Mengatasi Sitemap Error Pada Google Search Console

Mengatasi sitemap error pada google search console – Sitemap artinya secara harafiah adalah peta situs. Kegunaannya seperti peta yang kita kenal selama ini yaitu memberikan gambaran kepada PENGUNJUNG tentang area (baca:konten) yang sedang disinggahinya saat ini di situs/blog yang dikunjungi.

Situs yang mempunyai sitemap yang bagus dan terperinci akan menjadi primadona bagi mesin pencari seperti google. Tapi kenapa saat submit url di google webmaster malah muncul error peta situs anda terlihat seperti laman html. pakai format peta situs resmi? 

Bagaimana cara mengatasi sitemap error tersebut di Google Search Console?

Mari kita pelajari sama-sama.

Jika anda sedang mencari sesuatu pada mesin pencari maka anda akan menemukan bahwa kata/frasa/kalimat yang sedang anda ketik di kolom pencarian menghasilkan beberapa situs yang memuat kata/frasa/kalimat yang anda cari.

Kata/frasa/kalimat yang anda ketikkan tersebut lazim disebut dengan kata kunci atau keywords oleh para bloggers dan internet marketer dan merupakan senjata mereka agar dapat kunjungan dari Anda.

Kata kunci tersebut tidak serta merta muncul atau langsung ditarik oleh google (atau situs pencarian lainnya) namun ada sebuah mekanisme yang terjadi ketika anda sedang mengetikkan kata kunci tersebut pada mesin pencari.

Kata kunci yang muncul tersebut muncul pada halaman hasil pencarian karena sebelumnya kata kunci tersebut telah terindeks oleh robot Google setelah pemilik website atau blog mendaftarkan sitemap yang dimiliki oleh situs yang dikelola ke Google Webmaster Tool (sekarang bernama Google Search Console).

Saya kira kalau anda sudah mendapatkan pesan error diatas tak perlu lagi saya menjelaskan apa itu Google Webmaster Tools.

Yang menjadi perhatian Anda sekarang adalah bagaimana cara mengatasi sitemap error tersebut. Sebelum saya melanjutkan ada baiknya saya menyampaikan pesan dari Darren Rowse, problogger.net, bahwa jangan hanya meggunakan Google sebagai channel mendapatkan pengunjung.

Selain google search console, tools webmaster lain yang bisa digunakan untuk hal yang sama seperti

  • pinterest,
  • yandex, dan
  • bing.

Kenapa? Kisah beliau yang hampir bangkrut karena google akan saya bahas di postingan lain. Kisah ini bagus untuk kita blogger pemula agar mengetahui resiko bisnis online yang mengandalkan google dan mewaspadainya sedari awal.

mengatasi sitemap error di webmaster tools
contoh pesan error di dashboard google webmaster setelah mengirim peta situs dengan ekstensi html

Lanjut ke pembahasan mengatasi sitemap error peta situs anda terlihat seperti laman html. pakai format peta situs resmi yang didapatkan beberapa orang blogger setelah submit url di GWT.

Kita semua tahu kalau Google merupakan situs pencarian informasi yang paling banyak digunakan di dunia. Hampir setiap detik ada saja orang yang menggunakan google untuk mencari informasi yang dibutuhkan.

Tanpa blogger mungkin google akan kehilangan pasarnya, makanya google webmaster dapat dipergunakan secara gratis oleh setiap blogger/webmaster di dunia.

Masuk di halaman pertama google merupakan sebuah prestise tersendiri. Selain kebanggaan, tampil di halaman pertama akan memberikan penghasilan yang besar bagi Anda melalui kunjungan yang berasal dari situs pencarian tersebut.

Apakah sebuah situs langsung tampil di Search Engine Result Page (Laman Hasil Pencarian) ketika seseorang sedang mencari informasi?

Jawabannya sama sekali tidak.

Agar sebuah situs dapat muncul di halaman SERP google, situs tersebut harus didaftarkan terlebih dahulu oleh blogger/webmaster yang bersangkutan melalui form berikut ini.

formulir untuk mendaftarkan sitemap di gwt

Setelah didaftarkan robot google akan merayapi situs tersebut kemudian melakukan pengindeks-an di database google. Dan hal ini tidak dilakukan secara manual tapi dengan bantuan sebuah robot atau lebih dikenal dengan Google Bot.

