Memperbaiki Peringatan Google Search Console

Jangan cuma bikin konten dan tembak keywords doang, liat juga status website atau blog kamu dengan google search console

google search console warning
Google webmaster tools atau sekarang google search console adalah sebuah layanan gratis dari google untuk para webmaster. Google search console akan melaporkan status kesehatan website atau blog jika ada beberapa perubahan yang dilakukan dan itu memberikan efek yang cukup signifikan dalam index google.

Seperti yang saya alami saat ini. Begitu masuk ke google search console saya menemukan peringatan yang mempengaruhi indexing google. Kejadian ini berawal dari perubahan hosting yang saya lakukan dan perubahan tersebut tidak disertai dengan persiapan-persiapan yang matang. Maka dalam beberapa hari terakhir ini saya mencari cara memperbaiki peringatan dari Google Search Console untuk blog dot info ini.

Saya pernah menyebutkan pada salah satu postingan disini kalau saya merubah alamat url dari sub-domain blogspot menjadi domain TLD. Untung hostingnya masih blogger.com juga, saya ga tau gimana jadinya kalau migrasi hosting dari blogger ke wordpress. Jadi ceritanya begini…

Seorang pengguna blogger dapat memanfaatkan blogger.com untuk membuat hingga lebih kurang 100 blog dalam satu akun gmail. Untuk mempraktekkan berbagai teori yang saya dapatkan secara gratis maupun berbayar. (saya pernah ikut pelatihan bisnis online supaya lebih mengenal teknik-tekniknya)

Dikarenakan saya tidak fokus maka blog-blog gratisan yang saya buat itu kemudian menjadi beban tersendiri. Pasalnya trafik di blog-blog yang saya daftarkan di google tersebut hanya mendapatkan beberapa kunjungan di waktu-waktu tertentu. Oleh karena itu saya merubah strategi yaitu dengan menggabungkan konten blog yang terserak tersebut dalam satu blog. Hasilnya cukup bagus pada sehari-dua hari publikasi postingan yang diimpor dari blog-blog yang berserakan. Tapi seminggu kemudian saya mendapatkan informasi kalau google mendeteksi ada halaman-halaman yang mendapat trafik tinggi malah hilang.

Saya akhirnya menggunakan fitur redirect dari menu search preferences blogger yang membuat link-link yang hilang untuk ditemukan pada halaman baru di hosting yang baru. 

Jadi sekarang saya bisa bilang kalau saya sudah selesai dalam memperbaiki peringatan dini yang disampaikan oleh google search console, walaupun saya juga kurang yakin apakah perbaikan yang saya lakukan akan membuat blog yang saya kelola dihosting baru mendapatkan tempat di indexing google maupun visitor human.
Ada sekitar 400-an halaman yang langsung dikategorikan oleh google search console sebagai halaman yang hilang atau terkena kode 404. Dari 400-an halaman tersebut ternyata saya hanya bisa mengembalikan 130 halaman. 
Pelajaran yang saya ambil setelah terkena peringatan dari google search console adalah persiapkan segala hal agar traffic tidak langsung jatuh dan halaman-halaman tidak hilang karena efeknya dapat sangat beresiko yaitu kehilangan trafik dari visitor unik.

Advertisements

Tinggalkan Balasan