Modal Memulai Usaha Melalui Kegiatan Online

Membuat postingan peluang usaha untuk mahasiswa sastra inggris melalui kegiatan online seperti blogging rasanya masih kurang pas tanpa memberitahukan bagaimana caranya. Saya sendiri masih belum cukup ilmu dan pengalaman dalam memanfaatkan aktivitas berselancar di internet untuk meraih dolar tapi saya ingin berbagi pengalaman saya yang sedikit tersebut dengan harapan dari tulisan saya ada inspirasi dari teman-teman untuk menghasilkan uang dari kegiatan berselancar di dunia maya.

menjual informasi

Mungkin beberapa dari anda telah memanfaatkan situs jejaring social untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari internet. Baik facebook, twitter, path, atau situs jejaring sosial lainnya sekarang menjadi primadona untuk mendapatkan tambahan.

Saya disini ingin berbagi dengan rekan-rekan bagaimana mendapatkan penghasilan atau meluaskan pangsa pasar rekan-rekan (dengan asumsi anda telah mulai berjualan di akun situs jejaring social masing-masing).

Pertama-tama ijinkan saya bercerita sedikit mengenai petualangan saya yang masih newbie ini di dunia blogging dan internet marketing. Saya memulai aktivitas blogging di tahun 2008 dengan menggunakan dua platform blogging yang populer blogger.com dan wordpress.com. Pada awalnya saya hanya ikut-ikutan si A punya blog maka saya pun membuat blog. Si A menceritakan kehidupannya sehari-hari di blognya saya juga menceritakan kehidupan saya. Mungkin waktu itu saya ingin seperti Raditya Dika yang dapat menerbitkan sebuah buku dari blognya yang terkenal kambing jantan. Kemudian saya membaca sebuah artikel dimana orang Indonesia bisa mendapatkan dolar dari blog yang dikelolanya. Dan ketika itu pula saya mulai berpikir mungkin ini jawaban dari kegalauan saya. Sebagai seorang fresh graduate dari jurusan sastra inggris saya merasa kurang dengan tidak mengaplikasikan ilmu saya di dunia nyata. Inspirasi saya datang dari seorang blogger yang secara fisik kurang beruntung (tapi secara materi mengalahkan saya). Pemuda tersebut adalah Habibie Hafsyah, dia adalah seorang associate amazon yang berhasil mengumpulkan dolar dari menjual produk amazon. Hasil penjualannya pun tidak tanggung-tanggung, ia bisa mendapatkan penghasilan ribuan dolar dari jualan produk amazon tersebut. Kisah habibi hafsyah ini yang menjadi inspirasi saya untuk memulai internet marketing.

Usaha yang saya jalani dan MENGHASILKAN adalah menjalani usaha paid to review atau PTR. Paid to review, maksudnya seorang memposting ulasan sebuah produk untuk menaikkan rating blog dimata search engine seperti google. Perusahaan yang menyediakan jasa paid to review biasanya adalah broker periklanan yang mendapatkan penghasilan dari blog/web yang diulas oleh blogger. Blogger, atau istilahnya publisher akan mendapatkan penghasilan jika konten yang ia tulis sudah sesuai dengan permintaan blog/website yang menggunakan jasa broker iklan tersebut. Layanan PTR tempat saya mendaftar adalah Blogvertise. Blog yang saya daftarkan di blogvertise berasal dari situs multiply.com. Alasannya sederhana yaitu blog tersebut yang mempunyai page rank dan memenuhi syarat untuk ikut dalam jaringan periklanan Blogvertise.

Ada beberapa waktu lamanya saya harus menunggu agar mendapatkan tugas review dari blogvertise. Karena pagerank blog saya dimultiply masih peringkat 1 jadi saya harus pintar-pintar cari waktu untuk mendapatkan kesempatan review. Seringkali saya harus ke warnet hampir tengah malam karena pada jam-jam tersebut blogvertise memberikan pekerjaan kepada blog yang mempunyai peringkat mungil seperti blog saya. Hasil dari begadang di warnet tersebut dan juga menulis ulasan produk yang diberikan oleh blogvertise ternyata berhasil mengumpulkan dolar sebanyak 36 dolar atau sekitar 250 ribu rupiah (waktu itu nilai dolar masih 12 ribu rupiah) di akun paypal saya. Itu adalah kebanggaan tersendiri bagi saya.

