Uncategorized

My Own Project For This Year – BookBlogShop

Gue mempunyai rencana beberapa blog yang telah gue set agar dapat menghasilkan dollar. Beberapa bisnis internet telah gue cobain namun hasilnya masih belum keliatan. Memang untuk berburu dolar lewat blog atau media online lainnya tidaklah mudah, amat bertentangan sekali dengan iklan beberapa produk bisnis online yang menjanjikan kekayaan mendadak dengan membeli produk yang mereka tawarkan. Usaha online yang gue lakuin hingga hari ini ada beberapa yaitu iklan melalui adsense dan adbrite, pay per post dari blogvertise dan sponsored review, dan ptc. Karena bisnis internet online gue belum menunjukkan hasil yang gue inginkan maka dari itu gue mencoba jenis usaha online yang hingga kemaren gue masih bingung bagaimana cara memulainya, yaitu dengan menjual barang secara online atau membuat online shop.

Barang yang gue jual adalah buku. Dari dulu gue pengen punya toko buku, tapi setelah bertanya-tanya kepada beberapa senior impian gue itu belum kesampaian. Alasannya cukup klise yaitu gue tidak mempunyai modal untuk memulai usaha tersebut. Mulai dari modal jaringan, hingga modal tabungan. Namun setelah bertemu dengan sohib gue Baim, impian mempunyai sebuah toko buku akhirnya bisa gue wujudkan. Memang masih menggunakan fasilitas gratisan tapi sebagai sebuah awal bagi gue gak masalah.

Toko gue bisa dilihat di www.rarebooks.comuv.net tapi sekarang ini isinya belum ada karena baru kemaren gue bisa menginstall wordpress pada hostingan 000webhost.com. Sehari sebelumnya udah gue coba tapi gagal karena jaringan lagi lelet dan membuat gue rada teler n keki berat.

Buku yang menjadi komoditas adalah buku-buku kwitang, dimana gue membantu para pecinta ilmu dan pencari pengetahuan yang tidak sempat datang ke kwitang (atau sekarang pasar eks kwitang di JaCC lt 3A) bisa mencari buku yang ia inginkan melalui blogshop ini.

Jadi mekanismenya begini: Pengunjung melihat beberapa buku yang mereka inginkan, lalu mereka memesan melalui form order yang saya berikan. Form order tersebut berisi nama calon pembeli, alamat si calon pembeli, nomor telpon si calon pembeli, alamat emailnya. Pembelian buku yang dilakukan secara online gue rencanakan melalui dua sistem pertama transfer antar bank, atau dengan memakai situs pembayaran online seperti paypal atau alertpay. Ketika uang yang ditransfer telah dikonfirmasikan berada di rekening gue apakah itu di paypal atau di rekening tabungan, maka pengiriman buku dapat dilakukan.

Pengiriman buku dilakukan dengan melalui pihak ketiga yaitu dengan menggunakan jasa pos atau pengiriman kilat swasta.

Nah, sekarang gue sudah mempunyai beberapa blog dan beberapa blog tersebut mempunyai traffic, yang menurut gue masih, lumayan-lah. Hanya saja dengan traffic sekarang calon pembeli akan kecil, apa lagi gue harus bersaing dengan situs yang telah lebih dulu muncul seperti kutubuku.com. Namun jika kita sudah bertekad maka hasilnya akan sepadan dengan usaha kita yang telah dilakukan.

Hal lain yang perlu dipersiapkan adalah script form orderan. Gue harus melakukan dua hal dengan cepat, yang pertama adalah memverifikasi akun pembayaran online gue, paypal dan alertpay, dan tentu saja mencari tahu bagaimana membuat sebuah script yang aman dari hacker.

Advertisements

Leave a Reply