Mengapa Domain Penting Untuk Bisnis

Pembahasan tentang pentingnya sebuah domain sudah sering dibahas oleh para pakar digital marketing. Bagi yang sudah pernah ngeblog saya rasa paham mengenai betapa pentingnya memiliki alamat website sendiri. Bagi yang belum memiliki domain ada baiknya untuk segera memutuskan (bukan mempertimbangkan lagi) untuk memiliki sebuah domain.

Apa itu domain?

Mungkin sebagian kecil dari kita mengenal domain sebagai salah satu pelajaran yang didapatkan dalam mata pelajaran matematika di sekolah menengah dulu. Tapi pengertian domain disini bukan seperti itu meski konsepnya agak Namun pengertian domain disini lebih pada memiliki “tanah” di internet. Kenapa saya ilustrasikan dengan tanah?

Karena alamat website yang akan kita gunakan itu hampir mirip dengan sebidang tanah di dunia nyata. Mahal atau murahnya sebuah tanah ditentukan oleh letak strategisnya. Jika tanahnya berada di Jakarta yang merupakan pusat pemerintahan dan juga bisnis, harganya tentu lebih mahal dibandingkan tanah yang berada di kota Bogor, Depok, Tanggerang dan kota-kota satelit lainnya. Apalagi jika tanahnya sudah bersertifikat alias sudah ada pemiliknya.

Begitu juga alamat sebuah website atau domain.

Mahal atau murah harga sebuah domain tergantung banyak atau tidak penggunanya atau sudah ada yang memilikinya. Tidak sedikit alamat website yang kita inginkan sudah dimiliki oleh orang lain dan untuk memindahkan kepemilikannya kita harus membayar dengan harga yang sangat tinggi. Jika tidak mau mengeluarkan uang yang lebih banyak maka yang bisa kita lakukan adalah mencari alternatif alamat yang masih potensial dan terjangkau.

Pada dasarnya tidak ada yang benar-benar memiliki sebuah url atau nama domain di internet. Kita hanya mengklaim memiliki nama domain tersebut karena kita yang lebih dulu mendaftarkan alamat tersebut ke lembaga pengatur nama domain nirlaba, ICANN ataupun PANDI

Jadi sangat besar kemungkinannya jika Anda memiliki ide sebuah alamat website yang unik ternyata sudah ada orang yang lebih dulu mendaftarkannya. Khususnya jika Anda mengikuti saran para pakar digital marketing untuk menggunakan keyword bisnis pada alamat tersebut dengan menggunakan .COM, .CO.ID.

Jika alamat atau domain yang Anda inginkan ternyata sudah lebih dahulu diklaim oleh orang lain konsekwensinya anda harus

1.Menggunakan nama domain alternatif yang anda miliki,
2.Menggunakan ekstensi domain berbeda,3.Menghubungi pemilik nama domain yang sudah didaftarkan dan menanyakan kemungkinan pemindahan kepemilikan alamat tersebut, atau
4.Menunggu masa penggunaan alamat web itu expired dan tidak diperpanjang hingga nanti bisa mengambil lagi.

Nah pilihan anda yang mana?

Pemilik BlogDolar.com, Herman Yudhiyono menyarankan agar Anda tidak melakukan tindakan di poin keempat. Alasannya simple. Siapa tahu pemilik domain yang lama melakukan kegiatan yang dilarang di internet dan nanti kita yang menggunakan setelahnya kena imbasnya. Hal ini bisa jadi tidak baik bagi kelangsungan bisnis di masa depan.

KENAPA HARUS BELI DOMAIN SEDANGKAN ADA PENYEDIA DOMAIN GRATIS?

Tipikal orang kebanyakan begini. Kalau bisa usaha yang dijalankan tidak perlu mengeluarkan modal sama sekali. Jadi kenapa harus beli domain .COM, .CO.ID, .ID, atau yang lainnya kalau bisa menggunakan alamat gratis .blogspot.com, .weebly.com atau .wordpress.com.

