nama bayi laki laki muslim, saran saja

Nama bayi laki laki muslim itu bagi saya sulit sekali. Mungkin karena belum pernah mempelajari bahasa arab dengan khusus membuat saya kesulitan untuk keluar dari nama-nama muslim seperti ahmad, muhammad, hasan, dan lain-lain.

Setelah nonton film sang Murabbi dimana ada adegan syekh Rahmat Abdullah memberikan nama bayi kepada muridnya saya jadi ingin sekali nama bayi laki laki muslim yang insya Allah akan lahir nanti punya karakter yang sama. Dalam film tersebut syekh Rahmat Abdullah memberikan nama berbahasa arab yang artinya putik bunga di taman surga, sebuah nama yang sederhana tapi mempunyai makna yang mendalam disertai juga doa tulus agar anak menjadi bunga di surga. (Untuk lebih tepatnya nama bayi yang diberikan oleh ustadz Rahmat saya nonton filmnya lagi)

Terinspirasi pada adegan tersebut saya memberikan nama kepada ponakan saya almarhum yang tidak sempat menghirup udara dunia. Saya memberikan nama Jannatul Rijjal Syafaat artinya kurang lebih pemuda surga pemberi syafaat. (Kepada yang rekan-rekan yang lebih mampu berbahasa arab saya mohon bantuannya kalau ada kesalahan dalam kata-kata tersebut) Kebetulan adik saya dan keluarganya belum mempersiapkan nama untuk si bayi dan saya kebetulan terinspirasi dengan hadist yang mengisahkan, anak-anak yang belum sempat menghirup udara dunia akan menjadi pemuda-pemuda tampan yang akan memberi syafaat bagi orang tua mereka nanti di akhirat kelak.

Memberikan nama bayi laki laki muslim dengan nama yang tidak islami sebaiknya dihindari oleh orang tua muslim. Mungkin hanya saya saja yang beranggapan seperti itu, anggapan ini berasal dari ungkapan nama adalah doa. Jika tidak hati-hati dalam memilih nama bayi maka mungkin kedepannya akan berdampak bagi masa depan anak. Anak adalah titipan, dan titipan harus dijaga dengan baik hingga pemiliknya meminta kembali. Jangan sampai di akhirat nanti si anak protes kepada orang tuanya mengenai nama yang tidak islami.

Saya dan istri telah bersepakat untuk memberikan nama bayi laki laki muslim kepada anak pertama kami. Ada beberapa nama yang telah kami persiapkan dan semoga Allah memberikan karunianya berupa kesehatan, kelapangan, dan kesehatan bagi mereka berdua untuk dapat bersama dengan saya dalam mengarungi kehidupan dunia ini. Amiin Ya Rabbal ‘Alamin.

Mohon doanya ya supaya nama bayi laki-laki muslim yang kami persiapkan tidak membuat kami bersedih.

About these ads

1 Comment

  1. […] ← nama bayi laki laki muslim, saran saja […]

Leave a Reply