About these ads

Mengenal gerakan masyarakat Palestina HAMAS

Beberapa portal berita di Indonesia memberikan informasi bahwa HAMAS telah bertemu dengan anggota Dewan Perwakilan Rakyat untuk meminta izin membuka kantor cabang mereka di Indonesia. Permintaan delegasi dari HAMAS menimbulkan pendapat yang berbeda, ada yang mendukung dan ada yang menolak. Indonesia telah lama mendukung perjuangan rakyat Palestina untuk merdeka dari jajahan Israel, dan masyarakat Indonesia memberikan bantuan melalui organisasi Palestina seperti HAMAS. Bagi yang menolak kehadiran HAMAS di Indonesia kemungkinan tergambar prajurit yang tergabung dalam Brigade Al Qassam daripada induk organisasinya HAMAS. Bagi sebagian lagi malah mengenal HAMAS hanya sebagai partai politik ketimbang gerakan masyarakat Palestina. Sebelum mengenal Hamas lebih dalam ada baiknya pendapat dari Lholis Wardan yang dikutip oleh Republika kita renungkan dulu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Menurut Ketua Yayasan Inspirasi Muda Bogor (IMAGO) Lholis Wardan, Hamas tidak akan mengajukan izin pendirian kantor perwakilannya di Indonesia jika sudah terwakili oleh Kedutaan Palestina untuk Indonesia. “Ini kan artinya Hamas ingin ada wakilnya di Indonesia, saya kira sah saja Hamas buka kantor di Indonesia,” ujarnya kepada Republika Online, Kamis (4/12).

Dia juga mengatakan sama sekali tidak setuju dengan keputusan penolakan pendirian kantor Hamas di Indonesia oleh pemerintah. Ia sekaligus mempertanyakan dasar hukum dari penolakan tersebut. “Dasar hukumnya apa? Tidak ada. Ini kan sama seperti Muhammadiyah mau buka kantor di Uni Eropa, NU ingin buka kantor di Malaysia, sama saja sifatnya sebatas organisasi politik Islam,” kata dia.

Jika pemerintah Indonesia, memang betul mendukung penuh kemerdekaan Palestina, maka Hamas yang belum merasa terwakili di Indonesia itu harus diizinkan membuka kantor perwakilannya. Di Uni Eropa atau negara Asia lainnya juga sudah terdapat kantor perwakilan Hamas. “Intinya saya berharap Palestina yang terpecah antara Fatah dan Hamas ada wakilnya di Indonesia,” katanya. Dia juga menambahkan, pemerintah juga sebetulnya tidak perlu mencemaskan atau bahkan mencurigai Hamas. “Kalau kemudian pemerintah takut akan Hamas karena cenderung militer, identik peperangan misalnya, kan dia sifatnya hanya mempertahankan diri. Hamas bukan bukan pembunuh, jadi bukan organisasi yang patut ditakuti,” katanya.

Mengenal HAMAS

HAMAS (حماس) merupakan singkatan dari Harakah al Muqawamah al Islamiyah atau dalam bahasa Indonesia kira-kira berarti Pergerakan Perlawanan Islam. Organisasi ini didirikan dengan mengambil momentum intifadah pertama Palestina oleh beberapa orang tokoh Palestina diantaranya Syekh Ahmad Yasin rahimahullah, dan DR. Abdul Ar Rantisi. Dalam bahasa Arab HAMAS berarti bersungguh-sungguh, bersemangat. Dan kedua hal ini ditunjukkan oleh anggota-anggota HAMAS dan juga sayap militer mereka Brigade Al Qassam.

Sejak awal pendiriannya Hamas bergerak dengan selalu mendampingi masyarakat Palestina yang dizalimi oleh Israel. Banyak aktivitas sosial kemasyarakatan yang dilakukan hingga rakyat Palestina mencintai HAMAS. Selain aktivitas sosial kemasyarakatan, Hamas juga bergerak di bidang pendidikan dengan menitikberatkan kepada menjalankan perintah agama Islam. 
About these ads

Leave a Reply

%d bloggers like this: