Cara Membuat Blog Gratis di Blogspot dan Menghasilkan Uang

Bagaimana cara membuat blog gratis dan menghasilkan uang?

Itu pertanyaan yang sering saya tanyakan ke para mastah adsense dan internet marketing yang saya kenal dan selalu menjadi referensi untuk blogging dan nyari duit.

Umumnya jawaban mereka bikin miris saya yang berkantong tipis ini. Mereka rata-rata bilang jangan berpikir bisa menghasilkan kalau membuat blog gratis, keluarin modal untuk beli domain dan hosting.

Buset.

Emang beli domain sama hosting murah apa? Buat makan aja masih nombok, boro-boro keluar modal buat beli hosting dan domain yang harganya jutaan seperti yang disarankan para suhu itu.

Tapi itu dulu.

  1. Sebelum mempunyai kartu kredit sendiri
  2. Sebelum saya mendapatkan 100 dolar pertama
  3. Sebelum saya mengetahui tempat beli domain dan hosting yang terpercaya dan berpengalaman di Indonesia.
  4. Sebelum saya benar-benar aktif di komunitas blogger di Indonesia

Padahal kalau cuma beli domain doang, sudah banyak perusahaan penyedia layanan hosting dan domain di Indonesia yang cara bayarnya bisa transfer bank…

Wah saya kurang pengalaman banget pas awal-awal ngeblog.

Jadi saya akhirnya mengikuti setengah saran para mastah tersebut dengan membeli domain TLD saja.

Waktu itu blog pencaricerah.com ini masih menumpang di wordpress.com. Karena saya belum tahu perusahaan yang sudah pengalaman dan terpercaya untuk beli domain maka saya beli domain saja di wordpress.com.

Bagi kawan-kawan yang baru mulai dan saat ini sedang hosting di wordpress saya harus memberi peringatan dulu.

  • Beli domain di wordpress.com harus menggunakan kartu kredit atau saldo paypal
  • Kalau beli diluar wordpress.com, teman-teman harus melakukan domain mapping dengan harga jasa untuk fitur tersebut sebesar 13 usd.

Jadi kalau punya modal yang masih terbatas, memilih platform blogspot sangat saya REKOMENDASIKAN.

Oke kita lanjut bentar..

Dengan modal kartu kredit tersebut saya langsung mendaftarkan pencaricerah.com ke program WordAds yang baru saja launching.

Proses approval untuk ikut program ini cukup lama, trafik saya waktu itu berkisar 1000 pageview per hari.

Lumayanlah kan.

Jadi setelah saya diapprove saya kemudian mulai mendapatkan penghasilan dari trafik ke website.

Teman-teman pun bisa memulai bisnis online tanpa mengeluarkan banyak modal seperti yang saya lakukan.

Kalau sekarang lagi hosting di wordpress.com, mungkin teman-teman perlu mempertimbangkan untuk pindah ke blogger.

Pasalnya tadi teman-teman butuh modal minimal Domain TLD agar bisa mendapatkan penghasilan dari tulisan tersebut.

Kalau punya modal kurang lebih 4 juta rupiah teman-teman yang hosting di wordpress.com saya sarankan untuk meng-upgrade paket saat ini.

Paket bisnis yang paling saya rekomendasikan, karena teman-teman bisa menggunakan plugin pihak ketiga seperti yang digunakan di wordpress.org.

Bedanya antara wordpress.com dan wordpress.org, teman-teman tidak harus sibuk mengurus cpanel, dan hal-hal lain yang sangat membingungkan kalau tidak punya ilmunya.

Ga gratis donk namanya kalau akhirnya beli domain juga?

Benar. Tapi beberapa layanan hosting juga mempunyai promosi menggratiskan pendaftaran domain.

Kalau teman-teman bisa mendapatkan domain gratis dari provider web host tersebut tentu tujuan membuat blog gratis yang kawan-kawan inginkan tercapai.

Rahasia kita aja nih. Sekarang ada provider web hosting baru bernama exabytes dimana kawan-kawan bisa mendapatkan domain .net secara gratis. Coba deh daftar disini.