Namun seiring berjalannya waktu usaha paid to review tidak lagi booming. Pasalnya mesin pencari terpopuler google mengeluarkan algoritma baru yang dinamakan, panda dan penguin. Algoritma ini membuat blog-blog yang mempunyai peringkat langsung dibabat dikarenakan konten postingannya terdeteksi mengikuti jenis usaha paid to review. Perubahan ini kemudian membuat situs broker penyedia layanan ulasan tersebut mengubah praktek bisnisnya. Sampai sekarang blogvertise masih melayani periklanan untuk website atau blog namun publisher atau blogger tidak lagi mendapatkan penghasilan dari membuat ulasan mengenai produk yang ditawarkan oleh advertiser atau klien blogvertiser tapi menampilkan iklan seperti google adsense. Perubahan tersebut sempat membuat saya vakum selama beberapa bulan hingga saya akhirnya memulai lagi mencari penghasilan dolar dengan metode yang baru.

Saya mendownload ebook gratis dari beberapa blogger terkenal seperti Jhon Chow, Darren Rowse, Show Money, dan Yaro Starak. Dalam buku tersebut saya mempelajari cara baru mendapatkan dolar dari aktivitas blogging. Masih dengan modal blog gratisan dari blogspot dan wordpress saya mencoba mendalami dan mengikuti langkah-langkah yang disampaikan blogger yang berpenghasilan itu sedikit demi sedikit. Alhamdulillah walaupun masih belum seperti yang saya harapkan penghasilan dari blog wordpress telah terlihat. Meskipun saya menjadi agak kesal karena baru sekarang wordpress.com memberikan kesempatan kepada pelanggannya kesempatan untuk berburu dolar.

Maaf karena menceritakan pengalaman saya dalam dunia perburuan dolar ini telah membuat anda merasa bosan, sekarang saya masuk ke dalam inti dari postingan kali ini. Apa modal untuk memulai bisnis di internet.

Modal pertama adalah informasi yang anda punya harus anda bagi kepada orang lain. Setiap kita mempunyai informasi yang dapat berguna bagi orang lain hanya saja informasi yang dipunyai tersebut hanya anda pendam entah karena anda tidak tahu cara menyampaikan informasi tersebut atau anda emang pelit untuk berbagi.

Modal kedua adalah modem dan computer (layanan internet). Informasi yang akan anda bagi sebenarnya bisa saja anda berikan dalam bentuk tulisan ke media-media massa namun tentunya persaingannya sangat ketat dan anda harus terus bersabar untuk mendapatkan kesempatan informasi yang anda punya naik cetak dan anda mendapatkan komisi atas tulisan tersebut. Permasalahan di Indonesia adalah budaya menulis masih kurang dikalangan masyarakat. Tradisi mewariskan informasi secara verbal lebih dominan daripada penulis. Alasan anda yang menolak menulis karena merangkai kata itu sulit sebenarnya mudah dipatahkan. Anda bisa berbicara lancer hingga berjam-jam kenapa anda tidak menuangkan kemampuan berbicara tersebut dalam bentuk tulisan?

Modal ketiga adalah akun email/surat elektronik. Saya rasa rata-rata netizen sudah memp
unyai surat elektronik minimal satu. Surat elektronik berguna ketika anda mendaftar untuk layanan blog gratis untuk memulai kegiatan blogging anda.

Modal keempat adalah keikhlasan anda dalam menyampaikan informasi yang anda ketahui. Menulis itu cukup menantang jika tidak ada keikhlasan dalam menyampaikan informasi bisa jadi tulisan anda tidak akan menarik untuk dibaca karena terlalu kentara mengiklankan sebuah produk atau jasa. Ini pun saya masih belajar hingga sekarang.

Modal kelima adalah kesabaran. Blog yang bisa memberikan anda penghasilan adalah blog yang mempunyai kunjungan dan interaksi. Seseorang yang baru memulai blogging pasti harus bersabar dalam menarik pengunjung dan membuat pengunjung tersebut berinteraksi dengan blognya. Seperti yang saya ceritakan diatas saya butuh waktu yang lama untuk mendapatkan satu tugas mengulas produk.

Modal keenam adalah alat pembayaran online. Situs seperti paypal, liberty reserve adalah situs yang menjadi alat pembayaran dalam bertransaksi di dunia internet marketing. Memang ada beberapa situs yang membayar dengan cara transfer atau cek namun menggunakan alat pembayaran elektronik seperti paypal akan lebih memudahkan anda menerima penghasilan atas isi dari blog anda.

Sebagai permulaan tulisan mengenai peluang usaha online bagi mahasiswa sastra inggris saya rasa modal diatas sudah cukup. Dan untuk mendapatkan modal tersebut anda hanya membutuhkan beberapa jam. Saya sudahi dulu tulisan mengenai modal peluang usaha online saat ini, selanjutnya saya lanjutkan dengan cara mendaftar di platform blogging populer blogger.com, dan wordpress.com.

Lazada Malaysia

Advertisements

Tinggalkan Balasan