Praktisi digital marketing menyarankan kalau bisa jangan menumpang di alamat orang lain. Kalau kita menumpang di alamat orang lain, pastinya yang punya alamat akan memberi aturan ketat perihal penggunaan alamatnya. Apalagi jika kita kemudian menggunakan alamat tersebut untuk bisnis. Calon kustomer kita saat ini orang yang sudah melek teknologi. Mereka rata-rata sudah tahu kalau alamat web seperti yang saya sebutkan diatas kita sedang menumpang di alamat orang lain. Maka calon kustomer seperti melihat kesungguhan kita dalam melayani mereka. Orang melihatnya kita tidak serius dalam menjalankan usaha.

BAGAIMANA DENGAN MENGGUNAKAN ALAMAT GRATIS DOT TK?

Sekilas tidak ada yang tahu Anda tidak menggunakan alamat url yang diberikan secara gratis. Tapi anda mesti hati-hati dalam melihat term dan kondisi penggunaan domain gratis yang disediakan oleh freenom tersebut.

Saya sudah membahasnya pada tulisan domain gratis selamanya benarkah ada?

Ringkasnya: menggunakan domain gratis dari freenom itu ibaratnya kita juga sebagai penyewa alamat sebagaimana menggunakan alamat blogspot, weebly atau wordpress diatas tadi. Bedanya memang tidak ada embel-embel pemilik domain. Hanya saja ketika anda menggunakan alamat web gratis dari freenom, anda bukan benar-benar pemilik dari alamat URL yang sudah anda daftarkan tersebut.

Pemiliknya tetap si freenome, Anda hanya sebagai penguna saja. Yang jarang diketahui oleh kebanyakan orang, ada poin pada ketentuan layanan dimana freenom bisa membatalkan hak penggunaan alamat domain anda tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Bayangkan saja ketika anda sudah punya merek yang dikenal dan bisnsi anda sedang bagus. Tiba-tiba tanpa notifikasi freenom membatalkan hak Anda menggunakan alamat URL yang sedang digunakan dan mengalihkannya kepada orang lain yang membeli nama domain tersebut kepada pemilik sahnya.

Pasti Anda merasa marah, kesal, dan ingin alamat itu kembali. Ini yang terjadi pada seorang pengguna domain gratis freenom. Dan kejadian ini tidak hanya satu orang yang merasakannya. Sekali lagi coba baca tulisan saya disini.

Kalau Anda benar-benar tidak ingin mengeluarkan modal diawal mungkin pengalaman saya berikut bisa membantu.

CARA MENDAPATKAN DOMAIN .COM GRATIS UNTUK MEMULAI BISNIS ONLINE ANDA

Kalau Anda tidak kelebihan dana untuk berinvestasi dengan membeli sebuah domain. Anda masih memiliki satu cara untuk mencoba ide bisnis anda tersebut.

Apa itu?

Ikuti kuis dan kompetisi yang diadakan perusahaan-perusahaan web host di Indonesia.

Bagaimana caranya?

Contohnya: Anda bisa mengikuti link media sosial Rumah Web Indonesia baik di instagram, facebook, maupun twitter. Di waktu-waktu tertentu akan ada kuis tentang kejadian tertentu. Misal di hari donor darah nasional, Rumah Web mengadakan kuis mengenai pengalaman donor darah dari para follower facebook page mereka. Untuk jawaban yang paling bagus Rumah Web akan memberikan domain .COM gratis 1 tahun.

Saya coba menuliskan pengalaman mendonorkan darah untuk pertama kali di laman tersebut. Sekaligus ngetes apakah benar kuis ini untuk pelanggan / calon pelanggan yang follow Fan Page Rumah Web atau hanya sekedar gimmick saja. Soalnya saya sering ikutan kuis dan kompetisi semisal tapi tak pernah mendapatkan hadiahnya. Jadi saya tidak terlalu berharap mendapatkan hadiah domain .COM gratis dari Rumah Web.

Perasaan itu menjadi lebih firm ketika seorang teman kantor yang baru dan kebetulan (pindah dari sebuah agency digital) pernah bercerita kalau kuis maupun kompetisi yang diadakan oleh sebuah akun perusahaan di media sosial yang pernah ia kelola hanya settingan. Hadiah yang dijanjikan akun medsos hanya jadi bancakan orang-orang terdekat si pengelola saja.

Karena tak pernah menang kuis dan cerita teman baru itu saya benar-benar tak berharap mendapatkan domain gratis dari Rumah Web dan saya sudah lupa kalau lagi ikut kuis.

Ternyata kuis yang diadakan oleh Rumah Web bukan kuis kaleng-kaleng. Ketika saya ngecek aplikasi gmail (karena fitur notifikasi email saya matikan untuk menghemat baterai handphone), saya mendapatkan email dari tim Rumah Web yang mengabarkan kalau saya mendapatkan domain .COM gratis setahun! Saya diminta untuk mengirimkan nama domain yang saya inginkan dan mendaftarkan diri di client area Rumah Web.

Cukup lama saya tidak membalas email dari Rumah Web. Hingga saya akhirnya memutuskan untuk menyediakan sebuah warisan untuk anak perempuan saya. Kebetulan alamatnya tersedia.

Ini cara saya mendapatkan domain .COM gratis. Anda pemilik bisnis pun bisa melakukannya jika ingin mengetahui apakah investasi membeli domain akan menguntungkan atau tidak.

APAKAH HANYA DOMAIN .COM SAJA YANG BISA DIGUNAKAN UNTUK BISNIS?

Tidak.

Penggunaan domain .com hanya karena domain ini yang paling tua atau paling pertama digunakan secara komersil. Karena paling tua, maka tidak salah kalau orang lebih paham kalau alamat website itu hanya yang berakhiran dot KOM. Padahal selain .com ada akhiran lain yang juga dikeluarkan yaitu URL dengan akhiran .net dan .org.

Beberapa tahun terakhir malah ada banyak alamat website yang bisa digunakan untuk memperkuat brand dan bisnis yang kita jalani. Mulai dari .ME, .NAME, .ATTOURNEY, .LAW, .STORE, .SHOP, .CLUB dan lain sebagainya.

Bagi Anda yang bekerja sebagai pekerja lepas atau freelancer design graphic, domain .ART dan .DESIGNER mungkin bisa lebih membuat brand kamu menjadi lebih kuat dibanding .com (menurut saya ya). Meskipun asing (karena baru) domain dengan alamat URL berakhiran .ART sudah memiliki pengguna seperti www.banksyshredder.art, www.procreate.art, www.dada.art, www.mine.art, www.dis.art, www.randalford.art. Tujuan hadirnya domain .ART memang didedikasikan untuk para pekerja seni, museum seni, atau bisnis yang berhubungan dengan benda-benda seni.

Bagi pekerja di bidang hukum ada domain .LAW dan .ATTOURNEY yang bisa digunakan. Para pengacara yang membidik pangsa pasar konglomerasi ataupun ekspatriat berduit di Indonesia kenapa tidak menggunakan domain ini. Di Amerika Serikat dua domain ini lazim dipakai untuk mereka yang berprofesi sebagai pengacara individu maupun korporasi.

Kalau Anda punya toko offline domain dengan url akhiran .SHOP, .STORE, ataupun .ONLINE bisa dijadikan pertimbangan selain dari ekstensi .COM atau .CO.ID. Malah lebih enak kalau ada orang mencari toko anda melalui google.

Pendeknya. Saat ini ada banyak ragam akhiran dari sebuah alamat website yang bisa digunakan untuk menegaskan apa BISNIS anda sebenarnya.

BELI DOMAIN MESTI BIKIN WEBSITE DONK, MENDING SAYA PAKAI AKUN MEDSOS AJA

Kalau kata pemilik yukbisnis.com, Jaya Setiabudi, semut itu sekarang berada di sosial media dan di e-commerce. Jadi menggunakan sosial media untuk berjualan produk sudah sangat tepat. Hanya saja balik lagi, kalau pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk membatasi akses sosial media dengan bantuan provider telekomunikasi di Indonesia seperti yang terjadi baru-baru ini, bagaimana dengan bisnis Anda?