(Update: Exabytes lagi promo beli domain gratis domain .BLOG, Langsung aja pesan sebelum promo berakhir. Lumayan buat ternak blog di blogspot. Dan pakai email hosting buat lebih keliatan PRO)

Kenapa harus Modal Domain?

Ini beberapa alasan yang dapat saya simpulkan dari beberapa diskusi dengan teman-teman sesama publisher Adsense:

  1. Domain gratisan, seperti yang ditawarkan oleh freenom, banyak digunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab melakukan spamming dan tindakan ilegal lainnya di internet. Tapi tidak jarang juga ada teman-teman saya yang lain berhasil menjadi publisher adsense dengan freenom.
  2. Domain tersebut tidak gratis selamanya. Jika teman-teman jeli, ada batas waktu penggunaan domain gratis tersebut. Mungkin ketika awal daftar, teman-teman memilih jangka waktu paling panjang (3 tahunan kalau saya tidak salah). Setelah itu teman-teman harus bayar layanannya.
  3. Freenom sebagai penyedia domain gratis terbilang pemain lama. Tapi belajar dari sejarah domain gratis co.cc (tempat saya belajar settingan dns untuk blogger.com) anda tidak tahu pasti kapan website tersebut bertahan. Kalau nasibnya sama dengan website co.cc yang saya sebutkan tadi, habislah harapan teman-teman …

Beli domain saat ini tidak sesulit dan semahal yang saya rasakan di tahun 2008. Teman-teman bisa cek sendiri di masing-masing provider webhost. Jika beruntung teman-teman bisa beli domain ceban alias sepuluh ribu.

Ini kisah saya memanfaatkan promo untuk beli domain .COM seharga sepuluh ribu.

Oke saya cukupkan dulu informasi tentang domain.

Modal lainnya adalah hosting.

Dan sebagaimana yang saya sampaikan diatas, kita menggunakan blogger.com agar biaya hosting nol.

Seperti saya sampaikan diatas, untuk Custom Domain blogspot, kita tidak akan membayar biaya tambahan.

Kenapa gak pakai subdomain blogspot aja? Katanya cara membuat blog gratis dan menghasilkan uang?

Jadi gini.

Kalau teman-teman mendapatkan nama domain unik seperti yang dimiliki oleh mas alamsyah, trikmudahseo.blogspot.com, sebaiknya gunakan subdomain.

Tetapi subdomain blogspot itu sudah banyak yang menggunakan jadi potensi subdomain yang teman-teman inginkan ada, sangat kecil.

Saya saja ketika memulai ngeblog di blogspot untuk mendapatkan nama kandra.blogspot.com saja sulit. Sudah terdaftar atas akun orang lain.

Selain itu Domain TLD akan membuat blog Anda terlihat lebih profesional jadi kalau Anda menayangkan iklan, menjual produk/layanan, atau ringkasnya ingin menghasilkan uang dari blog, orang yang datang akan lebih percaya.

“Ni orang emang niat nih buat usaha,” kira-kira begitu yang ada dipikiran pengunjung/calon pembeli.

Coba deh teman-teman yang mau beli sesuatu secara online dan barang atau jasa teman-teman yang dicari alamatnya di blogspot.com, apa yang ada dipikiran teman-teman?

Kalau dipikir-pikir lagi tidak benar-benar ada cara menghasilkan uang dari internet tanpa modal.

Cara Menghasilkan Uang dari Internet Tanpa Modal itu OMONG KOSONG!

Ditahun 2008, saat saya memulai kegiatan blogging, saya mendapat banyak “panduan” yang memberikan cara menghasilkan uang tanpa modal. Ujung-ujungnya panduan cara menghasilkan uang tanpa modal itupun berakhir tragis untuk para pelakunya. Banyak yang merasa tertipu dengan panduan yang telah dibeli dengan harga cukup mahal waktu itu.

Salah seorang teman dari komunitas publisher adsense indonesia pernah mengatakan pada saya, untuk memperbaiki paradigma yang salah ini.

“ngeblog itu butuh modal,” katanya.

“Artikel-artikel cara menghasilkan uang dari internet tanpa modal tidak memberikan informasi utuh kepada pembacanya. Hasilnya banyak orang yang merasa ‘tertipu’ dan akhirnya berhenti ngeblog sama sekali.”

Pendapat tersebut disampaikan oleh teman saya di komunitas IAPD, josafat sianturi. Beliau adalah salah seorang member yang selalu mendapatkan penghasilan dari Google Adsense per bulannya.

Membaca beberapa artikel tentang cara menghasilkan uang di internet tanpa modal, saya jadi setuju dengan pendapat pemilik website marketingjoss.com ini.

Paling tidak ada 3 modal yang harus dipersiapkan seorang blogger

#1 Modal Finansial

Selain buat beli domain, blogging pastinya membutuhkan koneksi internet.

Orang yang bilang ada cara menghasilkan uang dari internet tetapi ga keluarin modal buat internet. Ada sih..

  1. Operator Warnet. Sambil kerja jagain warnet juga sambilan ngeblog
  2. Jagoan jaringan yang bisa bikin wifi gratis sendiri seperti yang dilakukan Onno W. Purbo
  3. Anak kuliah yang kampusnya ngasih jaringan wifi dengan kapasitas yang besar

Waktu saya kuliah di tahun 2002 sampai 2007, kampus saya di padang belum memiliki fasilitas wifi untuk mahasiswa. Jadi saya seringnya berada di warnet untuk mengerjakan tugas dan juga menambah konten blog.

Kalau yang tidak punya link dengan pemilik/operator warnet atau admin jaringan internet di kampus, pastinya teman-teman harus membeli paket data internet untuk smartphone/modem.

Bagaimana menurut teman-teman?

Iya lah. Cara membuat blog gratis dan menghasilkan uang berarti anda, pembaca blog, sedang melangkah untuk membuat bisnis sendiri. Kalau tidak belajar ilmu bisnis sedikit demi sedikit, sebaiknya lupakan kata kunci menghasilkan uang.

Modal lain yang dibutuhkan adalah template blog yang profesional. Oke jika argumen beberapa artikel menyebutkan jika banyak template untuk blogspot yang ada diinternet. Cukup download lalu instal di blog sendiri.

Tetapi ada konsekuensinya. Salah satunya adalah pengalaman member IAPD lain yang saya bagikan di artikel berjudul related post menampilkan artikel dari blog orang lain, tanya kenapa?

Kalau ga mau blog punya kasus seperti diatas sebaiknya pelajari cara membuat template blog.

#2 Modal Keahlian

Dengan ngeblog teman-teman berarti berbagi informasi kepada mereka yang membutuhkan.

Informasi yang teman-teman bagi saya sarankan berhubungan dengan pengalaman atau keahlian yang teman-teman miliki.

Pastinya anda pernah melihat beberapa artikel Do It Yourself tentang suatu bidang di beberapa blog. Ketika anda membaca panduannya anda berpikir jika si penulis ahli di bidangnya.

Modal ini juga disampaikan mas Darmawan di salah satu artikelnya tentang ngeblog di panduanim.com. Kalau menurut mas Darmawan, sebenarnya kita ga butuh terlalu ahli di bidang tersebut. Yang penting kita mempunyai pengetahuan diatas rata-rata orang biasa.

Contoh.

Saya tidak terlalu ahli dengan

Karena itu saya selalu mencari informasi tentang trik, tips dan juga saran dari beberapa blogger yang berbagi di blog masing-masing. Hasilnya, ketika saya berdiskusi dengan orang di kantor yang kebetulan sedang mendalami potensi bisnis digital untuk perusahaan, ada beberapa hal yang saya ajarkan kepada teman tersebut.

Padahal teman yang sedang mendapat proyek menggali potensi bisnis digital untuk perusahaan sudah mempunyai pengalaman bertahun-tahun di digital marketing. Hanya saja untuk teknik dan strategi Search Engine Optimization teman saya sama sekali blank. Dengan pengalaman saya ngeblog selama ini ketika saya memberikan informasi strategi tentang cara penggunaan keyword untuk SEO website kantor, tiba-tiba saja saya menjadi master. Padahal saya cuman nyontek dan praktek strategi SEO orang lain.

#3 Modal Jaringan

Setiap bisnis membutuhkan modal jaringan. Itu yang saya pelajari selama saya bekerja sebagai karyawan dan juga sebagai blogger kacangan. Tanpa jaringan bisnis berbasis blog yang kita jalani tidak akan berhasil. Sama dengan bisnis offline kantor yang butuh jaringan dari para marketing. Kalau tidak ada jaringan dari marketing maka mustahil setiap tahun perusahaan bisa mendapatkan laba setiap tahun.

Blog pun membutuhkan jaringan. Mengandalkan kunjungan dari mesin pencari saja tidak akan bisa membuat blog menghasilkan uang untuk anda. Jaringan yang dimaksud disini adalah komunitas yang dibangun berdasarkan minat yang sama. Seperti komunitas IAPD tempat saya berbagi dengan beberapa teman perihal mengelola blog, trik menggunakan kata kunci, tips promosi konten, saran penempatan letak iklan dan lain sebagainya.

Beberapa teman bahkan meninggalkan komentar di kolom yang diberikan. Hal ini akan menambahk manfaat untuk blog.

Dari uraian tentang modal tadi. Anda bisa menangkap jika modal yang dibutuhkan ketika terjun ke dunia blogging tersebut bukannya tidak ada. Hanya saja, kemungkinan besar orang-orang yang menulis cara menghasilkan uang lewat internet tanpa modal tidak menghitung beberapa cost operation. Meskipun blog tersebut menggunakan blog gratisan seperti blogger dan wordpress.com.

Jadi gimana donk?

Makanya saat membuat artikel cara membuat gratis dan menghasilkan uang ini saya mencoba untuk meluruskan beberapa wacana yang sering saya temukan.

Membuat Blog Dulu, (Baru) Menghasilkan Uang

Salah satu artikel yang cukup lengkap memberikan cara membuat blog gratis dan menghasilkan uang adalah artikel dari mas sugeng dan mas Darmawan. Kedua artikel yang saya rekomendasikan ini cukup panjang pembahasannya. Karena itu dibutuhkan kesabaran tingkat tinggi untuk menelaah setiap pemaparan dan penjelasan yang diberikan.

Kalau tidak sabar ya kemungkinan besar anda akan gagal dalam mencapai tujuan menghasilkan uang dengan blog.

Mas Sugeng dan Mas Darwawan dalam artikel terpisah mempunyai pandangan berbeda tentang cara menghasilkan uang dari blog. Kalau dari mas Sugeng sarannya tetap menggunakan blog gratis, seperti blogger.com/blogspot, bagi pemula. Alasannya agar modal yang digunakan tidak terlalu besar.

Mas Darmawan dari panduanim malah menyarankan agar calon blogger yang memang punya niatan untuk menghasilkan uang dari konten yang diterbitkan untuk menghindari blog gratis. Maksudnya disini agar calon blogger lebih baik langsung membeli domain dan juga menyewa hosting lalu membuat blog profesional dengan menggunakan CMS WordPress.

Apa kelebihan dari masing-masing bagi seorang calon blogger? Semoga artikel saya tentang blogger vs wordpress bisa membantu.

Blog adalah bentuk lain dari sebuah website. Kalau dilihat sekilas sebuah blog hampir sama website berita. Yang membedakan antara blog dan website berita tadi adalah karakteristik dari blog.

Sebuah blog memberikan informasi dengan topik tertentu yang dipilih oleh pengelolanya. Misal pencaricerah.com, saat saya membuat blog yang awalnya dari layanan blog gratis wordpress, isinya hanya berkisar pada topik-topik seputar nostalgia saya saat kuliah di jurusan bahasa dan sastra Inggris Universitas Negeri Padang dan juga beberapa topik lain seperti pengalaman dengan wordpress, blogspot dan tentang Manchester United.

Jangan contoh perbuatan saya yang menulis berbagai macam topik di pencaricerah.com. Untuk menghasilkan uang anda harus menentukan satu topik yang anda minati dan relatif anda kuasai. Kenapa? Ingat tujuan kita tadi adalah menghasilkan uang dari blog. Dan kalau anda seperti saya, sebaiknya bentuk sebuah tim. Satu orang menulis satu topik yang diminati agar topik tersebut tetap diperbaharui. Inilah situasi yang saya rasakan menulis banyak topik di satu blog.

Kalau anda melihat website berita seperti republika.co.id, kompas.com, atau detik.com maka anda akan melihat persamaan antara blog dan website berita tadi. Bisakah anda tebak?

Ya website berita yang disebutkan tadi selalu mempunyai konten berita terbaru. Blog pun seperti itu. Tetapi balik lagi konten terbaru dari sebuah blog hanya mengandung satu topik yang diminati oleh pengelolanya.

Perbedaan yang lain adalah karakteristik blog yang lebih menunjukkan sisi personal kepada pembacanya. Jadi ketika seorang pembaca datang ke sebuah blog ia dapat merasa menangis, tertawa, geram atau penasaran sebagaimana si penulis merasakannya. Karakteristik ini yang tidak ada pada website berita. Oke judul dari sebuah konten berita membuat kita merasa geram, marah, sedih dan lainnya tetapi jika dibaca kontennya maka anda hanya seperti membaca koran atau majalah. Tidak ada personal touch disana. Beda ya dengan headline atau judul berita.

Karena personal feeling dari seorang penulis di blog masuk ke dalam tulisannya maka blog juga disebut sebagai sebuah media sosial. Beberapa tahun yang lalu blog disebut dengan Web 2.0 dimana karakteristik dari sebuah blog mengubah cara orang menggunakan sebuah website personal.

Layanan blog gratis yang paling banyak direkomendasikan untuk memulai make money blogging adalah dari google sendiri yaitu blogger.com. Jika anda sering melakukan pencarian informasi melalui google mungkin satu atau dua kali anda akan melihat informasi yang anda butuhkan ada di sebuah website yang mempunyai akhiran .blogspot.com ataupun .worpress.com.

Dua akhiran tersebut merupakan sebuah tanda jika sebuah situs merupakan blog yang hosting gratis di situs blogger. Saya sendiri pernah membuat di blogger, dengan alamat kandrawilko.blogspot.com.

Selain blogger ada banyak situs blogging lain yang dapat anda temui di internet. Hanya saja dari sekian banyak situs tersebut hanya dua situs yang sering digunakan untuk blogging. Kedua situs penyedia layanan blogging tersebut adalah blogger.com (milik google) dan juga wordpress.com (milik Automattic).

Berhubung blog saya pada awalnya menggunakan platform blogger.com maka saya ingin berbagi bagaimana cara membuat blog di blogspot. Cara membuat blogger untuk pemula yang saya tulis lebih disarankan agar dapat dipraktekkan dengan menggunakan komputer atau laptop. Untuk cara membuat blog di hp belum pernah saya lakukan dan menurut saya prosesnya akan lebih sulit. Setahu saya cara buat blog lewat hp jika handphone yang anda gunakan bukan ber-OS android atau iOS.

Baca: Blogspot Atau WordPress Untuk Adsense? Ini Pertimbangan Untuk Anda

Kalau anda melihat wordpress lebih baik daripada blogger maka anda dapat mengikuti cara membuat blog di wordpress yang saya tulis pada blog saya yang lain. Silahkan klik disini untuk artikel lengkapnya.

Siap untuk memulai blogging dengan menggunakan blogger? Ikuti cara membuat blog di blogspot berikut ini.

Syarat Membuat Blog Gratis dan Menghasilkan Uang di Blogger.com

Syarat utama sebelum anda membuat blog di blogspot adalah memiliki email dari google. Anda tahu gmail? Itu layanan dari google untuk surat elektronik yang menjadi persyaratan untuk membuat blog di blogspot/blogger.

Saya sudah punya email di situs lain, apakah saya bisa membuat blog di blogspot?

cara membuat blog di blogspot #1 daftar email di gmail.com
daftar akun gmail dulu baru bis buat blog di blogspot/blogger

Sayang sekali saya harus menjawab TIDAK. Hal ini berkaitan dengan kebijakan google agar selalu menjadi pilihan bagi orang-orang di dunia untuk mencari informasi melalui situs. Dan blogger.com sebagai sebuah layanan blogging dapat digunakan secara gratis oleh semua orang di dunia agar google tetap menjadi rujukan pertama dalam mencari informasi tersebut.

(For your info tulisan di paragraf terakhir itu murni pendapat saya saja)

Sebelum dibeli oleh google, anda dapat membuat blog di blogspot dengan menggunakan provider email mana saja. Hal ini berlangsung selama beberapa tahun hingga google pun membeli situs berbagi video, youtube.

Cara Membuat Blog di Blogger

Setelah anda mendaftar di gmail maka anda dapat mendaftar di blogger.com.

    1. ketik blogger.com di address bar web browser yang anda gunakan. Tekan tombol blogger sign up atau masuk blog dengan menggunakan username dan password akun gmail yang anda miliki
      cara membuat blog di blogspot #2 pilih buat akun blogger
      gambar 1. klik teks Buat Akun
    2. saat anda masuk ke dashboard blogger.com, tekan tombol new blog
      gambar 2. tekan tombol new blog yang berada di kiri atas layar (dibawah profil akun google)
    3. buat blog baru anda dengan mengisi kolom TITLE dan ADDRESS. Jika anda ingin blog ini pribadi maka cara membuat blog pribadi dengan memberikan Title dan Address dengan nama anda sendiri, contoh blog kandrawilko. Jika nama anda ternyata sudah menjadi milik blog lain sebaiknya lakukan riset di google adwords untuk menentukan title dan address. Trik melakukan riset untuk menentukan title dan address di blogspot sebenarnya berkaitan dengan cara membuat blog gratis dan menghasilkan uang. Saya akan coba membahas lebih jauh dipostingan yang lain
      gambar 3. isi kolom Title (Judul) dan Address (Alamat)
    4. pilih template blog anda untuk pertama kalinya. Setelah address (alamat) blog tersedia anda bisa memilih template blog yang disediakan blogger. Jika template yang tersedia tidak anda sukai jangan khawatir, Anda dapat mengubah template tersebut sewaktu-waktu. Paling tidak anda harus mencari template gratis blogger dengan kriteria Mobile Friendly dan Responsive. Jika dua kriteria tersebut sudah ada di template yang Anda punyai saat ini maka mendapatkan penghasilan dari blog tinggal selangkah lagi.
    5. tekan tombol create.

Baca: Cara Membuat Template Sendiri Online (Berdasarkan Pengalaman Pribadi)

Tada..!!

Setelah anda mengikuti langkah-langkah membuat blog di blogger.com Anda telah mempunyai website sendiri. Selagi masih fresh Anda sebaiknya menyimpan username (email gmail yang anda buat dan digunakan untuk pendaftaran di blogger.com tadi) dan juga password di tempat yang mudah anda akses dan juga tidak diketahui banyak orang.

Setelah anda mengikuti cara membuat blog di blogspot selanjutnya anda kenali fitur-fitur blogspot yang anda gunakan untuk ngeblog. Fitur-fitur yang pertama kali yang harus anda kenali dan terbiasa dengannya adalah fitur posting. Anda harus tahu bagaimana cara menerbitkan konten yang akan anda terbitkan di website blogger.com tersebut.

Menurut Neil Patel, IMers asal Amerika, menggunakan blogspot atau blogger.com sebagai sebuah media untuk bisnis (jika anda mau menggunakan blog untuk meningkatkan penjualan produk atau layanan) merupakan langkah yang tidak dianjurkan. Penggunaan platform wordpress yang menggunakan hosting sendiri jauh lebih-lebih dianjurkan oleh oleh IMers bule tersebut. Dengan menggunakan wordpress yang digunakan di hosting sendiri, kita bisa lebih leluasa untuk menambah fitur-fitur untuk meningkatkan penjualan maupun performa web. Artikel cara membuat membuat blog dengan langkah mudah yang saya baru saya baca membuka wawasan saya tentang membuat blog dan menghasilkan uang.

Saya coba lanjutkan lagi tentang membuat blog gratis dan menghasilkan uang di blogspot.

Umumnya blogger senior seperti mas sugeng menganjurkan blogger newbie untuk memulai menghasilkan uang dengan cara menjadi publisher adsense. Saya sendiri mengikuti saran dari blogger tersebut dan saya juga bergabung di komunitas publisher Adsense di situs google plus. Adsense merupakan sebuah program monetisasi blog yang sangat populer diantara blogger. Beberapa alasan kenapa program ini menjadi sangat populer di kalangan blogger tapi salah satunya adalah karena Adsense merupakan program langsung dari GOOGLE. Jadi reputasi google sebagai sebuah perusahaan yang besar menjadi pertaruhan untuk bisnis periklanan tersebut.

Selain bergabung dengan program publisher adsense, cara menghasilkan uang dari blog dapat juga dilakukan dengan menjual langsung produk atau jasa yang Anda tawarkan. Saya sendiri mencoba untuk menjual beberapa produk digital maupun produk fisik dengan bekerja sama dengan beberapa situs seperti produk pelatihan bahasa inggris dari belajaringgris.net atau produk pelatihan bahasa inggris dari ratakan.com. Sebagai perpanjangan tangan dari situs-situs tersebut saya berusaha untuk menjual produk mereka dengan cara membuat tulisan yang berhubungan dengan produk-produk bersangkutan. Hasilnya juga tidak kalah dengan bekerja sama dengan Google di Adsense.

Advertisements

33 Balasan untuk “Cara Membuat Blog Gratis di Blogspot dan Menghasilkan Uang”

  1. Mas apakah google adsense bisa menerima blog kita jika masih bersubdomain blogspot.com maksudnya belum pake domain sendiri? Atau syaratnya harus domain sendiri mas?

    1. Tentu saja bisa gan. Syaratnya traffic blog agan mesti gede. Saya memulai dari blogspot.com saat daftar. Hanya saja sekarang kalau sekarang pake blogspot.com pindah ke TLD bakal bikin ribet dan agan mesti daftar ulang sebagai publisher. Akibat perubahan tersebut traffic blog jadi turun dan earning agan dari blogspot akan terkena imbasnya. Makanya banyak saran dari sudah approve jd publisher dari teman2 saya yang bilang lebih baik diawal custom domain. Selain brand makin melekat agan juga bisa dapat duit dari blog. Sekarang beli domain murah kok gan, klo lagi promo kek di exabytes bisa dapet domain kurang dari cepek.

  2. Waw, panjang sekali ya artikelnya, bener-bener semangat kemerdekaan nih…
    Sayangnya dunia blog Indonesia sekarang lagi stuck. Entah bakal bangkit atau malah makin terpuruk.
    Tapi gak usah kuatir, masih ada jalan lain memanfaatkan kemampuan atw hobi ngeblog.
    Lanjut!

  3. sangat-sangat lengkap, dann mantab sekali ilmu yg diberikan….
    perlu banyak belajar lagi ini … dengan ilmu yg diberikan oleh si admin …..

    banyak yg lom paham, dan akhirnya SOLVED juga….. karena sdh dibahas di artikel ini …

    admin apakah saya bisa request artikel ?

    judulnya:
    tentang bagaimana cara mendapatkan uang dari internet?

    Terimakasih banyak admin.

    1. Relatif gan.

      Kalau monetisasi dengan adsense. Mesti ribuan dalam sehari.

      Kalau untuk afiliasi ga sampai ribuan. Pengunjung yang berada dalam kondisi “beli” kan sedikit. Tinggal polesan kita yang meyakinkan calon pembeli tersebut.

Tinggalkan Balasan