Google bot adalah sebuah program yang bertugas untuk mencari informasi berdasarkan kata kunci (keywords) yang diketikan oleh seseorang yang kemudian secara otomatis robot lain mengeluarkan informasi berdasarkan keywords tersebut di halaman hasil penelusuran google.

Istilah pengindeksan merujuk pada pemilahan informasi berdasarkan kategori-kategori yang ditetapkan oleh Google sebagai pemiliki robot.

Oleh karena itu Anda harus mengikuti panduan untuk webmaster yang telah disediakan oleh google (atau mesin pencari lainnya) agar blog atau website Anda dapat selalu dikunjungi oleh netizen.

Agar website/blog dapat muncul dihalaman pertama google langkah pertama yang harus dilakukan adalah mendaftarkan situs tersebut di google search console dengan catatan:

Sesuai format yang disarankan.

Kalau anda tidak mendaftarkan peta situs sesuai dengan format yang diinginkan oleh masing-masing tools webmaster, maka bagaimana robot webmaster akan merayapi konten yang terdapat di dalam website?

Ini faktor pertama menurut saya kenapa situs/blog anda tidak berada pada halaman pertama di google?

Faktor yang lain bisa juga karena ada link yang jelek antara setiap page blog/situs, atau content blog /situs anda terlalu berat (seperti banyaknya script iklan).

Kalau anda mendaftarkan peta situs dengan benar maka saat anda login dashboard google webmaster tools akan memperlihatkan gambar diatas.

CARA MENDAFTARKAN SITEMAPS di Google Search Console

  1. login dengan account Google anda (gmail)
  2. masukkan alamat blog/situs anda
  3. Verifikasi kepemilikan anda terhadap alamat situs/blog yang anda masukan.
  4. pilih cara verifikasi situs/blog anda. Ada tiga pilihan cara verifikasi alamat situs anda adalah milik anda yaitu pertama dengan menggunakan meta tag, memakai script verifikasi pada body website/blog, atau dengan membuat halaman baru dengan judul kode verifikasi yang telah diberikan google mengunggah file html, verifikasi dengan Penyedia nama domain, menggunakan Google Tag, menggunakan Google Analytics.
  5. Setelah verifikasi berhasil Anda akan masuk ke halaman Dashboard Google Webmaster
  6. pilih menu Sitemaps (Peta Situs) yang berada di sidebar kanan kemudian Add Sitemaps (tambahkan peta situs)
  7. pada fitur Choose type pilih Add General Web Sitemap

Bagi pemula disinilah munculnya pesan error peta situs anda terlihat seperti laman html. pakai format peta situs resmi.

Apa itu PETA SITUS yang RESMI menurut GOOGLE?

Dalam panduan dasar seo dari google disebutkan bahwa sitemap dibutuhkan untuk dua tipe pengunjung.

  1. manusia. Orang yang berkunjung ke situs kita setelah mereka mengetikkan sebuah kata/frasa/kalimat di situs google (atau situs pencarian lainnya)
  2. robot/perayap/spider (apapun namanya nanti). Ini adalah sistem yang merayapi konten di blog/website Anda untuk diindeks dalam database mesin pencari dan ditampilkan pada saat pengguna google search mencari informasi dengan kata yang terdapat di konten.

Untuk membuat menu navigasi yang akan diakses oleh manusia, Anda dapat menemukan panduannya dalam beberapa tutorial yang tersebar di Internet. Di artikel ini saya fokus pada pengunjung robot dimana anda mendapatkan pesan error peta situs anda terlihat seperti laman html. pakai format peta situs resmi saat mendaftarkan situs yang anda kelola.

Kalau Anda membaca panduan untuk webmaster dari google di halaman ini, maka Anda akan tahu kalau peta situs yang dimaksudkan adalah peta situs untuk pengunjung robot.

Pengunjung berupa robot dari mesin pencari ini tidak terlihat. Dan mereka merayapi situs Anda dengan cara dan skema-nya sendiri (yang telah diatur oleh google atau mesin pencari lainnya).

