Membuat Website Sendiri (lanjutan)

Tanpa Latar Belakang Pendidikan IT, Saya bisa membuat Website  Sendiri Dengan Beragam Platform

Website pertama kali saya kenal dari sebuah ruangan kecil di kantor pos. Saya pun hanya diajak oleh teman dekat untuk melihat teknologi baru ini. Waktu itu saya masih berseragam putih abu-abu dan saya diperkenalkan dengan situs biru.

Semenjak saat itu saya menjadi menyukai untuk berlama-lama di depan monitor yang terkoneksi dengan internet. Mulai dari membaca komik online, download game pc untuk di rumah, hingga menonton film-film box office secara gratis.

Saat kuliah saya menjadi sering ke warnet dan waktu itu tidak hanya untuk mencari tugas-tugas kuliah yang materinya tidak ada di kampus, tapi juga sering melihat artikel-artikel tentang memulai bisnis dengan menggunakan internet dan jaringan globalnya.

Usaha online saya yang pertama adalah melakukan survei kustomer dalam bahasa inggris. Isi survei tersebut hanya beberapa menit tapi jika harus setiap hari ke warnet, sebagai seorang mahasiswa yang dibekali beasiswa pas-pasan dan uang jajan yang lumayan sering telat saya harus berpikir ulang untuk serius dalam mengisi survei-survei yang setiap hari pasti ada. Saya pun waktu itu mempunyai kebingungan karena saya belum tahu ada rekening paypal sebagai alat bayar untuk bertransaksi di internet. Hingga saya mengenal blog atau website pribadi.

Membuat Website Pribadi di Blogger.com

Waktu itu saya hanya mengetahui bahwa blogger merupakan sebuah situs yang memberikan kesempatan kepada penggunannya untuk membuat situs sendiri. Jadi saya menulis apapun di blog tersebut. Saya menulis semua yang saya inginkan utarakan yang tidak bisa diutarakan lewat percakapan biasa.

Saya waktu itu belum mengenal bagaimana cara orang untuk memanfaatkan blogger untuk mencari uang selain membuat buku dari kisah-kisah yang ditulis di dalam website mereka. Waktu itu design template blogger tidak seatraktif sekarang dan tidak semudah sekarang penggunaannya.

Blog pribadi tersebut akhirnya saya belikan domain TLD dengan nama yang sama dan harganya murah, kandrawilko.info. Silahkan berkunjung jika berkenan.

Membuat Website dengan WordPress.com

Setelah suntuk dengan blogger saya kemudian berpindah kepada layanan blogging baru yang sangat mudah untuk digunakan yaitu wordpress.com. Anda bisa mengikuti jejak saya untuk membuat akun di https://wordpress.com karena banyak keunggulannya. Sama seperti akun blogger, akun saya di wordpress juga kebanyakan berisikan tentang kisah kehidupan pribadi kemudian berubah menjadi berita copy paste dari situs-situs terkenal.

Niatnya sih buat naikin pagerank tapi ternyata, naikin page rank ga semudah membalikkan telapak tangan.

Jaringan yang dimiliki wordpress membuat blog saya mendapatkan pagerank 0, jauh lebih baik daripada blog di akun blogger yang selalu N/A alias Not Available. Padahal dari segi traffic dua-duanya sama.

Sama-sama punya trafic yang bisa dihitung dengan satu jari 🙂

Website personal saya yang di wordpress.com akhirnya saya belikan juga domain TLD, dengan judul yang sama. Dan saya juga melakukan monetizing website tersebut dengan melamar menjadi publisher WordAds. Alhamdulillah, sekarang, walaupun pencapaian saya jauh lebih kecil daripada blogger yang sudah sering gajian dari google adsense, saya selalu mendapatkan dolar per bulan.

Dengan mengubah beberapa artikel dan menentukan segmen pasar akhirnya saya bisa mendapatkan traffic hingga 400 unik visitor setiap hari dan pencapaian ini sangat tidak mampu dicapai oleh blog yang host di blogger.com.

Menggunakan 000webhost.com dan co.cc untuk belajar membuat website yang profesional

Situs hosting 000webhost.com dan juga situs penyedia domain .co.cc adalah situs-situs yang cukup banyak memberikan keuntungan bagi saya dalam belajar membuat website yang profesional.

Sebagaimana yang diketaui, mempunyai akun di blogger.com maupun wordpress.com kita hanya diberikan nama dengan subdomain mereka. Jadi jika biasanya anda menemukan situs dengan alamat http://www.sutanmudo.com pada blogger maupun wordpress alamat tersebut menjadi http://kandrawilko.blogspot.com atau http://pencaricerah.wordpress.com.

Saya menggunakan dua layanan gratis yang cukup populer waktu itu, 00webhost.com untuk penyimpanan file dan scripts dan .co.cc sebagai domain registrarnya. Dengan menggunakan kedua situs tersebut saya membuat website dari beberapa content management system yang populer yaitu Joomla dan WordPress. Saat ini website belajar saya entah kemana perginya. Mungkin saja masih ada, mungkin juga sudah dihapus oleh pemilik hosting.

Dari hasil ujicoba saya terhadap kedua cms tersebut, saya akhirnya menyimpulkan untuk menggunakan wordpress setiap saya menerbitkan sebuah situs. Selain kemudahan untuk user interface, wordpress juga mempunyai banyak pengembang yang akan memberikan anda plugin yang gratis untuk di endorse. Jika anda merasakan manfaatnya maka anda bisa mendapatkan uang dari endorse yang anda lakukan.

Website sutanmudo.com dan berharap menjadi blogger profesional

Dengan pengalaman-pengalaman saya belajar otodidak untuk membuat website sendiri, akhirnya saya mengambil keputusan untuk beli hosting dari niagahoster. Bukan layanan hosting yang saya favoritkan sebenarnya karena saya lebih memilih beberapa hosting luar yang direkomendasikan oleh internet marketer yang telah berpengalaman dari luar negeri.

Pertimbangan saya memilih niagahoster untuk memulai ngeblog dengan tujuan mendapatkan penghasilan online yang lain adalah kemudahan untuk membayar sewa hosting. Jika saya paksakan untuk menyewa hosting di luar negeri, saya khawatir jika uang yang saya keluarkan tidak sebanding dengan pemasukan.

Untuk maintain dua blog yang masih host di blogger dan wordpress saya masih tekor.

Karena itu saya memilih niagahoster. Metode pembayarannya yang bisa cash membuat saya lebih memilih situs layanan hosting dan juga domain di Indonesia ini. Sejauh yang saya rasakan hingga saat ini, pelayanannya cukup bagus. Customer Servicenya bisa diandalkan dan bisa dihubungi setiap waktu. Hanya yang menjadi catatan bagi saya, dua kali saya mendapatkan informasi dari JetPack monitor kalau situs saya pernah down alias tidak terhubung dengan jetpack karena ada permasalahan di server niagahoster ini.

Perjalanan untuk sutanmudo.com masih jauh. Saya juga belum tahu bagaimana cara saya untuk memonitize trafik yang akan datang karena sejauh ini traffik masih bisa dihitung dengan jari.

About these ads

Leave a Reply