Uncategorized

Modifikasi Template Johny Responsive

blogger.com
Modifikasi Template Johny Responsive yang saya dapatkan secara gratis dari Mas Kolis adalah hal yang cukup menantang. Tantangannya datang dari pengetahuan saya yang minus tentang html advance dan juga keinginan agar blog dapat menjadi lebih baik dari sebelumnya. Jadi dengan sedikit nekad dan sedikit pengetahuan tentang html saya memberanikan diri utak atik dan melakukan penambahan disana dan disini.

Penambahan yang paling anyar adalah penggunaan lembar komentar disqus.com. Beberapa blog dan website yang sering saya kunjungi menggunakan lembar komentar ini dalam blog mereka. Mengenai kelebihan lembar komentar ini saya masih belum tahu banyak karena seperti yang saya sebutkan diatas saya baru saja download dan instalasi plugin komentar ini. Salah satu yang saya rasakan adalah plugin ini dapat membutuhkan authentifikasi terhadap yang user. Jadi user yang akan komen di blog kandrawilko.info atau blog yang menggunakan plugin disqus harus menggunakan salah satu dari alat authentifikasi yang dipunyai seperti email, akun facebook, akun Google Plus, atau akun twitter. Jadi diharapkan tidak ada akun anonym yang melakukan spamming di lembar komentar.

Untuk kedepan saya merencanakan untuk mengubah warna background dan juga foregroundnya. Warna hitam sepertinya tidak mencerminkan karakter saya (warna kulit sih iya 🙂 )

Modifikasi saya yang kedua adalah menambahkan kode GA pada setiap halaman posting. Penambahan ini berbeda dari yang saya lakukan sebelumnya. Pertama saya akan menjelaskan kenapa penempatan iklan GA berada dibawah postingan. Program PPC dari Google yang saya ikuti ini memberikan imbal jasa kepada saya jika saya bisa membantu partner Google untuk mendapatkan pelanggan potensialnya yang berada di website saya. Salah satu tempat yang paling potensial untuk mendapatkan klik adalah posisi yang berada tepat dibawah judul postingan. Saya juga menemukan cara ini tidak sengaja, dan karena keinginan untuk membuat template blog ini lebih kandra banget maka saya belajar kembali html dan membuka kembali buku-buku elektronik tentang html dan juga css. Tentu saja saya tidak akan menahan pengetahuan atau ilmu ini sendiri karena kewajiban orang yang mempunyai pengetahuan akan sesuatu adalah mengajarkannya kepada yang belum tahu.

Sebelumnya modifikasi yang pertama kali yang saya lakukan adalah menambah social bookmarking, lintasme. Dalam template johny responsive sebenarnya untuk social bookmarking telah diberikan empat icon yaitu facebook like and share, twitter, google plus, dan juga pin interest. Namun saya tidak puas dengan social bookmarking yang telah ada. Saya akhirnya memilih menambah lintasme. Menurut saya lintasme mempunyai jaringan yang cukup luas untuk kategori situs social bookmarking Indonesia. 

Selain itu saya juga melakukan modifikasi pada icon social bookmarking facebook like and share. Saya mengganti kode yang telah diberikan oleh Mas Kolis dengan kode yang saya ambil langsung dari facebook developers. Maunya belajar dan hasilnya juga membuat saya harus belajar banyak. Letak icon yang telah rapi yang disusun oleh Mas Kolis di template johny responsive akhirnya berantakan oleh saya. Semoga saja saya bisa membuatnya rapi kembali.

Sekian dulu cerita saya tentang modifikasi template Johny Responsive, dan silahkan datang lagi untuk mengetahui cara meletakkan kode GA di bawah posting di template johny responsive.

Advertisements

Leave a Reply