Memilih Domain Untuk Website dan Blog

ekstensi domain

Saat anda menerbitkan sebuah blog atau membuat sebuah website bagaimana cara anda memutuskan memilih nama blog atau website yang akan diterbitkan tersebut? Apakah anda memilih sebuah nama yang terlintas di pikiran anda saat itu? Apakah anda perlu melakukan sebuah riset yang membuat anda yakin blog ato website yang diterbitkan akan dicari orang? 

Nama situs atau blog lebih dikenal dengan sebutan domain. Anda tentu memperhatikan (atau tidak sama sekali) bahwa ada akhiran pada setiap website/blog yang anda temui di dunia maya. Ada web yang berakhiran .com, ada yang berakhiran .net, dan ada yang berakhiran .org. Ketiga akhiran ini yang paling umum digunakab para penerbit web atau blog. (Akhiran web disebut juga dengan nama ekstensi).

Pada beberapa blog atau situs anda akan menemukan akhiran yang lebih kompleks lagi yaitu .co.id, .co.uk, .or.id, atau .net.id. Dua akhiran terakhir seperti .id dan .uk merupakan penanda bahwa blog/web tersebut berasal dari negara tertentu. Dalam contoh yang diberikan diatas .co.id berarti bahwa blog atau web berasal dari perusahaan Indonesia sedangkan .co.uk berarti web/blog berasal dari negara united kingdom (uk).

Saat ini perkembangan domain tld (top level domain) yang sangat bervariasi. Pandi, organisasi yang mengatur penyediaan, penggunaan, domain Indonesia menginformasikan bahwa ada varian baru untuk domain yang berasal dari Indonesia. Jika selama ini dikenal ekstensi domain .co.id, .net.id, .or.id, dan web.id maka sekarang diperkenalkan domain baru dengan ekstensi .id.


pandi

Jadi jika anda berencana untuk menerbitkan blog/website sebaiknya pahami dulu tujuan anda membuat website/blog karena nama domain yang anda pilih menjadi brand anda untuk tahun-tahun mendatang.

Jika anda ingin mengetahui nama domain yang anda pilih tersedia atau tidak silahkan gunakan link ini untuk melakukan pengecekan dan juga pembelian.

About these ads

Leave a Reply