Robot ini mengikuti protokol yang ditetapkan untuk mereka. Untuk mengetahui lebih lanjut bagaimana perintah untuk perayapan dengan lengkap Anda dapat mengunjungi laman robottxt.org.

Google pun sebenarnya sudah memberikan panduan yang lengkap tentang peta situs yang didaftarkan laman ini.

Saya tidak menjelaskan lebih detail lagi bagaimana cara kerja robot mesin pencari karena kekurangan saya dalam bidang tersebut, tapi inti yang saya dapatkan menggunakan peta situs dengan ekstensi .html bukan peta situs yang diinginkan oleh pengunjung situs yang tak terlihat ini.

Khusus untuk pengunjung yang tak terlihat (robot/bot/spider/crawler) format peta situs yang dapat dirayapi oleh robot google maupun robot mesin pencari lainnya peta situs yang berformat berikut:

  1. XML
  2. RSS, mRSS, dan Atom 1.0
  3. Teks
  4. Situs Google

Saya hanya akan membahas dua format saja yaitu format peta situs xml dan format peta situs RSS, mRSS, dan Atom 1.0. Kok cuma dua? Karena selama saya ngeblog saya menggunakan dua format saja dalam mengirimkan peta situs ke webmaster (Google Search Console).

Dan dua-duanya mulus untuk didaftarkan dalam Search Console Google maupun Bing Webmaster.

#1 XML, Peta Situs Standar

Peta situs standar yang selama ini saya lihat dan saya kirimkan ke webmaster adalah format XML. Baik blog yang hosting di blogger.com maupun yang hosting di wordpress.com peta situs yang digunakan adalah tipe ini.

Jika anda penasaran bagaimana bentuk peta situs yang hosting di blogger maupun wordpress tambahkan /sitemap.xml dibelakang alamat blog atau situs yang anda kelola.

Contoh:

1.1 Sitemap Blog Hosting di blogger.com

Alamat blog yang anda dapatkan dari blogspot adalah namablog.blogspot.com, jadi untuk mendapatkan sitemap anda tinggal menambahkan /sitemap.xml di belakang alamat tersebut. Hasilnya seperti berikut namablog.blogspot.com/sitemap.xml

1.2 Sitemap Blog Hosting di wordpress.com

Seperti blog yang menggunakan blogger.com (blogspot) alamat yang anda dapatkan di hosting wordpress yang gratis adalah namablog.wordpress.com. Jadi untuk mendapatkan sitemap resmi anda tinggal menambahkan /sitemap.xml dibelakang alamat blog tersebut. Seperti ini namablog.wordpress.com/sitemap.xml.

Mudahkan mendapatkan peta situs jika anda hosting di blogspot atau wordpress? Bagaimana jika anda selfhosting? Bagaimana membuat peta situs? Nanti saya akan bahas di bawah.

#2 RSS, mRSS, dan Atom 1.0

Baik blogspot maupun wordpress memiliki aplikasi yang ditanam bernama RSS (Real Simple Syndication), mRSS(media RSS). Untuk Atom 1.0 hanya blogger saja yang hingga saat ini masih menggunakan.

RSS ini akan memberikan informasi URL terbaru yang ada di blog atau website anda. Cara anda mendapatkan peta situs dengan format ini di blog blogspot adalah sebagai berikut.

Untuk wordpress anda dapat melihat icon RSS yang terdapat di bagian footer dari blog anda. Formatnya seperti berikut.

Saya rasa Anda sudah tahu solusi sitemap error. Agar kita sepaham saya akan jabarkan cara mengatasi sitemap error di google webmaster tools.

Cara Mengatasi Sitemap Error di Google Search Console

Cara mengatasi sitemap error yang muncul ketika mendaftarkan peta situs blog anda sebagai berikut:

Mengatasi Sitemap Error Jika Menggunakan Blogger.com

Jika anda menggunakan situs blogger.com sitemap yang anda masukkan ke google search console formatnya seperti ini

namabloganda.blogspot.com/atom.xml
atau
namabloganda.blogspot.com/sitemap.xml

Mengatasi Sitemap Error Jika Menggunakan WordPress.com

Jika anda menggunakan situs wordpress.com maka sitemap yang anda masukkan formatnya harus seperti ini

namabloganda.wordpress.com/sitemap.xml

atau

namabloganda.wordpress.com/news-sitemap.xml

Mengatasi Sitemap Error Jika Menggunakan WordPress Self-hosted

Jika anda blogging dengan menggunakan domain dan hosting sendiri dengan cms wordpress maka sebaiknya anda menginstal plugin Jetpack untuk mendapatkan sitemap yang sama seperti peta situs yang terdapat di blog yang hosting di wordpress.com.

Atau jika anda tidak menggunakan Jetpack maka anda dapat menggunakan fasilitas sitemap generator dari plugin SEO yang anda punyai. Contoh jika anda menggunakan plugin WordPress SEO maka sitemap yang akan muncul seperti ini

namabloganda.com/sitemap_index.xml

Kalau dengan plugin jetpack anda akan mendapatkan sitemap seperti yang ada di wordpress.com:

namabloganda.com/sitemap.xml

Kesimpulan

Sebagai pemula di bidang yang tidak pernah dipelajari secara serius, sebuah kesalahan merupakan investasi untuk kesuksesan. Jangan karena tidak bisa mendaftarkan di peta situs di google lantas kita kemudian mundur.

Justru kebanyakan blogger yang sukses, bahkan yang sudah mempunyai bisnis sendiri melalui blog yang dikelola, tidak berhenti untuk selalu belajar. Karena saat seseorang merasa cukup, disitulah awal kehancurannya.

Almarhum Steve Jobs berpesan kepada mahasiswa disebuah acara wisuda, Jangan pernah merasa kenyang, berusahalah untuk selalu merasa lapar. Atau kira-kira begitu pesannya. CMIIW.

Belajar otodidak pun tidak mengapa, akan tetapi memiliki sebuah komunitas yang kuat akan membuat praktek dan hasil yang lebih baik.

NB:

  1. Jika anda masih ada hal yang kurang jelas tentang cara mengatasi sitemap error, silahkan gunakan form komentar dibawah ini.
  2. Dan jangan lupa untuk berbagi di komunitas Anda jika artikel ini membantu permasalahan terkait pendaftaran di webmaster tools.
  3. Setelah berhasil mendaftarkan peta situs ke webmaster tool perintahkan robot untuk merayapi blog/website Anda dengan cara menggunakan URL Parameter.
Advertisements

60 Balasan untuk “Mengatasi Sitemap Error Pada Google Search Console”

  1. salam kenal…

    mau nanya nich..

    ketika saya pasang sitemap google di blog saya,ada beberapa file yang berketarangan “warning…romove/rename”.terus aku paksain upload.waktu saya iktifkan,aku klik di rebuild the sitemap ada keterangan sukses.tapi waktu aku cek,kok halamanya jadi aneh begini ya.berikut sitemap saya yang aneh tersebut tips-internet.co.cc/sitemap.xml

    bagaimana solusinya??

    salam kenal,makasih..

  2. ne dia ne yang aku cari ri kmarin2,,,sumpah thanks bgt pak,,,langsung tray,,,,,caooooooooooooo

    aws ya lok msh gagal.
    heheheheh

  3. Dicoba dulu tipsnya pak, semoga kedepannya nanti Google Webmasters bisa kompatibel dengan Feedburner. Thanks 🙂

  4. Thanks Mas Kandra atas tipsnya… Pas banget!!! Saya juga mempunyai permasalahan seperti itu. Okey…saya terapkan solusinya mas. Lam kenal…

  5. sya sudah mensubmit sitemap untuk blog sya dengan submit atom.xml dan rss.xml
    tetapi kalau di cek di halaman xml nya, tampilannya aneh yah??(script semua)
    apa yang salah dengan file .xml blog saya?apakah karena template blognya??atau apa?mohon bantuannya,,
    ini halaman xml nya yg “aneh”, marvinherera.blogspot.com/rss.xml
    atau
    marvinherera.blogspot.com/atom.xml
    atau
    marvinherera.blogspot.com/feeds/posts/default/

    1. mas marvin masih make rss yang default gak? saya pernah mengalami kebingungan tersebut hingga saya meng-submit semua ekstensi yang saya tahu pada google webmaster. hingga saya mempunyai dua peta situs dalam akun tersebut. Namun tindakan kacaw tersebut membuat petasitus yang terindeks oleh google menjadi lebih jelas. maaf kalo saran saya masih membuat kacaw. kita sama-sama belajar

  6. Salam kenal mas. saya punya masalah sitemap.xml dan rss feed diblog wordpress.org. xml file valid katanya. ada solusinya gak mas?

  7. Feedburner di footer ku eror, di home masih tertuju ke feedburnerku, tapi pas udah masuk ke laman post atau page jadi eror tolong gan solusinya,
    Soal pembahasan di atas aku jg ngalamin sekarang itu, feedbbuerner ku kebanyakan tag katanya hahahha.
    nanti aja dah benerinnya saya mo benerin yang di tamplate dolo.
    mohon pencerahannya gan
    ni website nya
    maghilank.blogspot.com

    1. keliatannya udah ga ada error lagi ni gan, ane dah ke tkp dan nyobain buka web agan lewat feedburner dan aman kok, ga ada error saat halaman dibuka.. asumsi ane mungkin agan ada bikin perubahan di feedburner dan ga bikin perubahan link tersebut redirect ke link yang baru..

  8. Agan gimana nih klo sitemapnya bermasalah detailnya tertera gini.. :
    *Jenis : Kesalahan.
    *Masalah : Peta situs adalah HTML.
    *Deskripsi : Peta situs Anda terlihat seperti laman HTML. Pakai format peta situs resmi saja.
    *Contoh : Tag html
    Ini gimana solusinya udah saya coba berulang kali tapi tetap gagal ngesubmitnya.. mohon bantuannya..

    1. gan boleh kirimin link websitenya? saya agak bingung nih
      Saya rasa agan salah memberikan sitemap deh. Harusnya yang dikirimkan ke google itu url.blogspot.com/sitemap.xml tapi yang agan kirim malah sitemap navigasi yang diberikan khusus untuk pengunjung dengan ekstensi sitemap.html.

      Keduanya sama-sama sitemap tapi berbeda peruntukannya, xml untuk robot spider mesin pencari sedangkan sitemap.html untuk navigasi end-user mesin pencari (baca: manusia).

    1. Cek lagi gan.
      File ekstensinya udah .xml belom? Jika sudah cek robot.txt nya, crawler goole udah allowapa masih disallow?

  9. Saya sudah selesai pada tahap pengisian sitemap pada blog saya. Tetapi setelah saya cek beberapa hari kemudian, ada keterangan sitemap eror. Itu kira-kira kenapa ya gan?

    Blog ane http://hikinginbali.com
    Mohon tanggapannya gan.
    Salam

  10. kebetulan nih ada yg posting sesuai dengan permasalahan saya , kenapa sitemap.xml saya mengalami error mas apakah ada metatag & robot.txt saya yg salah hingga menyebabkan sitemap.xml error , kalo pengaruh di metatag & robot.txt terus setting yg benarnya bagaimana ???
    makasih

  11. bang saya mau tanya nih,
    blog punya saya sudah lebih dari 5 kali saya daftarkan ke web master , tapi hasilnya nihil .
    dan selalu muncul tulisan “faild verivication ” sesudah klik verify.
    mohon bantuannya bang ,

    1. Beberapa tahun yang lalu bisa. Syaratnya kuliah lagi dan ambil program yang namanya akta 4. Tetapi sekarang saya kurang tahu. Pasalnya ketika saya diwisuda program ini dihapuskan dari kampus saya.
      Saran saya kalau tetlanjur masuk program pendidikan sastra inggris tunggu sampai tahun depan untuk pindah prodi. Dan jangan lupa konsultasikan pada pembimbing akademiknya perihal keputusan anda ini

    1. Sitemap yg agan submit mungkin masih ada htmlnya. Contohnya bareskanopi.wordpress.com/sitemap.html, padahal seharusnya bareskanopi.wordpress.com/sitemap.xml. Format pertama ga salah tapi tujuannya utk human visitor, sedangkan format yg diminta dlm webmaster adalah format yang kedua. Gitu gan

Tinggalkan Balasan