Mentor bagi ribuan juragan UKM itu menambahkan agar para pemilik bisnis menggunakan website sendiri untuk lebih memiliki kontrol terhadap pelanggan mereka. Caranya dengan membuat website (yang salah satu komponennya adalah memiliki alamat website itu sendiri). Pelanggan yang sudah terbiasa berbelanja di akun medsos toko harus diedukasi untuk ikut juga bertransaksi di website sendiri. Salah satu cara untuk mengajak pelanggan untuk bertransaksi di website toko online bisa jadi dengan mengadakan kuis atau kontes dengan hadiah yang diinginkan. Kalau kebanyakan pelanggan adalah wanita, maka hadiah yang paling sesuai untuk kontes bertransaksi di web toko online adalah perhiasan.

Dengan mengajak pelanggan pindah transaksi dari facebook ke website kita, maka kita punya kontrol penuh terhadap database pelanggan. Kontrol kepada database pelanggan ini yang menjadi perhatian mas Jaya Setiabudi. Berjualan baik di media sosial maupun marketplace para pengguna tidak memiliki kebebasan untuk melindungi privasi pelanggannya sendiri.

CARA MEMBELI DOMAIN DI RUMAH WEB

Siapkan nama domain yang sesuai dengan bisnis Anda. Kalau Anda akan membuat toko online jangan hanya mempersiapkan akhiran dengan .COM saja, tapi usahakan ada .SHOP, .STORE dan .ONLINE.

1.Ketikkan alamat rumahweb.com/
2.Didalam form pencarian domain, ketikkan nama domain yang sudah disiapkan tadi lalu tekan tombol search
3. Jika nama domain yang diinginkan tersedia, tekan tombol daftar. Lalu gulir kebawah untuk memilih layanan (apakah anda hanya mau domain saja atau ditambahkan hosting)
4.Daftarkan diri di client zone rumah web menggunakan akun medsos yang Anda miliki atau menggunakan email.
5.Review pembelian setelah itu klik tombol checkout

Setelah proses ini selesai, cek email Anda untuk verifikasi pendaftaran client Rumah Web. Setelah itu Anda bisa melakukan pembayaran pendaftaran domain baik melalui transfer bank, menggunakan kartu kredit, virtual account, paypal.

Tim Rumah Web, yang bisa disebut Orang Rumah, akan memverifikasi pembayaran domain yang anda lakukan. Jika pembayaran sudah dilakukan maka Anda akan menerima email dari Rumah Web perihal pengaktifan nama domain disertai dengan verifikasi alamat yang disertakan sebagai pemilik domain tersebut.

Jadi jangan sampai anda salah memasukkan alamat email saat membeli domain. Pernah kejadian salah seorang teman saya. Setelah membeli domain yang diinginkan beliau salah mengetikkan alamat email sebagai pemilik. Akibatnya domain tidak aktif. Apakah dengan kejadian ini teman saya mendapatkan refund, saya tidak pernah diberi tahu.

Anda bisa mengambil pelajaran untuk lebih cermat dalam mengisi sebuah formulir penting dan juga sebelum anda mengalami kejadian yang sama dengan teman, usahakan untuk mengkonfirmasikan kepada Orang Rumah. Jadi anda bisa memiliki solusi cepat jika ada permasalahan.

KESIMPULAN.

Tidak terasa ternyata panjang juga tulisan mengenai domain ini. Mungkin karena sudah lama puasa menulis konten baru jadi lebih fresh. Disini saya ingin meringkas beberapa hal yang telah saya sampaikan diatas. Agar usaha Anda tidak mati maka siaplah dengan memiliki sebuah domain untuk bersaing di Industri 4.0. Siapkan sebuah alamat bisnis di dunia online. Jangan kaku. Jika nama domain dengan alamat .COM, .CO.ID sudah didaftarkan. Cari domain lain yang cocok dan menjadi the only one Brand milik Anda sendiri.

Kontrol your destiny. Jangan dikontrol medsos dan marketplace.

… Atau Anda punya saran lain untuk bersaing di Industri digital ini?

Advertisements
Iklan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *