan saya rata-rata hanya berkisar pada hal-hal yang menarik perhatian saya pada waktu tertentu. Saran dari seorang internet marketer, Yaro Starak, jika anda memilih

Nama domain untuk kepentingan bisnis maka pilihlah nama domain yang sesuai dengan tujuan tersebut. Contohnya ngaturduit.com, website tentang perencanaan keuangan dan investasi yang dikelola oleh Safir Senduk. Dari nama website tersebut kita bisa mengira kalau isi websitenya adalah topik-topik mengenai cara mengatur keuangan.

4. Usahakan nama domain tidak mengunakan tanda penghubung seperti minus (-) contohnya www.sutan-mudo.com. Saran dari juragan cipir ini bertolak belakang dengan metode yang diajarkan oleh Asian Brain. Di Asian Brain, Anne Ahira, malah menyarankan jika nama domain yang kita incar tidak ada atau sudah terdaftar maka sebaiknya gunakan karakter khusus seperti minus (-) atau angka agar domain tersebut dapat menjadi milik kita.

5. Hindari semaksimal domain yang merupakan nama dagang / merk dari perusahaan besar.
Ada sebuah kasus yang saya baca di pandi, bahwa seorang pemilik domain netflix.id disomasi oleh perusahaan netflix karena menggunakan merk dagangnya. netflix adalah perusahaan dengan merek dagang yang sama dan bergerak di bidang sewa menyewa film secara online.

6. Pilih ekstensi yang tepat untuk nama domain pilihan anda.
Ekstensi untuk domain website yang dianjurkan ada tiga yaitu .com, .net, dan .org. Sekarang ekstensi domain itu berkembang dan anda bisa memilih ekstensi yang menggambarkan konten website anda nantinya. Contoh an.tv merupakan domain dari salah satu stasiun televisi swasta di Indonesia An Teve. Ekstensi .tv menunjukkan jika website tersebut adalah website yang berhubungan dengan televisi. Contoh lainnya adalah tempo.co, portal berita investigatif memiliki ekstensi yang unik namun tetap memberitahukan bahwa portal tersebut adalah sebuah company (co) / perusahaan surat kabar online. Saat ini ekstensi yang cukup populer adalah ekstensi .xyz. Ekstensi domain ini pertama kali dipopulerkan oleh induk perusahaan google, alphabet. Situs ini dapat di akses di https://abc.xyz.

Jika anda ingin mendapatkan diskon dari godaddy untuk blog atau website anda, silahkan mendaftar di newsletter karena penawaran ini hanya khusus untuk subscriber blog saya.

About these ads

Leave a Reply

%d bloggers like this: